Comscore Tracker

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemari

Enak dan seger banget, nih! #LokalIDN

Selain makanan, Indonesia juga terkenal memilki banyak sekali varian minuman segar yang tak kalah enaknya, lho. Dijamin deh gak hanya segar tapi juga dapat menajdi pelepas dahaga untukmu di siang hari yang terik.

Tak usah berlama-lama lagi, kamu pasti penasaran kan apa saja minuman es segar khas Indonesia yang populer dan banyak digemari di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Es Cendol

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/nunung.nooraisyah

Es cendol merupakan salah satu minuman yang segar khas Indonesia. Minuman yang satu ini berasal dari tanah Sunda. Di Jawa Barat sendiri ketika kita menikmati es cendol biasanya disebut dengan istilah ‘nyendol’.

Kata cendol diyakini berasal dari kata ‘jendol’ yaitu sebuah sensasi seperti jendolan yang kita rasakan saat menyedotnya menggunakan sedotan. Cendol awalnya terbuat dari tepung hunkwe, lho. Namun pada perkembangannya saat ini es cendol terbuat dari tepung beras.

Umumnya cendol berwarna hijau, warna hijau ini berasal dari pewarna alami seperti daun pandan ataupun daun suji. Adonan ini lantas disaring menggunakan saringan khusus sehingga keluar bulir-bulir cendol. Es cendol sendiri paling nikmat disajikan bersama kuah santan, es, dan gula merah.

2. Es Campur

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/cirebonkuliner_

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas es campur mereka masing-masing. Namun secara penampilan merujuk pada beberapa kesamaan komposisi. Es campur biasanya berisikan nanas, cincau hitam, kolang-kaling, roti, dawet, nangka, dan alpukat.

Ada pula beberapa daerah di Indoensia yang sering kali menambahkan tape ataupun kelapa di dalamnya.  Bahan-bahan ini lalu disajikan ke dalam wadah berisi es, sirup, dan susu kental manis. Rasanya manis dan segar membuat siapapun menjadi ketagihan untuk menikmati menu yang satu ini.

3. Es Doger

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/kulinerjogja

Es doger merupakan sebuah minuman khas yang berasal dari Jawa Barat yakni tepatnya kota Cirebon. Kata ‘doger’ sendiri berasal dari singkatan ‘dorong gerobak’ karena memang es doger dijual dengan menggunakan gerobak yang di dorong.

Umumnya es doger berisikan serutan kelapa muda, tape, ketan hitam, alpukat, cincau hitam, pacar cina atau agar-agar, sirup dan juga susu kental mais. Tak lupa es serut yang akan semakin menambah kelezatan es yang satu ini. Siang hari yang terik menjadi waktu paling tepat untuk menikmati satu porsi es doger.

4. Es Teler

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/kulinerjogja

Tak banyak yang tahu jika es teler secara resmi dinyatakan sebagai minuman khas Kota Sukoharjo, Jawa Tengah. Hal ini bukan tanpa alasan lho sebab penemu es teler merupakan salah satu orang yang berasal dari Sukhoarjo. Diberi nama es teler karena isian es yang satu ini saking banyaknya sampai bikin orang ‘teler’.

Jelas saja bikin teler. Minuman yang satu ini berisi nangka, kelapa muda, cincau, alpukat, santan, gula, garam, dan kental manis. Secara isian memang hampir mirip dengan es campur namun secara penampilan es teler berwarna putih bersih karena tidak menambahkan sirup merah ke dalamnya.

5. Es Podeng

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/sovifooddiary

Es podeng merupakan salah satu es segar khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu. Es podeng sendiri merupakan salah satu es krim modifikasi di zaman kolonial Belanda. Kata ‘podeng’ berasal dari bahasa Madura yang berarti es puter.

Pada perkembangannya es podeng sudah termahsyur dimana-mana hingga seantero Indonesia.  Ada banyak sekali isian di dalam satu porsi es podeng mulai dari agar-agar, sagu mutiara, potongan roti, es puter, kacang tanah, dan kental manis cokelat. Segar sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Resep Es Cincau yang Praktis, Segar, dan Bikin Ngiler!

6. Es Dawet

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/jogjafoodhunter

Secara penampilan es yang satu ini memang terlihat sangat mirip dengan es cendol. Namun setelah diperhatikan dan dicicipi maka kamu akan segera tahu perbedaannya. Es dawet sendiri disinyalir pertama kali berasal dari daerah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Es dawet sendiri terbuat dari campuran tepung beras, tapioka, dan maizena sehingga rasanya lebih kenyal jika dibanding dengan es cendol. Es dawet saat ini juga sudah hadir dalam aneka warna alias tidak harus selalu berawana hijau.

Untuk penyajiannya hampir sama yakni menggunakan campuran es serut, santan, dan gula jawa. Kadang kala agar lebih nikmat ditambahkan pula potongan nangka di dalamnya.

7. Es Buah

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/solopunya

Es buah merupakan salah satu varian es yang segar khas Indonesia. Terdiri dari potongan anek buah seperti nanas, pepaya, dan juga bengkoang yang disajikan bersama sirup gula yang segar. Varian ini disebut dengan es buah jadul.

Lalu ada pula varian es buah yang mana mencampurkan aneka potongan buah ke dalam sirup berwarna merah atau hijau yang segar.

Namun, dewasa ini es buah sudah bertransformasi menjadi lebih kekinian dimana berisikan aneka buah segar seperti melon, semangka, nanas, buah naga, anggur, stroberi, apel, dan buah pir. Lalu dicampur ke dalam susu kental manis dan juga sirup yang manis. Dilengkapi pula dengan es serut yang akan menambah kesegaran minuman yang satu ini.

Kalau kamu sendiri lebih suka es buah dengan varian yang mana?

8. Es Cincau

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/laparlagimakanlagi

Ada dua jenis cincau yang terdapat di Indonesia yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Keduanya sangat cocok dijadikan bahan untuk membuat minuman segar. Apabila cincau hitam sering digunakan sebagai campuran es campur, es doger, atau es teler maka cincau hijau disajikan dengan kuah santan dan gula jawa cair mirip seperti es dawet atau es cendol.

Cincau hijau sendiri terbuat dari sebuah tumbuhan hijau merambat bernama Cylea barbata miers. Daun dari tumbuhan cincau yang sudah tua kemudian diremas hingga menggeluarkan lendir lalu saring hingga tersisa gel berwarna hijau. Masukkan ke dalam wadah atau diletakkan ke dalam lemari es maka cincau akan kenyal dengan sendirinya.

9. Es Kelapa Muda

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/jogjabikinlaper

Es kelapa muda dikenal juga sebagai es degan. Degan sendiri merupakan kata dalam bahasa Jawa yang kelapa muda. Minuman yang satu ini sangat populer di seantero Indonesia.

Terbuat dari daging kelapa muda yang gurih, dicampur dengan es serta air kelapa muda, menikmati satu porsi es kelapa muda dapat langsung meluruhkan dahagamu seketika, lho.

Agar semakin lezat es kelapa muda biasanya disajikan bersama sirup gula jawa, sirup gula putih, ataupun sirup berawarna merah. Dua-duanya sama-sama nikmat.

Kalau kamu sendiri lebih suka menikmati es kelapa muda original atau ditambah dengan aneka sirup, nih?

10. Es Pisang Ijo

10 Jenis Aneka Es Segar Khas Indonesia yang Populer dan Digemariinstagram.com/moucup

Meski bernama es namun hidangan yang satu ini cukup mengenyangkan saat dinikmati, lho. Terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau kemudian dikukus. Warna hijau yang ada pada es pisang ijo berasal dari daun pandan. Selain itu keberadan daun pandan juga akan menambah aromanya agar semakin nikmat.

Tak lupa tamabahan bubur sum-sum yang gurih serta disiram sirup merah serta susu kental manis. Setumpuk es serut akan semakin melengkapi kesegaran minuman yang berasal dari Makassar ini.

Itulah tadi beberapa aneka es segar yang populer dan banyak digemari di Indonesia. Dari daftar di atas, manakah es yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Resep Sushi Buah Segar, Kombinasi Nasi dan Buah-buahan Manis!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya