Comscore Tracker

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin Ketagihan

Makan ketupat gak cuma lebaran saja! #LokalIDN

Ketupat atau biasa masyarakat Jawa menyebutnya dengan kupat, adalah makanan yang biasa disajikan sebagai pengganti nasi. Ketupat identik dengan makanan hari raya lebaran.
 
Beberapa makanan tradisional Indonesia khususnya di Jawa tengah, memanfaatkan ketupat sebagai menu utamanya. Berikut ini ada lima kuliner olahan kupat khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba. Yuk, disimak!

1. Kupat tahu magelang

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin KetagihanKupat tahu (instagram.com/jim.sug)

Di kota Magelang, kupat tahu menjadi kuliner legendaris dan banyak diminati oleh wisatawan. Sepiring kupat tahu terdiri atas ketupat, tahu, dan bakwan. Semua komponen tersebut dipotong-potong, lalu ditambahkan dengan kol, dan taoge kemudian disiram dengan kuah kacang. 

Kuah kupat tahu terbuat dari kacang, gula merah, dan bumbu-bumbu lainnya. Tidak seperti bumbu kacang yang memiliki tekstur kental, kuah kupat tahu magelang memiliki tekstur yang cair. Seporsi kupat tahu magelang, cocok untuk disantap saat makan siang 

2. Kupat glabed

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin KetagihanKupat glabed (https://instagram.com/ilarizky)

Kupat glabed merupakan makanan khas dari kota Tegal, Jawa tengah. Masyarakat setempat menyebut sayur kental dengan kata glabed, sehingga dinamakan kupat glabed karena makanan ini memiliki tekstur kuah yang kental. 

Selain ketupat yang disiram kuah kuning kental, kupat glabed juga dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan krupuk mi. Ciri khas dari kupat glabed adalah makanan ini disantap dengan sate blengong. 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Ketupat Jembut, Menu Nyentrik Khas Syawalan di Semarang

3. Tahu kupat

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin KetagihanTahu kupat (instagram.com/jajanowae)

Walaupun memiliki nama yang sama, kupat tahu dan tahu kupat merupakan dua hidangan yang berbeda. Tahu kupat merupakan makanan khas kota Solo, Jawa tengah. Secara penampilan, keduanya juga memiliki penampilan yang serupa. 

Sepiring tahu kupat terdiri atas ketupat, tahu, bakwan, mi kuning, kol, toge, seledri, dan kacang. Semua komponen tersebut disiram dengan kuah yang terbuat dari kecap serta bumbu-bumbu lainnya. 

4. Kupat bongkok

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin KetagihanKupat bongkok (instagram.com/cenjkt)

Kupat bongkok adalah makanan tradisional khas kota Tegal, Jawa tengah. Salah satu keunikan dan ciri khas dari makanan ini yaitu kuahnya yang terbuat dari tempe. Walau dinamakan kupat bongkok, beberapa penjual makanan ini justru menggunakan lontong. 

Komponen yang terdapat dalam sepiring kupat bongkok, yaitu Ketupat atau lontong,  tempe kuah, sambal mi, toge, dan dilengkapi dengan kerupuk mi. 

5. Empal kupat

5 Kuliner Kupat Khas Jawa Tengah, Lezatnya Bikin KetagihanEmpal kupat (instagram.com/cenjkt)

Empal kupat merupakan makanan legendaris dari Purwokerto. Makanan ini merupakan perpaduan antara empal basah, empal kering, dan ketupat.

Empal basah, umumnya menggunakan jeroan sapi dan dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Sedangkan empal kering menggunakan daging sapi dan tetelan dan dimasak hingga mengering. Makanan ini cocok disajikan sebagai makanan di hari raya lebaran. 

Itu dia lima kuliner olahan kupat khas Jawa tengah. Buat yang bosan makan nasi namun tetap ingin ada karbohidrat, makanan-makanan di atas bisa jadi referensi menu makananmu. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 6 Kuliner Tahu Khas Jawa Tengah yang Rasanya Istimewa, Bikin Nagih!

fadhila luqyana Photo Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya