Comscore Tracker

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulut

Wajib tahu buat yang doyan makanan pedas 

Bagi orang yang suka makanan pedas, pasti sering merasakan sensasi panas seperti terbakar di mulut. Biasanya, itu muncul ketika seseorang terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan pedas.

Hal ini dikarenakan kandungan capsaicin dalam dalam cabai memicu rasa panas pada mulut. Otak kemudian berpikir bahwa mulut seperti dalam bahaya. Sehingga rasa panas seperti terbakar terus terasa dan tak kunjung hilang. Berhenti makan dan memperbanyak minum air sering dilakukan untuk meredam rasa yang timbul

Namun, berhenti makan pun belum tentu bisa mengurangi rasa panas. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi efek dari kepedasan? Beberapa makanan dan minuman ini bisa membantu mengatasinya. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Susu dan Yoghurt

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulutilustrasi minum susu (unsplash.com/The Humble Co.)

Minum susu adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghilangkan sensasi panas akibat kepedasan. Selain mudah didapat, kandungan protein yang disebut kasein bisa meredakan efek dari capsaicin. Kasein bekerja sama halnya deterjen yang membersihkan molekul capsaicin pada mulut.

Namun, tidak semua susu bisa dipakai. Susu yang dipilih harus memiliki kandungan kasein di dalamnya. Beberapa produk yang bisa dipilih diantaranya, susu sapi, yoghurt atau keju cottage.

2. Lemon dan jeruk 

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulutilustrasi lemon (unsplash.com/Myfanwy Owen)

Jika tak begitu suka dengan susu, pilihan lain yang bisa dipakai adalah minuman asam. Beberapa jenis minuman yang bisa dipakai ialah lemon, jeruk nipis, jus jeruk atau berbagai makanan dan minuman yang asam. 

Senyawa asam bisa menetralkan molekul-molekul penyebab efek terbakar pada mulut. Sehingga dapat membantu mendinginkan rasa panas yang timbul. Namun perhatikan jumlah asam yang dikonsumsi, bila berlebihan bisa menimbulkan dampak lain, seperti gangguan pencernaan.

3. Roti dan kentang 

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulutilustrasi kentang (unsplash.com/akyurt engine)

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat juga bisa menjadi pilihan. Makanan seperti kentang, roti atau nasi mengandung penghalang alami yang bisa menyerap capsaicin yang melekat pada mulut.

Cara ini paling mudah untuk dilakukan ketika sedang rasa panas di mulut muncul. Tak heran, makanan seperti nasi atau kentang sering menjadi pendamping ketika menikmati makanan pedas.

4. Gula atau madu 

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulutilustrasi gula (unsplash.com/Melissa Di Rocco)

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa rasa manis bisa melawan rasa pedas. Bisa dibilang anggapan itu ada benarnya juga. Capsaicin berbasis minyak, jadi dapat diserap oleh gula atau madu.

Apabila timbul sensasi pedas setelah mengkonsumsi makanan pedas, cobalah untuk mengkonsumsi gula atau madu. Hal itu akan sangat membantu untuk mengatasi rasa panas di mulut. Makanya, minuman manis sering disandingkan dengan makanan pedas.

5. Cokelat 

Kepedasan? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sensasi Panas di Mulutilustrasi cokelat (unsplash.com/Michele Blackwell)

Cokelat merupakan perpaduan antara susu dan gula, makanya makanan ini juga efektif mengurangi rasa panas karena kepedasan. Ketika cokelat dikonsumsi itu akan membantu menyerap capsaicin.

Segelas susu cokelat bisa menjadi teman terbaik saat menyantap makanan pedas. Selain itu, cokelat dalam bentuk batangan pun bisa menjadi pilihan lain.

Kelima makanan tadi bisa jadi opsi terbaik mengatasi rasa panas yang dihasilkan akibat makanan pedas. Cobain, deh!

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya