Comscore Tracker

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Ini

Minum seduhan teh ini bisa membuat tubuhmu lebih santai

Dalam situasi pandemi, rasa cemas menjadi tantangan bagi semua orang. Keadaan yang semakin tak menentu, ditambah beban hidup yang semakin berat membuat orang menjadi lebih mudah diguncang rasa cemas. Kondisi ini justru tidak menguntungkan bagi tubuh karena perasaan cemas yang berlebihan bisa menurunkan imunitas.

Ketika daya tahan tubuh menurun, risiko terserang berbagai penyakit jadi lebih besar juga termasuk infeksi virus Corona. Sementara itu minum teh dipercaya bisa digunakan untuk meredakan rasa cemas.

Beberapa jenis teh berikut banyak digunakan untuk mengusir kecemasan. Apa saja?

1. Teh chamomile

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Inipixabay.com/Natalie_Corot

Bagi penikmat teh, bunga chamomile cukup dikenal karena keharumannya. Teh chamomile sudah sejak dahulu digunakan untuk meredakan rasa cemas, karena efeknya bisa membuat lebih tenang.

Beberapa studi menunjukkan hasil bahwa teh chamomile dapat mengikat reseptor asam gamma-aminobutirat di otak sehingga membuat tubuh lebih santai. 

2. Teh hijau

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Inipixabay.com/appledeng

Kandungan antioksidan dan polyphenol yang terdapat dalam teh hijau bisa membantu menjaga kesehatan dengan menurunkan berat badan dan tekanan darah.

Selain itu, asam amini yang dikenal sebagai L-theanine di dalam teh hijau juga memberi manfaat kesehatan yang sama sehingga bisa menurunkan rasa cemas dan membuat saraf menjadi lebih rileks.

Baca Juga: 5 Resep Kue Aroma Teh Melati, Cocok untuk Teman Minum Kopi Sore Hari 

3. Teh mawar

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Inipixabay.com/Nietjuh

Bagi penggemar teh, herbal tisane yang terbuat dari kelopak bunga mawar dapat membuat kamu mudah mengantuk dan tidur dengan pulas, yang dikenal dengan efek hipnotik dan analgesik. Selain itu, manfat flavonoid pada teh mawar dapat meredakan stres dan mengurangi inflamasi.

4. Teh lavender

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Inipixabay.com/agata_adelajda

Bunga lavender mengandung minyak essensial yang populer digunakan dalam pengobatan herbal sebagai penenang dan meredakan stres. Tanaman ini juga bisa diseduh sebagai teh yang aromanya dapat membuat tidur menjadi lebih lelap.

Meminum teh lavender juga bisa meningkatkan produksi dopamine, zat kimia dalam otak yang dapat memicu rasa senang.

5. Teh peppermint

Redakan Cemas di Tengah Pandemi dengan 5 Jenis Teh Inipixabay.com/congerdesign

Daun mint yang diseduh sebagai minuman teh dapat membantu membuat tubuh jadi lebih santai dan memperbaiki mood. Minum teh peppermint atau mentol bisa membantu aktivitas di sistem saraf pusat dan peripheral.

Untuk memberi dorongan energi dan mood yang lebih segar, sebaiknya minum teh peppermint dari jenis daun yang kering pada pagi hari.

Itulah kelima jenis teh yang bisa kalian konsumsi untuk meredakan stres dan perasaan cemas. Meminum seduhan teh tersebut sangat tepat di kala situasi pandemi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Jenis Teh Termahal yang Ada di Dunia, Tertarik Membelinya?

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya