Comscore Tracker

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia, Murah Meriah dan Bikin Sehat!

Kalau pakai bahasa Inggris harganya jadi selangit #LokalIDN

Belakangan menu salad menjadi makanan favorit masyarakat karena kandungan nutrisi dari berbagai jenis sayur dan buah yang sehat. Selain itu salah juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Namun tidak jarang lho kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati satu porsi salad. Padahal ada banyak salad tradisional asli Indonesia yang juga kaya akan nutrisi. 

Nah, ayo kita ingat-ingat kembali menu salad tradisional Indonesia apa saja yang bisa dinikmati. Simak artikelnya sampai habis ya!

1. Lotek

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia,  Murah Meriah dan Bikin Sehat!Instagram.com/dolanwareg

Salad asli Indonesia favorit ini berasal dari Jawa Barat. Saus creamy yang terbuat dari kacang tanah, terasi, kencur, dan gula merah ini bikin rasanya makin nikmat ketika dipadukan dengan sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, labu siam, hingga nangka muda! Cocok buat teman makan siang nih. 

2. Urap

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia,  Murah Meriah dan Bikin Sehat!Instagram.com/fen.z

Urap merupakan salad asli asal Jawa Timur. Kamu bisa menikmati campuran sayuran seperti tauge, petai cina, dan daun kemangi yang diaduk bersama parutan kelapa kaya rempah. Cocok buat pelengkap menu makanan sehatmu ya!

Pssst di beberapa daerah urap dikenal dengan sebutan lain seperti trancam di Jawa Tengah lho!

Baca Juga: 5 Perbedaan Gado-gado Malang dan Solo, Kamu Sudah Tahu belum?

3. Karedok

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia,  Murah Meriah dan Bikin Sehat!Instagram.com/bagusardian16

Gak kalah dengan salad kekinian, Indonesia juga punya salad segar yaitu karedok. Campuran dari berbagai sayuran segar seperti kobis, taoge, timun, dan kacang panjang lalu disiram dengan saus dari bumbu kacang yang kaya rempah. Beri sedikit perasan jeruk nipis dan potongan cabe rawit, duh seger abis! 

4. Rujak

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia,  Murah Meriah dan Bikin Sehat!Instagram.com/daithienn2

Pencinta buah-buahan pasti sudah tidak asing lagi dengan salad buah menyegarkan satu ini.

Rujak adalah camilan segar yang terbuat dari campuran buah-buahan seperti jambu air, mangga, bengkoang, hingga jeruk bali. Kamu juga bisa menambahkan buah favoritmu ke dalam campuran rujak. Yang paling nikmat adalah sausnya yang terbuat dari gula aren, asam jawa, dan sedikit garam. Bumil pasti doyan! 

5. Cicah

Rupa-Rupa Nama Salad Asli Indonesia,  Murah Meriah dan Bikin Sehat!Instagram.com/hobimasak.id

Nah kalau penganan satu ini datangnya dari Aceh. Cicah merupakan urap khas Aceh yang biasanya lebih mudah ditemukan pada bulan Ramadhan, karena warga Aceh gemar menjadikan cicah sebagai menu berbuka puasa. Membuatnya juga mudah lho. Kamu hanya butuh daun ciliantro dan kelapa kering yang dicampur dengan rempah-rempah khas untuk menambah kesegaran.

Nah itu dia salad tradisional asli Indonesia yang memiliki kandungan nutrisi baik juga rasa yang lezat. Selain itu salad asli Indonesia ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau lho! Yuk kembali konsumsi produk lokal agar petani di Indonesia tetap sejahtera!

Baca Juga: 6 Resep Kreasi Rujak yang Bercita Rasa Pedas Menyegarkan, Bikin Ngiler

Ane Hukrisna Photo Verified Writer Ane Hukrisna

Lifestyle and culinary writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya