Comscore Tracker

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin 

Perpaduan rasa manis dan gurih cruffin yang wajib dicoba!

Nama cruffin berasal dari singkatan croissant dan muffin, untuk tampilannya juga sangat menggambarkan perpaduan dua dessert tersebut. Adonan puff pastry untuk croissant yang biasanya dibentuk bulan sabit, pada cruffin dibentuk bundar mangkuk seperti tampilan muffin. 

Untuk mendapatkan cita rasa lezat, cruffin akan diisi dengan berbagai krim atau selai legit ditengahnya. Pernasaran bukan dengan krim atau selai apa saja cocok dijadikan isian pada cruffin? Nah, aneka isian yang melezatkan cruffin dapat kamu ketahui rekomendasinya di bawah ini!

1. Apricot and almond cruffins 

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin ilustrasi apricot and almond cruffins (foodandwine.ie)

Tekstur cruffin yang sedikit garing diluar, cocok dinikmati dengan cita rasa legit yang meleleh dari selai aprikot. Perpaduan rasa gurih dan legit cruffin aprikot yang ditambahkan taburan irisan tipis kacang almond, dijamin buat lidah ketagihan saat mencobanya. 

Adonan croissant yang sudah jadi, kemudian olesi dengan bahan yang dibuat dari tepung terigu, butter, kuning telur, vanilla essense, dan gula pasir. Lalu gulung rapi dan taruh di cetakan muffin yang sudah diolesi mentega terlebih dahulu. 

Panggang cruffin sampai menggembang dan warnanya berubah menjadi emas kecoklatan. Setelah matang dan dibiarkan menyesuaikan suhu ruangan, isi cruffin dengan selai aprikot. 

2. Tiramisu cruffin 

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin ilustrasi tiramisu cruffin (kitchen.nine.com.au/CSR Sugar)

Wangi kopi dengan sensasi pahit yang berpadu dengan rasa manis krim dari tiramisu, merupakan rekomendasi isian cruffin selanjutnya. Krispi tekstur cruffin yang ditemani dengan kelezatan tiramisu, akan meninggalkan kesan puas di lidah saat kamu mencicipi tiramisu cruffin ini. 

Untuk adonan cruffin, siapkan terlebih dahulu air hangat yang dicampur dengan ragi. Lalu uleni adonan yang terdiri dari tepung terigu, mentega, gula pasir, serta campuran air dan ragi. Potong memanjang adonan lalu gulung rapi dan taruh dicetakan muffin, setelah itu panggang beberapa menit.

Keluarkan cruffin yang sudah matang dari oven untuk menyesuaikan suhu ruangan, barulah isi krim tiramisu ditengah cruffin

3. Malted milk cruffins 

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin ilustrasi malted milk cruffins (www.sainsburysmagazine.co.uk/Sarah Akhurst)

Rasa creamy yang gurih dari susu diolah dengan beberapa bahan untuk dijadikan krim sebagai isian cruffin, menghasilkan cruffin lezat yang menggugah selera. Ditambah dengan gula pasir yang dijadikan sebagai taburan, tekstur cruffin yang renyah makin terasa lezat. 

Cruffin yang sudah dipanggang sampai warnanya menjadi lebih coklat, lumuri dengan gula pasir sampai merata. Lalu untuk isian krim susu yang meleleh, buat dari campuran susu bubuk, tepung maizena, kuning telur, tepung terigu, gula pasir, dan susu cair yang dimasak sampai mengental. 

4. Lemon curd cruffins 

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin ilustrasi lemon curd cruffins (www.richs.co.za)

Lemon curd lembut yang punya cita rasa manis dengan wangi lemon menggiurkan adalah rekomendasi isian cruffin yang bisa kamu coba selanjutnya, nih. Rasa lezat lemon curd yang menyatu dengan cruffin renyah, akan terasa makin mengoda lidah saat dinikmati dengan secangkir teh atau kopi saat bersantai. 

Adonan cruffin yang sudah diuleni, dapat kamu potong beberapa bagian memanjang lalu tabur merata gula pasir dan gulung rapi untuk selanjutnya dipanggang sampai menggembang. Sesaat menunggu cruffin matang, masak di atas api kecil campuran perasan lemon, parutan kulit lemon, kuning telur, gula pasir, telur, dan mentega.

Cruffin yang sudah matang lalu isi dengan lemon curd sampai penuh dan lemon curd cruffins siap kamu nikmati kelezatannya. 

5. Strawberry cheesecake cruffin

5 Ide Isian Cruffin Lezat, Dessert Gabungan Croissant dan Muffin ilustrasi strawberry cheesecake cruffin (streetkitchen.hu)

Cruffin lezat yang dipadukan dengan isian bercita rasa manis dan creamy dari strawberry cheesecake, buat cruffin satu ini cocok dijadikan hidangan penutup saat makan atau camilan santai kumpul keluarga di rumah. Garing dan empuk strawberry cheesecake cruffin, wajib juga ditambahkan taburan gula halus agar rasanya makin menggoda. 

Bahan-bahan dari isian cruffin teridiri dari cream cheese, selai stroberi, vanilla essense, dan gula halus yang dicampur menjadi satu lalu isi di tengah cruffin yang sudah matang. Tak lupa guyuran selai stroberi di atas strawberry cream cheese agar rasa manis stroberi makin memikat lidahmu. 

Isian krim atau selai yang menemani cruffin, dijamin membuat cita rasa cruffin makin memikat lidahmu saat kamu cicipi. Makanan penutup yang manis dan gurih dari cruffin di atas, sangat cocok kamu nikmati dengan segelas minuman hangat atau dingin favorit. Selamat mencoba!

Baca Juga: Selain Croffle, 4 Makanan Fusion Ini Bisa Jadi Ide Bisnis 

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya