Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese Lovers

Rasanya unik dan premium, nih

Italia adalah negara yang sangat terkenal dengan beberapa destinasi wisatanya. Tidak hanya itu, negara ini juga terkenal dengan beragam kulinernya yang terkenal hingga seluruh negara lain, termasuk produksi kejunya.

Beberapa daerah di Italia yang sangat terkenal akan produk - produk kejunya seperti Lombardy, Campania, dan Apulia. Dengan tampilan, rasa, dan aroma yang beranekaragam serta memiliki kualitas premium, inilah lima jenis keju khas Italia yang paling populer di kalangan cheese lovers.

1. Mozzarella

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese LoversMozzarella (instagram.com/fiercefriendsfood)

Mozzarella merupakan jenis keju yang sudah tidak asing lagi namanya. Keju ini adalah keju tradisional yang berasal dari wilayah Campania. Keju mozzarella biasanya terbuat dari bahan susu sapi maupun susu kerbau yang masih segar.

Keju mozzarella dikenal dengan keju yang memiliki tekstur lembut serta memiliki aroma susu yang harum. Di Italia, biasanya keju ini digunakan sebagai topping untuk membuat pizza.

2. Parmigiano reggiano

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese LoversParmigiano reggiano (instagram.com/emiliafoodlove)

Parmigiano reggiano merupakan salah satu keju yang dikenal sebagai keju dengan kualitas terbaik di dunia. Keju yang terbuat dari susu sapi ini memiliki ciri khas  berbentuk bulat dengan tekstur keju yang keras.

Parmigiano reggiano memiliki aroma yang manis dan terasa seperti buah-buahan dengan rasa yang kuat. Umumnya, keju ini digunakan sebagai topping hidangan Italia seperti pasta ataupun salad

Baca Juga: 5 Varian Kacang Asal Italia yang Bikin Makanan Jadi Makin Nikmat!

3. Burrata

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese LoversBurrata (instagram.com/burzanatalerzu.pl)

Burrata merupakan jenis keju yang memiliki tekstur lembut seperti keju mozzarella. Keju ini dibuat secara tradisional menggunakan tangan dengan bahan utama susu sapi, rennet, dan krim. Karena keju ini dibuat secara langsung, maka hanya bisa bertahan paling lama 24 jam.

Dalam penyajiannya, burrata biasanya diberi tambahan bumbu berupa sedikit garam, merica, dan sedikit minyak zaitun.

4. Scamorza

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese LoversScamorza (instagram.com/lachavense)

Scamorza dikenal dengan keju yang memiliki bentuk dua bola yang saling terhubung. Keju yang terbuat dari susu sapi ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Uniknya, keju ini juga memiliki sedikit rasa smokey.

Keju yang sering dibandingkan dengan mozzarella ini memiliki rasa yang jauh lebih manis dan lebih creamy. Scamorza juga sering dijadikan topping di atas pizza karena dapat meleleh.

5. Mascarpone

5 Jenis Keju Khas Italia yang Populer, Cocok buat Cheese LoversMascarpone (instagram.com/martarelli_formaggi)

Mascarpone merupakan keju yang berasal dari wilayah Lombardy. Keju ini memiliki tekstur yang lembut seperti krim.

Mascarpone memiliki rasa lemon sedikit, manis, dan sangat lembut. Biasanya, mascaporne digunakan untuk campuran makanan penutup seperti kue keju, zabaglione, dan tiramisu.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Italia yang paling terkenal. Bagi kamu cheese lovers, apakah kamu pernah mencoba salah satu dari beberapa jenis keju di atas?

Baca Juga: 5 Trivia Keju Vegan, Keju Alternatif dari Tumbuhan yang Dairy Free!

Arthur Glenn Photo Verified Writer Arthur Glenn

Mulai aja dulu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya