Comscore Tracker

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!

Gak cuma sirloin dan tenderloin saja lho!

Rasanya yang lezat, bikin siapa saja sulit untuk menolak kelezatkan steak. Meski dianggap sebagai saah satu makanan mewah, steak termasuk salah satu olahan daging sapi yang cukup populer dan digemari masyarakat khususnya di Indonesia. Rasa yang gurih berpadu sempurna dengan tekstur daging sapi lembut serta juicy menjadi alasan mengapa hidangan ini begitu disukai.

Buat kamu yang baru pertama kali mengonsumsi steak, pasti sering kebingungan dalam menentukan bagian daging sapi manakah yang paling enak dan cocok untuk steak. Mungkin, kamu yang berencana membuat steak homemade juga merasakan hal yang serupa karena kurang paham akan bagian mana yang pas dijadikan steak.

Daripada penasaran, langsung saja cari tahu yuk bagian daging sapi mana saja yang paling enak dan cocok untuk steak.

1. Sirloin 

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!ilustrasi steak (commons.wikimedia.org/Calgary)

Kalau kamu sering pergi ke tempat makan yang menjual steak, pasti gak asing lagi dengan bagian daging sapi yang satu ini. Sirloin merupakan bagian daging sapi yang lebih kita kenal sebagai istilah lain untuk menyebut daging has luar.

Sirloin diambil dari bagian bawah daging iga. Letak sirloin kurang lebih dekat dengan pinggul sapi sehingga tekstur dagingnya cenderung sedikit lebih keras. Walau demikian, lapisan lemak yang menyelimuti daging sirloin membuat cita rasa bagian daging sapi satu ini menjadi makin gurih dan juga juicy saat disantap.

Dibanding dengan bagian daging sapi lainnya, sirloin punya harga yang jauh lebih murah dan jadi salah satu bagian daging sapi paling favorit bagi para penikmat steak.

2. Rib eye 

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!ilustrasi steak (commons.wikimedia.org/毒島みるく)

Rib eye adalah daging sapi yang diambil dari bagian sekitar bagian tulang rusuk. Selain dikenal sebagai rib eye, bagian ini juga disebut dengan istilah scotch fillet di mana pada bagian ini terdapat lemak yang membuatnya jadi makin gurih. Lemak tersebut akan meleleh saat dipanggang. Lelehan inilah yang akan menggugah selera siapa pun.

Gak cuma dikenal sebagai bagian daging yang lezat, rib eye juga cocok bagi kamu yang gemar menyantap steak dengan porsi yang besar.

Baca Juga: 5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelas

3. Tenderloin 

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!ilustrasi steak (pixabay.com/joshhuynh13)

Selain sirloin, bagian daging sapi satu ini juga gak kalah populernya. Tenderloin diambil dari bagian daging dalam hingga belakang daging sapi yang dekat dengan ekor. Sesuai dengan namanya, tenderloin merupakan bagian daging sapi yang memiliki tekstur paling lembut (tender).

Kalau sirloin adalah daging has luar maka, tenderloin adalah daging has dalam. Kelembutan yang dimiliki tenderloin berasal dari kadar lemak yang rendah. Daging tenderloin juga tidak memiliki otot yang menyebabkan daging sapi menjadi alot. Bisa dikatakan, tenderloin adalah salah satu bagian daging sapi terfavorit pencinta steak.

4. Striploin 

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!ilustrasi steak (commons.wikimedia.org/Roderick Eime)

Striploin letaknya cukup berdekatan dengan bagian tenderloin yang sangat lembut. Bagian daging sapi yang dikenal pula sebagai New York strip ini memiliki ciri khas berupa bagian lemak yang melapisi salah satu sisi potongan daging.

Karena lemak yang meleleh ini pula, yang akhirnya membuat striploin memiliki tekstur daging yang lembut dan sedikit berminyak. Tekstur striploin lebih lembut daripada daging sirloin namun  lebih keras daripada tenderloin.

Meskipun rasanya tidak se-juicy daging rib eye, namun rasa juicy yang dimiliki striploin justru malah tersebar sempurna di setiap bagiannya.  

5. T-Bone 

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Enak!ilustrasi T-bone steak (commons.wikimedia.org/Bob n Renee)

Diberi nama T-Bone bukan tanpa alasan, lho. Sebab, bagian daging sapi yang satu ini merupakan daging steak yang berbentuk menyerupai daging berbentuk huruf T.  T-Bone berasal dari bagian punggung sapi, serta gabungan dari shortloin serta tenderloin.

Bagian T-Bone ini mempunyai tekstur yang cukup lembut meskipun tidak selembut daging tenderloin. T-Bone juga terbilang sebagai salah satu bagian daging sapi paling favorit yang digunakan sebagai steak di banyak restoran dengan harga yang lumayan mahal.

Dengan adanya sejumlah informasi di atas semoga makin memudahkanmu dalam memesan steak atau memesan daging sapi, ya.

Kira-kira dari daftar di atas, ada gak nih bagian daging steak yang paling cocok dengan selera kamu?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Steak Enak dengan Harga Terjangkau di Jakarta, Yuk Coba!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya