Comscore Tracker

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanya

Kelezatan donat, siap buat anggota keluagamu ketagihan!

Donat merupakan salah satu kudapan yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Karena tekstur lembut donat yang dipadu dengan manisnya berbagai macam toping akan membuatmu sulit untuk berhenti menyantapnya.

Selain toping yang membuat donat terasa lezat, adonan donat yang dikreasikan dengan bahan-bahan seperti umbi-umbian, cokelat, atau buah-buahan adalah salah satu cara menambah kelezatan pada donat.

Tertarik mencicipi donat yang dikreasikan dengan bahan-bahan istimewa? Nah, berikut ada lima variasi bahan pembuatan donat yang bisa kamu jadikan inspirasi saat mengkreasikan donat. Simak, yuk!

1. Gingerbread donuts with cinnamon glaze

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanyawww.foodnetwork.ca

Rekomendasi bahan yang bisa kamu kreasikan pada adonan donat yaitu jahe punya sensasi hangat. Untuk membuat gingerbread donuts with cinnamon glaze, kamu bisa memulainya terlebih dahulu dari mencampurkan tepung terigu, telur, bubuk jahe, bubuk kayu manis, brown sugar, baking powder, baking soda, buttermilk, vanilla essense, molase, dan minyak sayur.

Lalu siapkan cetakan donat yang sudah diolesi butter dan tuang adonan donat jahe, panggang selama 8 menit hingga 10 menit. Selanjutnya buat toping donat jahe yang menggunakan bubuk kayu manis sebagai bahan utamanya lalu campurkan dengan gula halus, bubuk jahe, vanilla essense, dan heavy cream.

Nikmati gingerbread donuts with cinnamon glaze bersama orang tercinta di sore hari dengan secangkir kopi atau teh. 

2. Baked chocolate donuts

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanyawww.ihearteating.com

Membuat baked chocolate donuts yang mudah dipraktikkan ini membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu, lelehan dark chocolate, baking soda, baking powder, minyak sayur, brown sugar, susu, vanilla essense, dan telur. Campur semua bahan menjadi satu lalu tuang pada cetakan donat dan panggang selama 10 menit hingga 15 menit.

Agar baked chocolate donuts makin terasa legit di setiap gigitannya, celupkan setengah permukaan donat dengan lelehan dark chocolate lalu taburkan meses. Apakah kamu tertarik mencicipi kelegitan dari variasi donat satu ini?

Baca Juga: Resep Donat Nanas yang Segar dan Lembut, Cocok untuk Camilan!

3. Banana donuts cinnamon cream cheese frosting

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanyawww.azgrabaplate.com

Banana donuts cinnamon cream cheese frosting adalah variasi donat selanjutnya yang wajib kamu masukkan dalam daftar  kudapan kumpul keluarga di rumah, nih! Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan donat yang terdiri dari tepung terigu, buah pisang yang dihaluskan, susu, telur, baking soda, baking powder, gula pasir, vanilla essense, dan minyak sayur.

Aduk perlahan semua bahan menjadi satu menggunakan spatula lalu tuang pada cetakan donat yang sudah diolesi butter atau mentega. Panggang kurang lebih selama 10 menit hingga 15 menit lalu angkat dan kamu bisa membuat topingnya.

Siapkan cream cheese, gula halus, heavy cream, dan vanilla essense lalu campur menjadi satu dan jangan lupa meremah keripik pisang untuk taburan di atas cream cheese frosting. 

4. Sweet potato donuts with maple glaze

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanyathesweetandsourbaker.com

Kukusan ubi jalar yang dihaluskan lalu diuleni dengan campuran tepung terigu, susu, ragi, telur, minyak sayur, gula pasir, dan vanilla essense menjadi satu akan menghasilkan donat ubi jalar bertekstur lembut yang siap memanjakan lidahmu. Untuk menambah kelezatannya, kamu bisa membuat toping yang terdiri dari gula pasir, sirup maple, dan vanilla essense.

Hidangkan sweet potato donuts with maple glaze saat kumpul keluarga bersama minuman favorit untuk menghangatkan suasana. Pasti variasi donat lezat satu ini buatmu tertarik mencicipinya 'kan?

5. Coconut donuts

5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanyawww.kingarthurbaking.com

Bahan terakhir yang direkomendasikan saat membuat donat lezat yaitu kelapa. Pertama, kamu perlu mencampurkan tepung terigu, susu rasa kelapa, telur, ragi, vanilla essense, minyak sayur, dan gula pasir lalu uleni adonan dan simpan adonan agar ragi bekerja. Setelah itu bentuk adonan menjadi donat dan goreng hingga berubah warnanya menjadi keemasan.

Untuk toping, siapkan gula halus, coconut cream, dan vanilla essense lalu celupkan setengah permukaan donat pada frosting. Lalu taburkan parutan kelapa tua yang dipanggang sebagai sentuhan terakhir.

Itu dia lima variasi bahan pembuatan donat yang wajib kamu cicipi cita rasanya. Proses pembuatan donat beraneka rasa di atas praktis dan mudah dipraktikkan sendiri di rumah untuk kamu jadikan kudapan kumpul keluarga.

Dijamin anggota keluargamu akan ketagihan dengan cita rasa dari variasi donat di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Donat ala J.CO yang Empuk dan Gak Berminyak

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

She/Her

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya