Comscore Tracker

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! 

Martabak manis buatanmu bakal anti gagal, deh!

Selain martabak telur, martabak manis juga punya banyak penggemar di Indonesia. Dilengkapi beragam topping yang nikmat, gak seorang pun bisa menolak kelezatan martabak manis.

Gak heran kalau banyak orang yang mencoba membuatnya sendiri di rumah. Terlebih hanya dengan teflon, seseorang sudah bisa membuat martabak manis lho. Namun, gak sedikit yang gagal. Martabak manis buatan mereka terasa keras, bantat, dan gak bersarang.

Kalau kamu termasuk di antara yang gagal, ada baiknya untuk menyimak dan menerapkan sejumlah tips berikut agar martabak manis teflon buatanmu empuk dan bersarang.

1. Pilih tepung terigu protein sedang untuk membuat martabak manis yang empuk dan bersarang. Tepung ini dikenal sebagai tepung terigu serba guna 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi tepung terigu protein rendah (pixabay.com/Bru-nO)

2. Gunakan mixer untuk mempermudah pekerjaan. Menggunakan whisk atau spatula juga bisa tapi butuh waktu lama agar bahan tercampur rata 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi mixing adonan martabak manis (pixabay.com/congerdesign)

3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer. Proses pencampuran ini cukup menggunakan speed rendah

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi mencampur adonan martabak manis dengan air (youtube.com/Hausgemachte Brot)

4. Setelah semua adonan tercampur rata, diamkan selama 1 jam baru ditambahkan salah satu atau kombinasi dari dua bahan pengembang 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi mencampur adonan martabak manis (pexels.com/Vlada Karpovich)

5. Kunci agar martabak bersarang adalah dengan menggunakan baking soda. Tambahkan baking soda ke dalam adonan, ya! 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Baca Juga: Resep Martabak Manis Pandan Ala Rumahan, Gampang Banget Buatnya!

6. Selain baking soda, ada pula baking powder. Baking powder akan membuat martabak manis menjadi empuk 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi baking powder (pexels.com/Kaboompics .com)

7. Gak hanya kedua bahan tersebut, kamu pun bisa menggunakan ragi kue. Cara mengaktifkannya yaitu dengan mencampur air hangat dan gula pasir

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi mengaktifkan ragi instan (youtube.com/Around The World On Your Plate)

8. Kombinasi pengembang martabak manis yang bisa dipakai adalah baking soda dan baking powder, baking soda dan ragi, atau baking powder dan ragi

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi mencampur adonan martabak manis dengan bahan pengembang (freepik.com/master1305)

9. Supaya martabak manis makin bersarang, pastikan teflon yang kamu gunakan sudah benar-benar panas 

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi menuang adonan martabak manis ke dalam teflon yang sudah panas (pixabay.com/tookapic)

10. Tunggu dan biarkan martabak manis bersarang dengan sendirinya. Saat mulai bersarang, taburkan gula pasir di atasnya

10 Tips agar Martabak Manis Teflon Empuk dan Bersarang, Gak Sulit! ilustrasi martabak bersarang (instagram.com/kemput)

Beneran semudah itu, kan? Gak sulit lho membuat martabak manis yang empuk dan bersarang. Cocok dijadikan camilan, jangan lupa terapkan sejumlah tips dalam membuat martabak manis teflon di atas, ya.

Baca Juga: 10 Olahan Martabak dari Penjuru Dunia, Indonesia Turut Andil! 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya