Comscore Tracker

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapan

Enak untuk mengganjal perut di pagi hari, nih! #LokalIDN

Bagi sebagian orang Indonesia sarapan menjadi salah satu kegiatan wajib sebelum memulai aktivitas.

Salah satu menu sarapan yang digemari oleh orang Indonesia untuk disantap adalah bubur. Selain praktis, menikmati semangkok bubur di pagi hari juga mengenyangkan dan mampu menahan kenyang hingga makan siang tiba.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis bubur, lho. Diantaranya adalah sederet bubur di bawah ini. Penasaran apa saja bubur yang dimaksud? Simak ulasannya di berikut ini.

1. Bubur Kacang Hijau

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/muti2107

Bubur kacang hijau merupakan salah satu kuliner khas Indonesia sangat populer untuk dijadikan menu saran, lho. Bubur kacang hijau terbuat dari campuran kacang hijau, air, gula aren dan juga santan. Ada juga orang yang menyukai bubur kacang hijau yang dimasak dengan menambahkan tepung tapioka ke dalamnya. 

Ada dua jenis penyajian bubur yang digemari olah orang Indonesia yakni memakannya selagi hangat atau menambahkan es batu agar mendapatkan sesasi dingin dan juga segar. Kalau kamu lebih suka yang mana?

2. Bubur Sumsum

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/tintinrayner_athome

Dinamakan bubur sumsum karena warnanya yang putih menyerupai tulang sumsum. Bubur sumsum terbuat dari tepung beras. Cara menikmatinya juga cukup unik, lho. Bubur sumsum dinikmati dengan kucuran kuah gula merah yang nikmat. Perpaduan rasa bubur yang gurih dan manis membuat bubur sumsum begitu lezat.

3. Bubur Ayam

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/nongkrong_surabaya

Bubur ayam populer tak hanya karena rasanya yang lezat saja, lho. Melainkan, bubur yang satu ini amat populer karena perdebatan warganet akan referensi cara makan ala mereka antara diaduk ataupun tidak diaduk.

Bubur ayam sendiri disajikan bersama suwiran ayam, potongan cakue, kacang kedelai, daun bawang, bawang goreng, dan juga kerupuk. Kucuran kaldu ayam akan semakin menambah nikmat menu sarapan yang satu ini.

Baca Juga: Resep Bubur Mengguh, Bubur Khas Bali yang Rasanya Mantap Banget

4. Bubur Mutiara

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/nalita_corner

Tak hanya lezat dijadikan salah satu isian untuk es campur, sagu mutiara juga tak kalah nikmatnya saat dijadikan bubur, lho. Biasanya disajikan bersama kuah santan yang sangat gurih. Perpaduan rasa antara manis dan gurih membuatnya semakin lezat. Disebut mutiara karena bentuk sagu saat direbus akan terlihat bulat transparan seperti mutiara.

5. Bubur Ketan Hitam

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/nindriany17

Seperti namanya bubur ketan hitam memang terbuat dari ketan hitam itu sendiri. Hampir mirip seperti bubur mutiara, bubur ketan hitam juga disajikan bersama dengan kuah santan yang gurih. 

Bila kamu ingin mencari referensi menu sarapan menyantap seporsi bubur ketan hitam juga tak ada salahnya, lho. Ada dua cara menikmati bubur kacang hitam yang pertama  menikmatinya selagi hangat maupun mencampurnya dengan es batu agar dingin.

6. Bubur Manado

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/hidupku_sebagai_debbie

Bubur yang satu ini bernama asli bubur tinutuan. Karena berasal dari Manado, Sulawesi Utara, tak jarang orang juga menyebutnya dengan bubur Mando. Menu yang satu ini bisa jadi salah satu referensimu untuk sarapan, lho.  

Tak hanya lezat, bubur Manado juga sangat bergizi, lho. Bubur yang satu ini terbuat dari campuran sayur-sayuran seperti kangkung, labu, jagung, bayam, sayur gedi, dan lain sebaginya. Bubur ini juga semakin nikmat karena dinikmati bersama sambal roa dan juga ikan asin, lho.

7. Bubur Kampiun

7 Jenis Bubur Populer di Indonesia yang Cocok Dijadikan Menu Sarapaninstagram.com/butiktumpeng

Bila kamu meninginkan sarapan dengan menu bubur dengan porsi yang cukup banyak maka, bubur kampiun bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Bubur khas Minang ini memadukan kelezatan dari bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur candil, bubur kacang hijau dan juga kolak pisang. Kelezatan perpaduan bubur-bubur inilah yang menjadikannya istimewa.

Itulah tadi sederet bubur populer di Indonesia yang cocok dijadikan sarapan. Dari daftar di atas adakah yang belum pernah kamu coba sama sekali?

Baca Juga: Resep Membuat Bubur Manado Asli, Bikin Perut Hangat dan Nyaman

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya