Comscore Tracker

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro 

Kamu sendiri suka yang mana?

Combro dan misro merupakan makanan berbahan dasar singkong. Karena persamaan bahan dasar tersebut, sebagian masyarakat sering menganggapnya sama. Padahal, keduanya berbeda banget lho.

Selain namanya, ada beberapa perbedaan yang harus kamu tahu dari combro dan misro. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Nama 

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro combro dan misro (instagram.com/meikeqeva | instagram.com/meikeqeva)

Nama combro berasal dari kepanjangan oncom di jero yang berarti oncom di dalam. Sesuai dengan namanya, camilan satu ini dibuat dari tumisan oncom dan daun bawang bercita rasa pedas yang dibalut dengan adonan singkong parut.

Berbeda dengan combro, misro berasal dari kepanjangan amis di jero, yang artinya manis di dalam. Misro terbuat dari bahan dasar yang sama dengan combro, yakni parutan singkong dan gula merah sebagai isian.

2. Bentuk

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro combro dan misro (instagram.com/iyayo_dessert)

Combro merupakan camilan berbahan dasar singkong. Biasanya singkong yang sudah diparut dicampur dengan kelapa, dibentuk menyerupai bulatan lonjong seukuran genggaman tangan, dan diberi isian oncom di dalamnya. Setelah adonan combro jadi, lalu digoreng hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

Berbeda dengan combro yang berbentuk bulatan lonjong, adonan misro berbentuk bulat dan diberi isian gula merah di dalamnya, lalu digoreng hingga matang.

Baca Juga: Selain Oncom, 5 Olahan Ini Juga Bisa Kamu Jadikan Isian Combro, lho!

3. Isian 

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro combro dan misro (instagram.com/marthaserepina)

Combro dan misro memang sama-sama terbuat dari singkong yang diparut. Namun, isian keduanya berbeda. 

Combro umumnya berisi oncom yang ditumis dengan bumbu, sedangkan misro umumnya diisi dengan gula merah.

Bahannya semua sama, adonannya sama, hanya isiannya saja yang berbeda. Jadi kalau combro isinya oncom, sedangkan misro isinya gula merah.

4. Rasa 

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro combro dan misro (instagram.com/eriskasetyawati)

Karena isiannya berbeda, maka rasa dari combro dan misro pun tak sama. Combro identik dengan cita rasa yang gurih, sedangkan misro identik dengan cita rasa yang manis. Sebagian masyarakat biasanya memasak isian combro dengan bumbu oncom pedas. Sehingga cita rasa combro pun menjadi gurih pedas. 

5. Segi penyajian 

Sama-sama Berbahan Singkong, Ternyata Ini Perbedaan Combro dan Misro combro dan misro (Instagram.com/nonajudes_17)

Dalam segi penyajian, combro biasa dihidangkan bersama dengan cabai rawit dan disantap sebagai menu camilan di pagi atau sore hari. Tak jarang, aneka jenis gorengan lainnya seperti tempe goreng, kroket, dan bakwan turut disajikan dalam sepiring combro panas.

Sedangkan untuk misro, karena cita rasanya yang begitu manis, masyarakat sekitar akan mengkombinasikannya dengan secangkir teh tawar hangat.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan combro dengan misro? Jadi, tidak perlu bingung lagi membedakan ketika ingin membeli camilan berbahan singkong tersebut.

Baca Juga: 5 Macam Olahan Misro, Gorengan Manis dari Singkong

Atika Sari Photo Verified Writer Atika Sari

Love yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya