Comscore Tracker

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!

Diet mulai sekarang, bukan besok!

Menjaga asupan kalori ke tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga dan menjaga pola makan seimbang. Seakan gampang, kendala di tengah komitmen ada saja. Terutama godaan makanan junk food.

Gak heran, karena junfood  memang sangat enak dan mudah didapatkan. Variannya pun sangat kaya. Tapi, mau bagaimana pun juga, kita harus tetap membatasi diri dari makanan "jahat" tersebut. Kalau kamu sering merasa kesulitan, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Perbaiki menu sarapanmu

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!pixabay.com/Gueotoy

Sarapan dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sehingga dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, menu sarapan yang baik dapat membuat tubuhmu tidak mudah kelaparan. Misalnya seperti mengganti nasi dengan dengan karbohidrat komplek seperti kentang.

Kelaparan yang disebabkan karena tidak sarapan akan mendorong keinginan untuk makan makanan cepat saji. Kamu bisa mencegah keingananmu itu dengan menambahkan segelas susu rendah kalori, usai sarapan agar rasa kenyangmu awet.

2. Sediakan makanan berserat dan camilan 

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!today.com

Meski telah makan pagi, perasaan lapar sering muncul sebelum makan siang. Kamu bisa mengantisipasi rasa lapar ini dengan menyiapkan makanan berserat tinggi. Misalnya sayuran, oat, buah, atau segelas yogurt. Selain memberikan rasa kenyang, makanan berserat juga efisien untuk melancarkan sistem pencernaan. Harganya pun lebih murah dibanding harus membeli junk food.

3. Perbanyak minum air putih

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!vowtoguide.voweurope.com

Kamu  juga bisa meneguk air putih lebih banyak. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan sensasi kenyang. Bisa pula menambahkan buah-buahan kaya vitamin ke dalam air putihmu alias infused water. Tinggal memasukkan lemon, timun, atau stawberi, air putih jadi terasa lebih menyegarkan.

Baca juga: 5 Menu Snack Enak Ini Gak Bikin Gemuk Lho, Mau Coba?

4. Buat catatan makanan yang telah kamu konsumsi

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!ywclub.com

Catatlah apa saja makanan yang masuk ke dalam perutmu sejak bangun tidur. Mulai dari menu sarapan, cemilan, beberapa gelas jus atau minuman manis, semuanya perlu dicatat. 

Sehingga, kapan pun hasrat membeli junk food  itu muncul, lihatlah catatan makananmu. Kalau kamu benar-benar diet, kamu senantiasa akan merasa "berdosa" ketika ingin membelinya. Karena asupan kalori yang sangat tinggi.

5. Atur media sosialmu

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!komando.com

Kalau lapar perut sudah teratasi, sekarang tinggal lapar mata. Hati-hati dengan iklan penyedia makanan cepat saji. Tak bisa dipungkiri kalau kita sering ngiler melihat makanan-makanan cantik dan menggoda. Bisa dipastikan, hasrat ingin membeli dan menikmati makanan tersebut muncul seketika.

Cobalah setop melihat akun-akun Instagram yang menampilkan makanan cepat saji dan berkalori tinggi. Biar hidupmu makin aman dan tenteram. Hehehe...

6. Cobalah belajar memasak 

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!motherbabychild.com

Jika segala macam cara di atas tidak berhasil, cobalah untuk membuatnya sendiri. Dengan begitu, kamu bisa tahu bahan yang ada dalam masakanmu. Ingat, jangan tambahkan banyak penyedap, pewarna, apalagi pengawet, ya!

7. Cari partner yang bisa mengingatkan kamu

7 Trik Sukses biar Cepat Move On dari Junk Food, Coba Deh!pixabay.com/Werner Heiber

Motivasi untuk diet seringkali naik turun. Kadang kita sangat bersemangat, tapi sering juga luntur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memiliki partner diet yang siap "menjewermu" ketika jajan sembarangan.

So, gak ada alasan lagi, kan untuk memulai gaya hidup lebih sehat!

Baca juga: 6 Rahasia Hidup Sehat dan Kece ala Taylor Swift, Bisa Ditiru Nih!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya