Comscore Tracker

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnya

Aromanya bisa memperbaiki suasana hati yang buruk

Teh dapat menjadi minuman alternatif selain kopi untuk menemani aktivitas harian. Terdapat banyak jenis teh yang bisa kamu nikmati, di antaranya adalah teh chamomile. 

Teh chamomile merupakan teh yang menggunakan kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang karena telah dikonsumsi sejak zaman Mesir kuno. Di Jepang, bunga chamomile dikenal sebagai obat sejak dulu.

Teh dari bunga Matricaria chamomilla ini memang punya beragam manfaat, dari mengurangi depresi hingga dapat membuat tidur jadi lebih lelap. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Bikin tidur jadi lelap

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnyamedicalnewstoday.com

Aroma khas yang dihasilkan oleh bunga Matricaria chamomilla dapat menjadi penenang saraf dan membuat perasaan lebih tenang.

Meminum secangkir teh chamomile di pagi dan siang hari bisa membuat tubuh kamu jadi lebih hangat, mengurangi rasa lelah, dan menenangkan pikiran. Minum teh ini di malam hari juga bisa membuat tidur jadi lebih lelap.

2. Mengatasi gangguan pencernaan 

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnyapresspage.com

Teh chamomile dipercaya dapat menjadi penenang untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Kandungan coumarin dalam bunga chamomile sangat baik memperbaiki mukosa lambung. Selain itu, efek menenangkan dalam teh chamomile timbul karena adanya senyawa apigenin yang terdapat pada reseptor spesifik, yaitu benzodiazepine.

Baca Juga: Selain Chamomile, Bunga Ini Juga Bisa Kamu Jadikan Sajian Lezat Lho

3. Meringankan reaksi alergi

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnyapixabay.com/StockSnap

Khasiat chamomile untuk menghangatkan badan bisa berguna juga saat kamu mengalami gejala flu. Efek hangat teh chamomile dapat meringankan gejala flu serta menghirup uapnya bisa mengurangi demam dan hidung tersumbat.

Dalam secangkir teh chamomile terdapat kandungan bahan aktif azulene untuk mengurangi reaksi alergi dan sebagai anti inflamasi.

4. Meredakan stres dan rasa cemas

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnyapexels.com/elijahsad

Ketika bunga chamomile diseduh menjadi teh, saat diminum akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Secangkir teh chamomile dapat meredakan stres dan rasa cemas. Selain itu juga bisa memperbaiki mood kamu ketika mengalami kejenuhan setelah seharian bekerja.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh Chamomile Bikin Hidup Lebih Lama? Ternyata Ini 5 Khasiatnyapixabay.com/congerdesign

Teh chamomile mengandung anti bakteri yang menyerap racun. Sistem imun dan kekebalan tubuh akan bertambah jika teh chamomile rutin dikonsumsi.

Senyawa fenolik yang terdapat dalam teh chamomile membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal infeksi. Senyawa lain yang juga terdapat pada teh chamomile juga melawan flu dan sinus.

Begitulah beragam manfaat teh chamomile. Kalau kamu bosan dengan rasa teh yang biasa, kamu bisa mencoba menikmati teh chamomile sekaligus merasakan efeknya untuk kesehatan. 

Baca Juga: 5 Jenis Teh Aneka Warna yang Berasal dari Kelopak Bunga

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya