Comscore Tracker

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!

Siapa bilang saat diet gak bisa makan enak

Diet LCHF (Low-carb High-fat) merupakan metode diet yang sudah banyak direkomendasikan oleh dokter ataupun influencer kesehatan saat ini. Metode diet ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.

Metode diet ini cukup mudah dilaksanakan bagi pemula, hanya dengan mengkonsumsi lebih banyak lemak dan mengurangi karbohidrat. Dengan mengurangi konsumsi gula dan pati, dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh sekaligus merunkan kadar hormon insulin yang dalam kadar tinggi dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

Berikut makanan-makanan rendah karbohidrat yang dapat kamu coba.

1. Cauliflower rice

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!primaverakitchen.com

Cauliflower rice atau nasi kembang kol merupakan menu makanan pengganti nasi rendah karbohidrat yang tinggi akan vitamin C dan vitamin K. Kamu dapat mengolah sendiri kembang kol dengan memotongnya baik manual maupun dengan blender lalu masak pada microwave selamat 7 menit.

Menu ini tidak kalah enak dengan nasi biasa. Kamu dapat pula mengkreasikannya dengan lauk rendah karbohidrat seperti telur maupun daging.

2. Cloud bread

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!lowcarbdelish.com

Sesuai namanya cloud bread atau roti awan memiliki bentuk menyerupai awan dan tekstur yang lembut. Tidak hanya enak, roti ini dibuat dengan telur tanpa tepung apapun sehingga memiliki kandungan yang kaya akan protein dan rendah karbohidrat.

Roti ini cocok dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan rendah karbohidrat lainnya menjadi roti lapis.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Protein Tapi Rendah Karbohidrat, buat Menu Diet!

3. Cauliflower pizza

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!.lavenderandlovage.com

Bagi kamu yang lebih memilih olahan roti dibanding nasi, menu rendah karbohidrat ini sangat cocok untuk diet low-carb. Cauliflower pizza menggunakan adonan nasi kembang kol yang telah dimasak dipadu dengan telur dan almond bubuk. 

Tidak seperti pizza pada umumnya yang memakai adonan tepung biasa, pizza ini akan memiliki kandungan karbohidrat rendah lengkap dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi. Pizza ini dapat ditambahkan topping sesuai selera yang akan menambah cita rasa dan khasiatnya.

4.  Courgetti Bolognese

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!healthinut.com

Courgette atau zucchini dapat diolah menjadi sajian pasta rendah karbohidrat. Menu ini akan jadi sajian enak dan sehat bagi kamu yang menyukai spaghetti tapi sedang diet low-carb.

Cara mengolah zucchini menjadi pasta cukup mudah yaitu dengan memarut zucchini lalu masak dengan menambahkan saus spaghetti bolognese atau rasa lainnya sesuai selera anda.

5. Steak and eggs

5 Menu Makanan Rendah Karbohidrat,  Bikin Diet Sukses!flipboard.com

Daging merupakan salah satu makanan favorit yang kebanyakan dihindari saat sedang diet, padahal daging memiliki kadar protein tinggi tanpa karbohidrat yang cocok untuk menurunkan berat badan.

Kamu dapat mengolah daging baik dengan daging ayam maupun sapi, keduanya tidak memiliki kandungan karbohidrat. Dapat dipadukan dengan telur yang kaya akan protein.

Pastikan kamu tetap sehat bugar walaupun sedang diet, makanan diet low-carb di atas dapat menjadi referensi untuk menu dietmu. Semoga berhasil!

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Didapat dari Diet Basa atau Diet Alkaline

Anisa Destya Photo Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya