Comscore Tracker

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumah

Korma akan terasa makin lezat disantap dengan nasi hangat

Korma merupakan masakan yang berasal dari Asia Selatan, berbahan rempah-rempah dengan memadukan yoghurt, susu, dan kaldu sebagai campuran kuahnya. Penampilan dari sajian korma seperti layaknya hidangan kari dan juga bisa dikreasikan dengan sayur maupun aneka daging.

Selagi hangat, sajian korma yang bercita rasa lezat sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi saat waktu makan tiba. Terbayang bukan, kelezatan korma dengan sensasi gurih rempah yang meresap pada nasi hangat?

Bagi kamu yang penasaran dengan bahan apa saja yang dapat dikreasikan menjadi korma bercita rasa lezat, di bawah ini ada lima list masakan korma yang bisa kamu jadikan inspirasi menu makan harian!

1. Chicken korma

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumahilustrasi chicken korma (www.bbc.co.uk/Romy Gill)

Daging ayam merupakan bahan populer yang bisa dipadukan dengan berbagai jenis masakan apa saja, tak terkecuali dengan hidangan korma. Rempah gurih yang meresap pada empuknya daging ayam menghasilkan chicken korma lezat yang pastinya punya sensasi memanjakan lidah.

Rempah yang terdiri dari bubuk kunyit, ketumbar, bawang putih, jahe, bawang merah, bubuk cabai, dan lada hitam dicampur dengan tomat, susu full cream, dan garam untuk dijadikan saus korma. Lalu masukkan potongan daging ayam dan masak sampai mendidih dengan wangi sedap yang menguar.

2. Mushroom korma curry

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumahilustrasi mushroom korma curry (australianmushrooms.com.au)

Potangan jamur yang dimasak pada kuah korma dengan rempah sedap, mempunyai cita rasa lezat yang tak kalah dengan sajian korma lainnya. Bahan-bahan yang bisa menemani jamur dihidangan korma yaitu kentang, buncis, kacang mete, dan kembang kol. 

Tumis setengah matang terlebih dahulu bawang putih dan bawang merah dengan buncis, jamur, dan kembang kol lalu tuang susu full cream yang dibumbui dengan pasta kari, garam, dan kaldu ayam. Kemudian masukkan potongan kentang dan tunggu mushroom korma curry sampai mendidih.

3. Egg korma with chickpeas and spinach

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumahilustrasi egg korma with chickpeas and spinach (myfoodbook.com.au/Whisk Media Group)

Bumbu rempah korma yang meresap pada potongan telur, bayam, dan kacang chickpea  menghasilkan rasa lezat yang menggugah selera makan. Jadi, tak perlu khawatir saat bingung menyiapkan menu makan karena kelezatan egg korma with chickpeas and spinach siap menemani sepiring nasi hangat.

Telur rebus yang digoreng sebentar di minyak panas lalu iris menjadi dua dan campurkan dengan saus korma yang terdiri dari bubuk kunyit, susu full cream, jahe, bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar, lada hitam, dan bubuk cabai. Jangan lupakan bayam serta kacang chickpea dan tunggu sampai saus korma mendidih dan terlihat meresap pada telur.

Baca Juga: Resep Mudah Ayam Korma, Kuliner Tradisional Lezat Asal India 

4. Beef korma curry

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumahilustrasi beef korma curry (www.taste.com.au/Coles Magazine)

Irisan daging sapi adalah bahan selanjutnya yang cocok menemani rempah saus korma. Agar rasanya makin bervariasi, menambahkan potongan terong pada beef korma curry adalah pilihan yang tepat. Membayangkan saus korma meresap ke dalam daging sapi dan terong, tentu buatmu ingin melahapnya dengan nasi hangat bukan?

Saus korma yang terbuat dari pasta kari, susu full cream, garam, lada hitam, kaldu, dan bubuk bawang putih lalu masukkan irisan daging sapi. Masak sampai daging sapi empuk dan rempahnya meresap, barulah masukkan potongan terong dan tunggu sampai matang merata.

5. Coconut prawn korma

5 Aneka Masakan dari Korma untuk Inspirasi Menu Lezat Harian di Rumahilustrasi coconut prawn korma (www.delicious.com.au/Debbie Major)

Udang segar bertekstur lembut dan kenyal yang dinikmati dengan kuah korma adalah hidangan lezat yang cocok dijadikan referensi menemani waktu makan. Cita rasa gurih kuah korma yang menyelimuti kenyalnya udang, berasal dari santan kental yang dipadukan dengan rempah-rempah pilihan.

Udang yang dimasak beberapa menit di wajan dengan api sedang lalu guyur dengan santan, susu, bubuk kunyit, lada hitam, jahe, bubuk bawang putih, ketumbar, bubuk cabai, dan potongan tomat. Masak sampai kuah korma mendidih dan menguarkan wangi sedap yang memikat, barulah coconut prawn korma siap dinikmati kelezatannya.

Bumbu rempah yang kuat dari hidangan korma buat kelima masakan di atas tak akan buatmu menyesal saat menyantapnya. Apalagi bahan yang dikreasikan juga meresap sempurna dengan kuah korma. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba kelezatan masakan korma yang mana nih?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea Lezat ala Taeil NCT, Bisa Ditiru di Rumah

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

Twitter: @flowersilver_ | Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya