Comscore Tracker

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!

Rasa gurihnya bikin nagih

Sebagai salah satu negara produsen keju terbesar di dunia, masyarakat Amerika dikenal sangat piawai dalam mengolah keju ke berbagai jenis hidangan yang lezat.

Dengan tampilan yang beranekaragam, kebanyakan makanan keju khas Amerika sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan atau hidangan pembuka dikarenakan memiliki porsi yang tidak terlalu besar.

Dapat dengan mudah dijumpai di berbagai restoran atau warung street food pinggir kota, inilah lima jenis hidangan khas Amerika yang terbuat dari olahan keju.

1. Arizona cheese crisp

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!Arizona cheese crisp (whatsgabycooking.com)

Dari mendengar namanya dapat ditebak bahwa Arizona cheese crisp berasal dari wilayah Arizona, Amerika.

Makanan ini terbuat dari tepung tortilla yang di bagian atasnya diolesi dengan mentega serta diberi keju parut. Biasanya keju yang digunakan untuk pembuatan Arizona cheese crisp merupakan jenis keju cheddar, oaxaca, dan monterey jack yang dikenal akan kelezatannya. Setelah bahan-bahan diletakan di atas panci yang panas, tunggu hingga adonan menjadi renyah.

Arizona cheese crisp dikenal dengan teksturnya yang garing dan juga dapat dicampurkan dengan bawang, paprika, dan udang.

2. Flaming saganaki

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!Flaming saganaki (allrecipes.com)

Flaming saganaki merupakan hidangan appetizer atau pembuka yang paling populer di Amerika.

Makanan ini memiliki cara pembuatan yang cukup menarik dikarenakan keju dibakar di atas wajan yang panas kemudian diberi air perasan lemon. Akan tetapi, ketika memasak flaming saganaki, kamu harus menggunakan teknik flaming agar keju terbakar secara rata pada bagian atasnya.

Hidangan ini berasal dari wilayah Chicago yang ditemukan pada tahun 1968 di sebuah restoran terkenal yang bernama The Parthenon.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Khas Amerika Serikat yang Populer, Inspirasi Menu Baru!

3. Cheese fries

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!Cheese fries (cookpad.com)

Pada dasarnya, cheese fries merupakan hidangan paling sederhana yaitu french fries atau kentang goreng yang di atasnya disiram dengan keju meleleh. Popularitas dari makanan ini meningkat sejak tahun 1952 ketika banyaknya produsen keju yang berdiri di Amerika.

Cheese fries sering disajikan dengan beberapa hidangan lainnya seperti salad, steak dan lain-lain. Makanan ini termasuk jenis sajian fast food yang hampir tersedia di seluruh restoran yang ada di Amerika.

4. Mac and cheese

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!Mac and cheese (allrecipes.com)

Dengan lezatnya perpaduan antara pasta dan keju yang meleleh membuat mac and cheese banyak disukai oleh masyarakat Amerika.

Untuk penggunaan pasta dalam hidangan ini memakai jenis pasta macaroni dengan bentuk melengkung. Sedangkan untuk keju, menggunakan jenis keju cheddar.

Dalam beberapa variasi mac and cheese juga ditambahkan topping seperti berbagai jenis sayuran, remah roti dengan tekstur renyah, truffle hingga lobster dan kepiting.

5. American grilled cheese

5 Hidangan Olahan Keju Asal Amerika dengan Cita Rasa Lezat, Lumer!American grilled cheese (bettycrocker.com)

Biasa disajikan pada saat sarapan pagi, American grilled cheese memiliki cara penyajian yang sangat mudah dan cepat.

Untuk proses pembuatannya, kamu hanya menyiapkan beberapa potong roti, mentega, dan beberapa lembar keju cheddar. Setelah itu, letakkan lembaran keju di antara dua roti yang telah diolesi mentega pada bagian luarnya kemudian dipanggang. Tunggu warna dari permukaan roti menjadi cokelat keemasan lalu siap untuk disajikan.

Nah, itulah beberapa makanan dari olahan keju khas Amerika yang lezat. Dengan sensasi keju yang meleleh tentunya hidangan di atas wajib dicoba bagi kamu para pencinta keju.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya