Comscore Tracker

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin Nagih

Ada yang pernah coba?

Menikmati kuliner di Cyprus jangan lupa untuk mencicipi berbagai menu dessert-nya yang lezat. Sebagian besar hidangan dessert khas Cyprus memiliki tampilan menarik serta rasa manis yang mendominasi. Selain cocok disantap sebagai makanan penutup, kamu juga dapat menikmatinya sebagai camilan ketika sedang bersantai.

Diolah dengan menggunakan resep tradisional yang telah diwariskan secara turun-temurun, inilah lima menu dessert khas Cpyrus yang dijamin akan membuatmu ketagihan!

1. Loukoumi geroskipou

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin NagihLoukoumi geroskipou (instagram.com/anemi_suites)

Sesuai namanya, loukoumi geroskipou berasal dari wilayah Geroskipou, Cyprus. Makanan ini dikenal akan cita rasanya yang manis dikarenakan bahan baku utamanya terbuat dari gula yang ditambahkan dengan berbagai ekstrak rasa seperti jeruk, stroberi, mint, nanas, cokelat, lemon dan masih banyak lagi. Loukoumi geroskipou memiliki tampilan yang menarik dengan warna-warna cerah dan berbentuk kotak.

Loukoumi geroskipou pertama kali dibuat pada tahun 1895 oleh seorang warga Cyprus yang bernama Sophocles Athanasiou. Dibutuhkan teknik khusus dan waktu yang cukup panjang untuk membuatnya.

2. Shamishi

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin NagihShamishi (instagram.com/cookitwithyioti)

Dari sekian banyaknya menu dessert khas Cyprus, Shamishi yang paling digemari karena rasanya yang bikin ketagihan. Hidangan ini mirip kue goreng yang di dalamnya diisi dengan sweet semolina paste. Saat disajikan, bagian atas shamishi ditaburi dengan gula bubuk dan kayu manis bubuk untuk memberikan aroma yang khas.

Sedangkan asal asul resep shamishi diyakini berasal dari para imigran Turki yang menetap di wilayah Cyprus pada masa kesultanan Ottoman. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 5 Hidangan Mie Khas Kyushu yang Dijamin Bikin Nagih, Kuliner Andalan!

3. Loukoumades

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin NagihLoukoumades (instagram.com/marys_gramm)

Kelezatan loukoumades membuat makanan ini sangat terkenal hingga ke negara Yunani dan Turki. Proses pembuatannya pun terbilang mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan sederhana seperti tepung, gula, ragi dan garam.

Setelah semua bahan tercampur menjadi adonan kemudian dibentuk menyerupai bola-bola kecil lalu digoreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Secara tradisional, loukoumedes disajikan dengan sirup atau madu.

4. Macun

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin NagihMacun (instagram.com/cyprusmemories)

Macun merupakan hidangan dessert paling sederhana dari segi penyajian dibandingkan dengan menu dessert khas Cyprus lainnya. Makanan ini hanya terdiri dari beberapa kacang walnut yang direndam dalam sirup.

Namun, walnut tersebut telah direndam selama kurang lebih satu minggu dalam sirup sehingga teksturnya menjadi sangat lembut ketika disantap. Selain walnut, masyarakat Cyprus ada juga yang memakai berbagai macam buah-buahan untuk membuat macun di antaranya buah ara dan labu.

5. Sutlac

5 Hidangan Dessert Khas Cyprus yang Dijamin Bikin NagihSutlac (instagram.com/sinacafedogalurunler)

Bagi kamu penggemar puding maka sutlac menjadi hidangan dessert yang patut dicoba saat berkunjung ke Cyprus. Puding ini terbuat dari beras yang memiliki cita rasa manis dan menyegarkan. Sutlac selalu disimpan di lemari es dan disajikan dalam keadaan dingin agar terasa lebih fresh saat menyantapnya.

Kamu bisa menemukan sutlac di restoran, toko roti hingga supermarket yang ada di Cyprus. Dengan teksturnya yang lembut, makanan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah dengan pencernaan.

Nah, itulah beberapa hidangan dessert khas negara Cyprus yang didominasi rasa manis. kamu juga dapat menikmati hidangan di atas sebagai camilan ketika sedang bersantai.

Baca Juga: 5 Museum Hits di Cyprus, Tempat Berwisata Sekaligus Belajar

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya