Comscore Tracker

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!

Pengennya kurus, jadi tambah gemuk

Dari berbagai penelitian, tubuh seorang vegetarian atau vegan dinilai lebih ideal dibandingkan orang yang memakan daging. Hal ini membuat diet vegan atau diet produk hewani menjadi pertimbangan untuk menurunkan berat badan.

Namun, banyak juga yang tidak berhasil menurunkan berat badan meski telah menjadi seorang vegetarian atau vegan. Ternyata, beberapa kebiasaan mereka masih salah. Seperti di bawah ini:

1. Meminum terlalu banyak kalori

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!961theeagle.com

Banyak produk minuman yang mengklaim lebih efektif dikonsumsi saat diet dan tidak menggunakan olahan susu sapi. Seperti jus kemasan, sari air kelapa, teh less sugar, smoothies, dan sebagainya. 

Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bahwa minuman mengandung lebih banyak kalori, meski telah dilabeli less sugar. Lebih baik kamu mengonsumsi air putih, teh tanpa pemanis buatan, infused water, ataupun air kelapa asli, bukan kemasan.

2. Vegan sih...tapi makan junk food

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!wuorn.co.uk

Banyak produk frozen food  atau junk food yang menyediakan menu untuk para vegetarian. Salah satunya yang paling terkenal adalah nugget sayuran, kentang goreng, dan sebagainya. Yang menjadi permasalahan bukan sayurannya.

Persoalannya adalah kandungan di dalam makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Seperti kadar pengawet, garam, dan penyedap rasa yang cukup tinggi. Nutrisi dan seratnya pun telah banyak berkurang. Hal ini bisa membuatmu makin gemuk.

Baca juga: 5 Rahasia Ini Harus Kamu Tahu Sebelum Jadi Vegetarian

3. Porsi yang berlebihan

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!lifeofpix.com/leeroy

Meski telah menghindari konsumsi daging, bukan berarti diperbolehkan makan terlalu banyak. Alih-alih untuk mengganti protein yang didapatkan dari daging. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung serat tinggi supaya kenyangnya awet. Seperti sayuran, kacang-kacangan, alpukat, apel, dan sebagainya.

4. Makan tidak teratur

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!pexels.com/Bruce Mars

Mengatur waktu makan sangat penting untuk mengurangi berat badan, baik yang sedang diet vegan atau cara lainnya. Mengonsumsi sedikit makanan di pagi hari, kemudian tidak makan siang, akan membuat kamu kelaparan saat malam.

Bisa ditebak, kamu akan menginginkan lebih banyak kalori saat malam hari. Kalau sudah begini, jangan berharap mendapatkan tubuh ideal ya. 

5. Tidak mendapatkan protein yang cukup

Awas, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Diet Veganmu Gagal Lho!comebackmomma.com

Dalam sehari, seseorang membutuhkan 60 gram protein. Protein biasanya didapatkan dari daging. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe, bayam, oat, edamame, dan lain sebagainya.

Intinya adalah konsistensi dan menjaga asupan nutrisi. Jangan sampai kamu "balas dendam" mencari kalori lain selain daging. Karena dietmu akan sia-sia.

Baca juga: Gak Cuma Daging, 5 Makanan Harus Dihindari Vegetarian

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya