Comscore Tracker

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan Thailand

Hati-hati dengan nomor 6! #KulineranYuk

Bakso alias meatball bukan cuma ada di Indonesia. Menemukan segerobak abang-abang bakso di negara orang tentunya bikin penasaran. Mencoba semangkuk bakso di Thailand ternyata punya cita rasa tersendiri. Semangkuk bakso kuah di Thailand biasa disebut Thai Meatballs, biasa ditemukan pinggir jalan di tempat yang ramai turis. Sekilas penampakan memang hampir sama dengan bakso kita. Terdapat bihun ataupun mie kuningnya juga. Tapi ada yang beda, looh.

1. Ada aroma yang khas.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan ThailandDoc. Pribadi

Sudah biasa di bakso kita menggunakan daun bawang seledri. Penampakannya memang sepertinya sama dengan taburan seledri. Namun ketika kamu mulai mencicipi kuahnya, kamu akan tahu bahwa taburan daun tersebut bukanlah daun seledri. Melainkan daun ketumbar. Daun ketumbar ini biasa digunakan diberbagai masakan di Thailand sehingga masakan Thailand seringkali memiliki aroma yang khas. Terkadang memang lidah kita belum terbiasa dengan aroma-aroma wangi aneh yang dihasilkan dari daun ketumbar ini. Itulah aroma pertama yang paling terasa ketika mencicipi kuah bakso Thailand.

2. Bukan daging sapi.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan Thailandhttps://seekingpleasure.wordpress.com

Kebanyakan bakso pinggiran di Thailand adalah porkball alias bakso daging babi. Sebelum memesan sebaiknya pastikan dahulu daging apa yang terdapat di dalamnya. Beberapa bakso juga ada yang halal, kok. Kalau daging yang biasa ada di mangkuk bakso kita biasanya adalah lemak atau potongan daging, bakso di Thailand ini memberikan daging iris tipis sehingga kita tidak perlu susah payah menggigitnya. Jangan lupa pastikan lagi daging apa sebelum kamu memesan ya.

3. Tanpa bawang goreng.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan ThailandDoc. Pribadi

Yang unik lagi, bakso di Thailand bukan menggunakan taburan bawang goreng buat menambah kesedapannya, loh. Taburan seperti di foto ini mungkin baru pertama kita lihat. Ini merupakan kacang yang ditumbuk kasar. Fungsinya mungkin sama dengan bawang goreng, yaitu sebagai pelengkap rasa. Walaupun tampak aneh dan tidak biasa,  tapi taburan kacang ini tidak merubah rasa baksonya kok. Coba deh sesekali buat pengganti bawang goreng..

4. Gula sebagai penyedap rasa.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan ThailandDoc. Pribadi

“Pakai micin gak, neng?” Terkadang beberapa abang bakso kita suka bertanya seperti itu, ya. Biasanya ada garam atau cuka yang disediakan untuk menambah cita rasa sesuai selera masing-masing lidah. Di Thailand, cuka juga dijadikan pelengkap untuk bakso. Namun bedanya, ternyata bukan garam yang dijadikan bumbu pelengkap. Ini adalah gula, digunakan sebagai pengganti penyedap rasa. Terbukti loh, rasanya menjadi lebih sedap ketika ditambahkan gula.

5. Pedas dengan cabai bubuk.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan ThailandDoc. Pribadi

Kalau kamu mencari saos atau sambal untuk makan bakso di Thailand, kamu gak akan menemukannya. Jika kamu pecinta pedas, cukup taburkan cabai bubuk ini ke dalam kuah bakso kamu. Mungkin tidak sepedas sambal abang bakso kita, tapi lumayan untuk sedikit rasa pedas.

6. Tambahan bumbu terasi.

Ini, lho Bedanya Bakso Indonesia dan ThailandDoc. Pribadi

Hati-hati ketika menemukan ini di barisan condiment ketika makan bakso di Thailand. Memang ketika lihat tempat dan tulisannya ga akan paham apa isi di dalamnya. Tetapi ketika dibuka dan dihirup, kita akan tahu persis bahwa ini adalah kurang lebih seperti yang kita biasa sebut sebagai TERASI. Jika kamu mencampurkannya ke dalam kuah bakso, mungkin lidah kamu akan sulit menerima rasanya karena tidak semua orang suka dengan teras. Terlebih jarang sekali terasi digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Biasanya kita menggunakan terasi hanya untuk membuat sambal. Tapi kalau penasaran ingin merasakan sensasi makan yang berbeda, silakan mencoba.

Aulia Kurrota Photo Writer Aulia Kurrota

Remote worker, Digital Marketer, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya