Comscore Tracker

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!

Bisa diolah jadi berbagai menu makanan lezat!

Masyarakat Tionghoa memang sangat gemar sekali mengonsumsi mie yang menjadi makanan utama mereka sebagai sumber karbohidrat. Karena alasan itulah yang membuat negara Tirai Bambu ini mempunyai beranekaragam jenis mie yang berasal dari berbagai wilayah di Tiongkok.

Nantinya mie-mie tersebut akan diolah ke beberapa hidangan yang nikmat dengan dipadukan dengan berbagai bahan lainnya dengan tekstur dan rasa yang berbeda-beda serta dibanderol dengan harga yang bervariasi.

Inilah lima jenis mie yang paling populer di kalangan masyarakat Tionghoa.

1. Mixian

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!my.openrice.com

Mixian merupakan mie sejenis bihun yang berasal dari provinsi Yunnan, Tiongkok. Berbeda dengan kebanyakan bihun yang ada di Indonesia, mixian mempunyai bentuk yang lebih bulat dengan ketebalan sedang serta tekstur yang halus.

Jenis mie ini memiliki cita rasa yang mirip dengan kacang. Masyarakat Tionghoa sering mengolah mixian ke dalam beberapa jenis masakan seperti tumis dan berkuah.

Salah satu hidangan paling populer di Tiongkok yang menggunakan jenis mie mixian adalah guo qiao mixian di mana hidangan ini menggunakan kuah kaldu.

2. Misua

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!lolakusinera.com

Misua tidak hanya populer di kalangan masyarakat Tionghoa, namun juga sangat disukai oleh masyarakat Taiwan, Singapura dan Filipina. Misua merupakan tipe mie yang dapat matang dengan cepat sehingga sering dimasukan ke dalam hidangan sup. Beberapa bahan-bahan masakan juga sangat cocok dikombinasikan dengan misua di antaranya adalah  jamur, sayur-sayuran, dan tahu.

Misua berasal dari wilayah Fujian di mana mie ini melambangkan umur yang panjang. Oleh karena itu, misua sering disajikan pada saat perayaan ulang tahun.

Baca Juga: 5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantong

3. Mung bean sheets

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!healthynibblesandbits.com

Dari segi penampilan, mung bean sheets memiliki bentuk yang terlihat transparan. Jenis mie ini terbuat dari tepung tapioka dan berasal dari wilayah Shandong.

Berbeda dengan kebanyakan mie lainnya, saat proses pembuatan mung bean sheet, adonan dibentuk datar seperti lembaran dengan ketebalan yang sangat tipis lalu dipotong-potong. Memiliki rasa yang netral, mung been sheet sangat cocok ditambahkan ke dalam beberapa jenis hidangan seperti tumis, semur, hingga salad.

4. Mai fun

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!chinasichuanfood.com

Mai fun merupakan jenis mie yang mempunyai tekstur kering dan kenyal. Oleh karena itu mie ini sangat cocok dimasukan ke dalam beberapa jenis masakan termasuk tumis.

Salah satu hidangan paling populer yang menggunakan mai fun sebagai bahan utamanya adalah mie singapura yang sering dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya seperti telur, udang dan sayur-sayuran.

Di Vietnam kamu juga menemukan hidangan yang memakai jenis mie mai fun yaitu bun bo hue.

5. Yi mein

5 Jenis Mie Paling Populer di Tiongkok, Tekstur dan Rasa Bervariasi!m.hyqxbjgs.com

Di antara banyaknya jenis mie yang berasal dari negara Tiongkok, yi mein merupakan mie berkualitas premium yang dijual dengan harga yang cukup mahal. Tingginya harga dari yi mein dikarenakan pembuatan mie ini memakan waktu yang cukup lama serta proses yang melelahkan.

Yi mein memiliki tekstur yang sangat kenyal dan rasa yang nikmat. Biasanya masyarakat Tionghoa menyajikan yi mein saat perayaan-perayaan besar serta penjamuan tamu-tamu khusus.

Nah, itulah beberapa jenis mie yang paling populer di kalangan masyarakat Tiongkok dengan bentuk dan cita rasa yang berbeda-beda. Dari kelima jenis mie lezat di atas, apakah kamu pernah mencoba salah satu dari jenis mie tersebut?

 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mie Shirataki, Mie Rendah Kalori yang Kaya Manfaat

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya