Comscore Tracker

Coffee Beer Kini Mulai Populer, Ini 5 Fakta Menariknya  

Meski bernama beer, namun minuman ini non alkohol

Setelah tren kopi susu kekinian mengguncang dunia perkopian Indonesia, kini kehadiran coffee beer mulai dilirik. Akhir-akhir ini, beberapa coffee shop atau kedai kopi di Jakarta menjual minuman ini.

Walaupun namanya coffee beer, minuman ini tidak mengandung alkohol layaknya beer atau pahit seperti kopi.

Jadi apa sih coffee beer ini? Faktanya, minuman bersoda ini adalah salah satu produk minuman khas Indonesia yang sudah ada sejak dulu. Berikut ini fakta lainnya mengenai coffee beer.

1. Coffee beer vs saparella

Coffee Beer Kini Mulai Populer, Ini 5 Fakta Menariknya  pexels.com/Helena Lopes

Kamu mungkin pernah mendengar minuman khas Yogya yang bernama Saparella. Sering kali, coffee beer ini disamakan dengan Saparella. Tapi ternyata tidak sama.

Coffee beer memiliki resep tersendiri yang sudah ada sejak tahun 1963. Dan resep ini pun masih dipertahankan sampai sekarang.

2. Minuman asli Jombang

Pertama kali, minuman ini dibuat oleh perusahaan bernama Agung Ngoro pada tahun 1963. Perusahaan ini terletak di Ngoro, Jombang.

Menurut website resmi Agung Ngoro, coffee beer ini merupakan produk pertamanya. Selain coffee beer, Agung Ngoro juga memproduksi minuman tradisional lain dengan campuran temulawak dan beras kencur.

Baca Juga: Nggak Perlu ke Cenayang, 5 Minuman Ini Bisa Ungkap Karaktermu!

3. Awalnya, hanya populer di kalangan masyarakat lokal dan pendatang

Coffee Beer Kini Mulai Populer, Ini 5 Fakta Menariknya  pexels.com/ELEVATE

Sebelum populer di Jakarta, coffee beer hanya terkenal di Jombang. Kemunculan coffee beer ini ditanggapi positif oleh warga setempat dan pendatang. Sehingga, banyak pendatang yang menikmati minuman ini di warung makan lokal. Dan seiring waktu, coffee beer ini pun menyebar hingga Jakarta.

4. “CB Ngoro” adalah nama lain dari coffee beer

Coffee Beer Kini Mulai Populer, Ini 5 Fakta Menariknya  pexels.com/Andrea Piacquadio

Kerap kali coffee beer disebut dengan nama “CB Ngoro” oleh masyarakat Jombang. Nama ini diambil dari daerah asal coffee beer, yakni Ngoro. Sebutan ini merupakan bentuk kebanggaan masyarakat setempat terhadap produk lokalnya.

5. Sudah banyak tersedia di coffee shop

Coffee Beer Kini Mulai Populer, Ini 5 Fakta Menariknya  pexels.com/Marta Dzedyshko

Walau awalnya banyak dijual di warung makan, kini coffee beer tersedia di coffee shop. Sejak beredar di Jakarta, minuman ini dihidangkan ala kafe. Hal ini menjadikan tampilan coffee beer lebih menarik sehingga minuman ini menjadi alternatif baru bagi pengunjung coffee shop di Jakarta dan sekitar.

Nah, itulah fakta menarik tentang coffee beer yang mulai populer. Rasa manisnya yang khas sangat cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga menjadikan coffee beer ini minuman favorit bagi beberapa orang.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 10 Resep Membuat Minuman Segar untuk Lebaran, Gak Cuma Sirup 

audi marchal Photo Writer audi marchal

Seorang pengikut Kultur Pop. Menulis segala hal tentang itu dan penonton film kelas kakap. Dulu, pernah jadi rock star di luar pulau Jawa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya