Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Protein

Rasanya lezat bikin susah lupa #LokalIDN

Menikmati ragam kuliner Indonesia memang tak akan ada habisnya. Bentuknya yang unik dan cita rasanya yang khas dan nikmat selalu membuat penasaran ingin mencicipnya.

Salah satunya adalah kuliner dari daerah yang dikenal dengan keindahan alam dan hasil lautnya berupa ikan segar yaitu Natuna. Berikut 6 kuliner khas natuna yang terbuat dari hasil laut. Wajib kamu coba.

1. Tabel mando

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteingenpi.id

Kuliner tabel mando bisa disebut dengan pizzanya Natuna. Berbentuk bulat besar dan agak pipih, makanan ini terbuat dari daging ikan tongkol, ikan tuna, kepiting, atau gurita, yang dicampur dengan sagu butir dan kelapa muda parut. Tabel mando dimasak dengan menggunakan sedikit minyak dan dipanggang hingga matang.

Rasa yang dihasilkan begitu nikmat dan tentu kaya akan protein. Kuliner tabel mando ini selalu menjadi incaran dan favorit para wisatawan.

Di saat cuaca sedang tidak bersahabat seperti adanya cuaca buruk angin kencang, tabel mando menjadi makanan pokok pengganti, karena keterlambatan sembako yang masuk akibat gelombang tinggi.

2. Kernas

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteinkitchenofindonesia.com

Kernas merupakan makanan khas Natuna dengan bentuk kepingan bulat sepeti cookies dan terdapat buliran sagu di permukaan maupun di dalamnya. Kuliner ini juga tidak kalah lezat dengan tabel mando. Terbuat dari bahan utama dari ikan laut segar dan sagu, kernas memiliki tekstur yang empuk.

Sangat sayang jika sedang mengunjungi Natuna tidak mencicipi kernas. Kuliner lezat ini sangat mudah dijumpai di lokasi wisata pantai Teluk Selahang atau pantai Tanjung.

 

3. Calok

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteinkitchenofindonesia.com

Untuk kamu pencinta pedas, kamu bisa mencoba calok, yaitu kuliner Natuna yang terbuat dari udang kecil yang sudah difermentasi dan dibumbui cabai, garam, dan gula saja. Meskipun terbuat dari bahan sederhana, rasa dari makanan calok ini bikin nagih. Terlebih jika disantap dengan nasi hangat, rasanya semakin mantap.

Kuliner ini juga tidak mudah basi. Calok memiliki masa kadaluarsa selama satu bulan sejak calok dikemas sehingga kamu bisa membawanya sebagai oleh - oleh khas Natuna.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Natuna, Banyak yang Gratis

4. Pedek

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteindisparbud.natunakab.go.id

Pedek adalah kuliner Natuna sejenis sambal yang terbuat dari ikan bilis atau teri yang diasinkan. Masyarakat Natuna menyajikan pedek bersama dengan nasi hangat dengan lauk pauk lainnya.

Tidak lengkap rasanya jika menyantap makanan pokok tanpa ada pedek sebagai pelengkap yang menambah kenikmatan makanan.

5. Lempar

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteinkitchenofindonesia.com

Dilihat dari bentuknya, tentu saja tidak asing karena mirip dengan jajanan pasar yaitu kue lemper. Hanya saja kue lempar khas Natuna ini terbuat dari beras ketan dan parutan singkong yang di dalamnya diisi sejenis abon ikan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang atau diasapkan.

6. Tongkol asap

6 Kuliner Khas Natuna Berbahan Hasil Laut, Lezat dan Kaya Proteinwww.antarafoto.com

Tongkol asap adalah kuliner favorit masyarakat dan wisatawan Natuna. Hampir semua masyarakat Natuna membuat tongkol asap setiap harinya.

Untuk menghasilkan tongkol asap yang berkualitas dengan cita rasa yang khas, lezat dan tidak berbau amis, ikan tokol asap diolah melalui proses pengasapan selama satu hingga dua jam.

Selain memiliki rasa yang nikmat, Ikan tongkol asap ini juga sangat awet alias tidak mudah basi sehingga bisa dijadikan oleh - oleh khas Natuna.

Itu dia ke enam kuliner favorit masyarakat Natuna sekaligus wisatawan yang sayang kalo dilewatkan untuk dicicipi saat sedang mengunjungi Natuna. Awas bikin kamu ketagihan ya!

 

 

Baca Juga: 5 Cafe di Makassar Ini Memiliki View Pantai dan Laut, Bikin Betah

Cocochip Safitri Photo Verified Writer Cocochip Safitri

Just out the think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya