Comscore Tracker

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!

Ada yang sudah pernah kamu cicip?

Pisang memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan di antaranya sebagai pelancar metabolisme serta memperkuat kekebalan tubuh. Buah yang banyak tumbuh di daerah-daerah tropis ini dikenal memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari ukuran, warna dan dimana buah ini berasal. Selain itu, setiap jenis pisang memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda.

Sering dijadikan sebagai makanan camilan hingga diolah ke berbagai jenis hidangan sehat, inilah lima jenis pisang paling populer di dunia yang memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

1. Pisang canvedish

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!phys.org

Pisang canvedish merupakan jenis pisang yang paling disukai oleh banyak orang di dunia. Hal ini dikarenakan pisang canvedish mempunyai ukuran yang besar dan panjang serta cita rasa yang manis dan lembut. Selain itu, pisang canvedish sangat mudah sekali dijumpai di banyak supermarket maupun pasar tradisional.

Dari segi bentuk, buah ini memiliki warna yang kuning matang sempurna dan akan berubah dalam beberapa hari menjadi warna kuning tua dengan bintik-bintik cokelat. Namun, biasanya pisang canvedish sering dijual saat masih berwarna hijau atau belum matang dengan sempurna.

2. Pisang apel

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!rove.me

Pisang apel berasal dari wilayah kepulauan Hawaii, Amerika. Buah ini juga mempunyai nama lain yaitu candy apple banana karena memiliki rasa yang sangat manis layaknya permen.

Pisang apel memiliki tekstur daging yang sangat padat dengan warna kulit kekuningan jika telah matang. Jenis pisang ini sangat cocok sekali disajikan sebagai campuran salad atau hidangan penutup lainnya. Pisang apel banyak sekali tumbuh di daerah-daerah hutan tropis di sekitaran pulau Hawaii.

Baca Juga: 7 Manfaat Memakan Pisang dengan Bintik Hitam untuk Kesehatan Tubuh

3. Pisang manzano

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!walmart.com

Pisang manzano mempunyai rasa yang lebih manis ketimbang pisang canvedish. Buah ini banyak tumbuh wilayah Amerika bagian selatan, Meksiko dan Karibia.

Pisang manzano memiliki ukuran yang lebih pendek dan gemuk serta kulit berwarna kuning muda kemudian akan berubah kehitaman saat matang sepenuhnya. Dari segi kelezatan, banyak orang yang menilai bahwa pisang manzano memiliki perpaduan cita rasa yang mirip dengan buah apel dan stroberi.

4. Pisang burro

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!miamifruit.org

Pisang burro merupakan jenis pisang paling unik jika dibandingkan dengan banyak jenis pisang yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan pisang burro mempunyai rasa asam manis yang mirip buah lemon dengan aroma yang tajam.

Pisang burro memiliki bentuk kulit luar yang lebih datar mirip persegi serta ukuran yang lebih kecil ketimbang pisang canvedish. Pisang ini mempunyai daging berwarna krem serta tekstur yang lebih padat pada bagian tengah.

5. Pisang plantain

5 Jenis Pisang Paling Populer di Dunia, Rasa dan Bentuk Bervariasi!foodrepublic.com

Pisang plantain disebut juga dengan julukan cooking banana dikarenakan jenis pisang ini sering sekali dijadikan bahan masakan ke beberapa jenis hidangan yang lezat. Buah ini mempunyai kandungan pati yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pisang plantain merupakan makanan pokok di negara-negara Afrika bagian barat dan tengah. Berbeda dengan jenis pisang lainnya yang dapat dipanen saat masih muda, pisang plantain harus dipanen saat telah matang sepenuhnya.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis pisang yang paling populer di dunia. Memiliki bentuk serta cita rasa yang berbeda-beda membuat mereka memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri saat dinikmati.

Baca Juga: Resep Bikin Lumpia Pisang Cokelat, Lumer di Setiap Gigitannya

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya