Comscore Tracker

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama 

Kamu sudah tahu perbedaannya atau belum, nih?

Lada adalah nama lain dari merica. Biasanya lada digunakan untuk menambah cita rasa pedas sekaligus memberi efek hangat ketika dicampur ke dalam masakan.

Di antara banyaknya jenis lada, ada yang paling populer di dunia ini yaitu lada hitam dan lada putih. Tapi sayangnya, masih banyak nih yang sering bingung dan keliru apa perbedaan antara lada hitam dan lada putih.

Kalau kamu salah satu yang masih bingung membedakan keduanya, pembahasan kali ini akan sangat membantu kamu. Penasaran apa saja perbedaan lada hitam dan lada putih? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Lada putih berasal dari buah lada yang matang lalu direndam air garam untuk dibuang airnya. Lada putih hadir dalam bentuk butiran atau dihaluskan

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada putih (freepik.com/topntp26)

2. Sementara itu, lada hitam berasal dari buah lada yang sangat matang atau melewati waktu matang kemudian dikeringkan 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada hitam (vecteezy.com/suriyawut)

3. Tekstur pada lada hitam jauh lebih kasar. Sementara itu, tekstur pada lada putih jauh lebih halus dan tampak menarik

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada hitam dan lada putih (vecteezy.com/maxskyohm27626)

4. Lada putih punya rasa yang lebih pedas dibanding dengan lada hitam. Lada hitam punya rasa yang lebih kaya dan kompleks 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada hitam dan lada putih (vecteezy.com/Seksak Kerdkanno)

Baca Juga: 5 Perbedaan Merica dan Ketumbar yang Mirip Banget, padahal Berbeda

5. Aroma masakan yang menggunakan lada hitam terasa jauh lebih kuat dan khas bila dibandingkan dengan olahan masakan yang dibubuhi lada putih 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada hitam (vecteezy.com/formatoriginal)

6. Karena lebih pedas, lada putih banyak digunakan pada masakan Indonesia. Sedangkan, lada hitam dipakai pada masakan Amerika dan Eropa 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi menambahkan lada ke dalam masakan (freepik.com/bublikhaus)

7. Harga lada putih jauh lebih mahal di pasaran dibanding lada hitam. Sebab proses produksi lada putih jauh lebih rumit  

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada putih (freepik.com/topntp26)

8. Bila disimpan dengan baik, lada hitam bisa bertahan hingga satu tahun. Sementara, lada putih rasanya akan makin hilang setelah disimpan lama 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi lada hitam dan lada putih (vecteezy.com/Seksak Kerdkann)

9. Selain dijadikan campuran masakan, baik lada hitam atau lada putih bisa digunakan sebagai bumbu marinasi untuk menghilangkan bau amis 

9 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, Serupa tapi Tak Sama ilustrasi daging ayam yang dimarinasi dengan lada (vecteezy.com/top_ntp777396)

Sekarang sudah tahu kan apa perbedaan lada hitam dan lada putih?  Kini, keduanya juga mudah didapatkan di pasaran. Semoga infromasi tentang perbedaan lada hitam dan lada putih di atas bermanfaat bagi kamu, ya!

Baca Juga: 5 Sajian dengan Bumbu Garam dan Lada Hitam, Bisa Buat Minuman juga!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya