Comscore Tracker

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihan

Gak banyak di Indonesia, tapi masih mudah didapatkan

Tepung almon berasal dari kacang almon yang direbus atau mentah. Banyak di antara produk olahan tepung almon digiling secara kasar dengan menyertakan kulit almon. Tapi, ada juga yang digiling halus dengan menghilangkan kulit kacang sendiri.

Kini, tepung almon menjadi salah satu komposisi favorit dalam proses memasak, khususnya dalam membuat roti. Bukan hanya karena kandungan nutrisi yang dimiliki juga sifatnya yang jadi alternatif tepung sehat.

Nah, untuk mengulas lebih dalam, yuk cari tahu lima fakta nutrisi tepung almon di bawah ini.

1. Sumber lemak tak jenuh terbaik

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihanilustrasi tepung almon (bulletproof.com)

Almon dan olahan tepungnya adalah salah satu tepung kacang yang paling sehat dan bisa dimakan oleh semua orang. Hal ini karena almon merupakan makanan terbaik yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Melansir Nourish, tepung almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Mengurangi kolesterol secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 50 gram almond setiap hari memiliki kolesterol lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak.

2. Kaya akan magnesium

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihanilustrasi kardiovaskular (emedicinehealth.com)

Tepung atau bahkan kacang almon mengandung mineral penting untuk kesehatan jantung, yaitu magnesium. 

Satu ons almon memiliki hampir 80 miligram magnesium. Ini berarti sekitar 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata. Nah, tentunya dengan cukupnya kebutuhan magnesium ini maka beberapa penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, kardiomiopati, aritmia jantung, dan aterosklerosis dapat diminimalisir.

Baca Juga: Resep Sup Almond yang Creamy dan Lembut, Bikin Laper!

2. Sumber vitamin E terbaik

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihanilustrasi otak manusia yang terserang stroke (franciscanhealth.org)

Produk olahan kacang almon termasuk tepung almon merupakan sumber terbaik vitamin E yaitu antioksidan kuat yang merupakan vitamin esensial. Tentunya kita sudah cukup bisa mengandalkan almon sebagai sumber vitamin E harian kita karena kandungan yang terbaik.

Sayangnya, data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen orang dewasa tidak memenuhi perkiraan kebutuhan vitamin E rata-rata mereka. Padahal, vitamin E dapat mencegah pembentukan plak di arteri dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke.

4. Kandungan protein dan serat yang melimpah

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihanilustrasi lemak di perut (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Meskipun tepung almon atau bahkan kacang almon memiliki lebih banyak kalori daripada tepung yang umum kita gunakan, tepung almon juga merupakan makanan berprotein tinggi dan berserat tinggi. Tentunya inilah yang membantu merasa kenyang lebih lama, menstabilkan nafsu makan dan tentunya juga pas buat menu diet.

Pernah dilakukan satu uji coba terkontrol secara acak oleh Nutrients mengamati pola makan dua kelompok. Satu kelompok di atur dengan rendah kalori dengan 15 persen kalori dari almond selama 12 minggu. Satu lagi makan diet rendah kalori tanpa almon selama 12 minggu.

Studi tersebut menemukan bahwa kedua kelompok kehilangan berat badan, tetapi partisipan yang mengikuti diet rendah kalori dengan bahan almon kehilangan lebih banyak lemak total dan lemak perut.

5. Tepung yang bebas gluten

5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihanilustrasi tepung almon (preparedfoods.com)

Ini yang paling baik. Ya, tepung almon bebas gluten. Faktanya, ini adalah salah satu tepung yang bebas gluten paling populer bagi orang-orang dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa jika kamu harus membeli tepung almon kemasan, selalu periksa labelnya untuk memastikan bahwa itu bukan dari pabrik atau tempat yang juga memproses makanan dengan gluten. Hanya untuk waspada saja ada kandungan glutenya tercampur.

Nah, makanya sesekali coba pakai tepung almon buat bahan masakanmu. Kamu bisa mendapatkan kesehatan jantung, penurunan gula darah, dan lingkar pinggang yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Sajian Menggugah Selera Berbahan Susu Almond, Mana Pilihanmu?

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya