Comscore Tracker

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!

Secangkir kopi penuh sejarah dan budaya

Saat ini, mudah ditemui kafe modern yang nyaman dan memiliki interior kekinian yang instagramable. Di balik semua itu, masih terdapat kafe kuno dengan harga murah dan berkualitas di Jakarta.

Beberapa kafe masih menggunakan teknik tradisional dan menyajikan cita rasa kopi nusantara. Ada pula kafe dengan interior yang masih bertahan sejak pertama didirikan. Berikut ini kafe legendaris yang wajib dikunjungi para pecinta kopi di Jakarta.

1. Kopi Es Tak Kie

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!Bagian dalam Kopi Es Tak Kie. (.instagram.com/ )

Tersembunyi di balik kerumunan, kedai kopi legendaris ini terletak di Gang Gloria dan telah berada di sana sejak tahun 1927. Di sini, pengunjung dapat menikmati secangkir es kopi yang menyegarkan di tengah kesibukan Kota Jakarta. Dengan suasana yang terjaga ciri khasnya, Warung Kopi Tak Kie menawarkan kopi yang dibuat secara tradisional dengan menggunakan panci dan masih menggunakan resep original yang terjaga keasliannya.

Ada dua jenis kopi yang ditawarkan, yaitu kopi hitam dan kopi susu. Di sekitar kedai, dapat ditemukan berbagai penjual makanan, mulai dari hidangan Cina seperti dimsum dan babi panggang dan aneka cemilan nusantara.

Alamat: Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 06.00–14.00

Baca Juga: 10 Toko Roti Legendaris di Indonesia, Cita Rasanya Bikin Nostalgia!

2. Phoenam Coffee Shop

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!suasana Phoenam Coffee (instagram.com/ phoenamcoffee)

Nama "Phoenam" memiliki arti terminal atau tempat transit dalam dialek Cina. Kafe ini pertama kali dibuka pada tahun 1946 di Makassar, sebelumnya akhirnya membuka cabang di Jakarta.

Toko kopi populer ini menawarkan kopi khas Sulawesi, yaitu kopi toraja dan kopi rainbow yang unik. Kopi rainbow merupakan perpaduan antara kopi, susu, madu dan gingseng. Terdapat pula berbagai cemilan pendamping kopi, seperti roti srikaya hingga hidangan lezat khas Makassar, seperti nasi kuning kunyit dan coto makassar

Alamat: Jalan K.H.Wahid Hasyim No. 88, Menteng, Jakarta Pusat.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 6.30–21.00.

3. Cafe Batavia

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!suasana vintage Cafe Batavia (instagram.com/ cafe_batavia)

Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, kafe ini telah lama menjadi tempat tujuan favorit. Menawarkan suasana kolonial yang ikonik dan sajian hidangan Indonesia, China, Barat, dan India. Kafe ini sudah terdapat pada banguna yang sudah ada sejak tahun 1805, menjadikannya bangunan tertua kedua setelah Museum Fatahillah.

Di lantai dasar,terdapat lounge yang dilengkapi dengan sofa yang nyaman dengan panggung kecil, yang biasanya menampilkan musisi lokal. Terdapat pula bar dengan dekorasi vintage. Di lantai berikutnya, banyak foto jadul yang terpasang rapi di dinding dan pilar. Para tamu memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemandangan indah Kota Tua Jakarta dari jendela. Beberapa makanan lokal juga tersedia, antara lain bebek goreng lokal, telur fermentasi, udang goreng, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No.14, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00–21.00 (Senin–Kamis), pukul 07.00–23.00 (Jumat–Sabtu), pukul 07.00–21.00 (Minggu)

4. Warung Tinggi Tek Sun Ho

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!Warung tinggi tek sun ho (instagram.com/ kopikukopimu_id)

Saat ini, lebih dikenal dengan nama Warung Tinggi. Pertama kali didirikan sejak tahun 1878, kedai kopi favorit sejak zaman Belanda yang telah dikelola selama lima generasi ini didirikan oleh Liaw Tek Soen.

Terdapat menu legendaris yang telah ada sejak awal, yaitu kopi jantan dan kopi betina. Saat ini terdapat menu modern yang merupakan primadona, yaitu kopi excellence, kopi yang menyajikan racikan campuran kopi robusta dan arabica berbagai daerah Indonesia.

Alamat: Jalan M.H. Thamrin No.1, Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 10.00–21.00 

5. Bakoel Koffie

5 Kafe Legendaris di Jakarta, Bikin Nostalgia!Suasanan di dalam Bakoel Koffie. (instagram.com/ herdis_k_saiman)

Toko kopi yang telah dirintis sejak masa kolonial Belanda ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kopi. Bakoel Koffie didirikan oleh pendiri Kopi Warung Tinggi yaitu Tek Sun Ho. Bakoel Koffie memiliki arti pedagang kopi jaman dahulu yang memikul bakul di atas kepalanya.

Saat ini, Bakoel Koffie memiliki desain interior minimalis dan fasilitas seperti wifi dan stop kontak. Kafe ini cocok untuk WFH. Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu memainkan berbagai permainan tradisional, congklak, ludo dan catur.

Alamat:

Jl. Cikini Raya No.25, RT.16/RW.1, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Cikini).

Jlan Wahid Hasyim Fg-12/37, RT.02/RW.05, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten (Bintaro).

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00–23.00 

Lengkapi perjalanan kuliner di Jakarta dengan kunjungi berbagai kafe legendaris. Nikmati sisi bersejarah ibukota dengan secangkir kopi nikmat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Bakmi Legendaris di Jakarta, Juara Abis!

Anisa Destya Photo Verified Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya