Comscore Tracker

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang Mirip

Apakah kamu bisa membedakannya? #LokalIDN

Indonesia memiliki aneka ragam kuliner yang khas. Saking beragamnya, beberapa kuliner di Indonesia ini memiliki bentuk fisik yang sama dengan nama yang berbeda ataupun memiliki nama yang sama dengan bentuk yang berbeda. 

Walaupun beberapa kuliner di Indonesia punya bentuk dan nama yang mirip, namun tiap kuliner tersebut memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Berikut ini ada lima kuliner Indonesia yang punya nama mirip walau bentuknya berbeda. Yuk disimak! 

 

 

1. Kupat tahu dan tahu kupat

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang MiripTahu kupat (instagram.com/jajanowae)

Walau dalam segi penamaan hanya dibalik, namun kupat tahu dan tahu kupat merupakan dua kuliner yang berbeda. Kupat tahu merupakan kuliner perpaduan antara ketupat dan tahu yang berasal dari Magelang, Jawa tengah. Kupat tahu identik dengan siraman kuah kacang yang bertekstur cair. 

Berbeda dengan kupat tahu yang berasal dari Magelang, tahu kupat merupakan olahan kuliner ketupat dan tahu yang berasal dari Solo, Jawa tengah. Jika kupat tahu menggunakan kuah kacang, tahu kupat menggunakan kuah kecap yang kemudian ditaburi dengan kacang goreng. 

2. Mi kocok dan mi koclok

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang MiripMi koclok (instagram.com/silvi_wahyudi)

Beberapa orang mengira bahwa mi koclok dengan mi kocok adalah dua kuliner yang sama. Namun nyatanya, dua kuliner ini berbeda.

Mi kocok merupakan kuliner olahan mie dengan jeroan sapi dan memiliki kuah bening yang terbuat dari kaldu sapi. Mi kocok berasal dari Bandung, Jawa barat. 

Sedangkan mi koclok merupakan kuliner mi yang berasal dari Cirebon, Jawa barat. Mi koclok terdiri atas suwiran ayam dan telur sebagai pelengkapnya. Tekstur kuah mi koclok cenderung kental dan terbuat dari kaldu ayam yang dicampur dengan santan dan tepung maizena.

Baca Juga: 17 Makanan Khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang Bikin Ngiler

3. Nasi ponggol dan nasi penggel

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang Miripinstagram.com/afiprabowo

Nasi ponggol dan nasi penggel merupakan dua kuliner dari daerah yang berbeda. Nasi ponggol merupakan kuliner yang berasal dari Tegal, Jawa tengah. Ciri khas dari nasi ponggol adalah sambal tempe sebagai menu utamanya. 

Sama-sama berasal dari Jawa tengah, nasi penggel merupakan kuliner yang berasal dari daerah Kebumen. Ciri khas dari nasi penggel yaitu nasinya yang dibentuk bulat-bulat, dan dilengkapi dengan daun singkong dan nangka muda. 

4. Tumpeng dan tumpang

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang MiripTumpeng (pixabay.com/mufidpwt)

Umumnya kamu mengenal tumpeng sebagai nasi berwarna kuning berbentuk kerucut dengan aneka lauk, yang disajikan saat ada acara tertentu. Namun hal itu berbeda dengan kuliner tumpang yang memiliki nama mirip dengan tumpeng. 

Tumpang merupakan olahan tempe fermentasi atau biasa disebut dengan tempe bosok yang dimasak dengan aneka rempah-rempah. Tumpang umumnya dimakan bersama nasi, sayur rebus, dan dilengkapi dengan peyek

5. Arem-arem dan orem-orem

Walau Tak Serupa, 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Nama yang MiripOrem-orem (instagram.com/faizaarga)

Arem-arem dan orem-orem merupakan dua kuliner dengan jenis yang berbeda, walaupun dengan nama yang mirip. Arem-arem merupakan jajanan pasar yang bentuknya mirip seperti lemper. Umumnya arem-arem berisi tempe, ayam, ataupun potongan kentang. 

Berbeda dengan arem-arem yang merupakan jajanan pasar, orem-orem merupakan makanan berkuah khas Malang, Jawa Timur. Semangkuk orem-orem terdiri atas ketupat, toge, tempe, ayam, dan telur sebagai pelengkap. 

Itu dia lima kuliner di Indonesia yang punya nama mirip. Kemiripan kuliner-kuliner tersebut membuktikan keragaman dari kuliner Indonesia. Kamu pernah coba yang mana? 

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Ada Favoritmu?

fadhila luqyana Photo Verified Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya