Comscore Tracker

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!

Terlihat unik dan nikmat, bikin penasaran ingin coba!

Orang Rusia sangat menyukai hidangan sup untuk menemani jam makan mereka. Hal itu tentu saja disebabkan karena udara di Rusia yang seringkali sangat dingin sehingga menu sup pasti bisa menghangatkan tubuh 'kan!

Ternyata sup-sup favorit orang Rusia bisa dengan mudah kamu re-cook lho karena banyak bahan-bahan untuk memasak yang tersedia di Indonesia, tentunya dengan sedikit modifikasi ya! Yuk intip beragam jenis sup favorit orang Rusia di artikel satu ini!

1. Rassolnik

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!id.rbth.com

Rassolnik adalah salah satu sup Rusia yang paling lezat. Kata rassolnik berasal dari rassol atau air acar. Rassolnik terbuat dari acar mentimun, sayuran, umbi-umbian, pearl barley yaitu jenis biji-bijian yang masih satu keluarga dengan gandum, dan daging sapi atau ayam.

2. Ukha

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!id.rbth.com

Sup satu ini adalah salah satu hidangan sup tertua dan paling otentik khas Rusia. Sup ukha terbuat dari ikan salmon, trout, kod, sturgeon, dan sterlet segar atau yang diasinkan. Sup ini sangat populer dan selalu menjadi menu andalan bagi seluruh keluarga di Rusia.

Baca Juga: Resep Lohikeitto, Sup Berbahan Salmon Khas Negara Finlandia

3. Okroshka

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!id.rbth.com

Berbeda denga sup kebanyakan, sup okroshka merupakan sup khas Rusia yang disajikan dalam keadaan dingin. Sup ini terbuat dari cairan kefir atau kvass khas Rusia yang kemudian ditambahi oleh berbagai sayuran dan daging yang diiris halus. Walau tampak aneh, namun orang Rusia sangat menyukai sup ini lho!

4. Borsch

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!id.rbth.com

Jika kamu penggemar kebudayaan Rusia, pasti sudah sangat akrab dengan sup borsch karena sup ini sangat terkenal bahkan di seluruh dunia lho! Bahan utama dari borsch adalah akar buah bit untuk memberikan rasa, aroma, dan warna burgundi cerah yang khas. Nah, sup ini diisi oleh bahan seperti kacang, apel, labu, lobak, dan paprika.

5. Sorrel

Mencoba 5 Macam Sup Khas Rusia, Ada yang Dibuat dari Kefir!id.rbth.com

Sorrel adalah sup yang segar, dan rendah kalori. Sup sorrel adalah salah satu hidangan musim panas paling populer di Rusia. Sup ini sangat sederhana karena hanya menggunakan bahan-bahan sup pada umumnya seperti kaldu yang terbuat dari daging, ikan, atau sayuran. Sayuran yang dimasukan bisa beragam sesuai dengan ketersediaan pangan yang ada.

Nah, tertarik untuk mencoba? Jangan lupa untuk memburu sup-sup ini jika kamu sedang menghabiskan waktu untuk melancong di Rusia ya! Atau kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah!

Baca Juga: 8 Sup Bening Mancanegara yang Gurihnya Bikin Lidah Ketagihan, Cobain!

Ane Hukrisna Photo Verified Writer Ane Hukrisna

Lifestyle and culinary writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya