Comscore Tracker

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!

Cocok buat lidah semua orang!

Kosta Rika memiliki banyak menu seafood menggiurkan yang terbuat dari berbagai hasil laut mulai dari ikan, udang, kerang, dan lain-lain. Selain menawarkan cita rasa yang lezat, hidangan seafood khas Kosta Rika dikenal akan kandungan gizi dan proteinnya yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Seafood masuk dalam menu makanan eksklusif yang sering disantap pada jamuan makan malam. Berikut lima hidangan seafood khas Kosta Rika yang patut untuk kamu coba!

1. Arroz con camarones y pollo

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!Arroz con camarones y pollo (instagram.com/chefboyrdena)

Arroz con camarones y pollo merupakan hidangan seafood yang terdiri dari nasi, udang, dan ayam. Untuk membuat hidangan ini, kamu harus menyiapkan beberapa bahan di antaranya beras, ayam, udang, tomat, bawang, cabai, ketumbar, garam, dan pasta achiote. Sementara, beras dimasak dengan memakai air bekas rebusan udang dan ayam agar memiliki aroma yang khas.

Setelah itu, nasi dimasak dengan mencampurkan bahan-bahan lainnya selama beberapa menit. Arroz con camarones y pollo termasuk hidangan yang mengenyangkan dan sering disajikan dengan berbagai jenis sayuran.

2. Pargo relleno

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!Pargo relleno (instagram.com/altocorte.co)

Pargo relleno dikenal sebagai hidangan yang tinggi protein karena terbuat dari jenis ikan kakap merah. Proses pembuatannya, ikan yang telah dibersihkan kemudian dilumuri dengan garam, bawang putih, perasan air lemon dan merica, lalu didiamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bagian perut ikan diisi dengan daging kerang, udang dan irisan bawang.

Tahap terakhir adalah ikan diolesi dengan minyak, lalu dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Kelezatan pargo relleno membuatnya juga digemari hingga ke negara Kuba.

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Belgia yang Wajib Dicoba, Tinggi Protein

3. Ceviche tico

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!Ceviche tico (instagram.com/porque_aprendi_a_hacer_ceviche)

Masyarakat Kosta Rika biasa menyajikan ceviche tico sebagai appetizer. Hidangan ini berupa potongan daging ikan mentah yang dibumbui dengan perasan air lemon, cabai, ketumbar, dan bawang merah. Sebelum disajikan, ceviche tico disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas selama beberapa jam.

Ceviche tico selalu disantap dalam keadaan dingin bersama crackers atau pisang rebus di sampingnya. Hidangan ini sangat mudah dijumpai di banyak restoran seafood di Kosta Rika.

4. Fish taco

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!Fish taco (instagram.com/nicolejcooks)

Taco merupakan makanan paling populer di negara-negara latin di benua Amerika dan memiliki banyak varian. Pada umumnya, taco terdiri dari kulit tortila yang diisi potongan daging sapi dan berbagai jenis sayuran. Untuk fish taco versi Kosta Rika isiannya memakai daging ikan yang telah dibumbui dengan rempah khusus.

Sedangkan jenis ikan yang diolah dapat menggunakan ikan mahi-mahi, salmon dan kakap. Fish taco termasuk makanan seafood terjangkau yang banyak dijual di daerah asalnya, Jaco.

5. Casado

5 Hidangan Seafood Khas Kosta Rika yang Paling Populer, Lezat!Casado (instagram.com/costaricadreamadventures)

Kepopuleran casado di kalangan masyarakat Kosta Rika membuatnya dijadikan sebagai hidangan nasional. Casado termasuk makanan seafood yang memiliki porsi besar yang terdiri dari nasi, kacang hitam, kentang, pisang raja, dan beberapa olahan hasil laut seperti ikan, kerang dan udang.

Namun, ada juga varian casado yang menambahkan telur goreng dan potongan alpukat sebagai pelengkap. Dalam bahasa Kosta Rika, casado memiliki arti menikah.

Beberapa hidangan seafood khas Kosta Rika di atas yang menawarkan rasa autentik. Selain itu, kelima hidangan di atas mengandung gizi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Hidangan Khas Kosta Rika yang Kelezatannya Tiada Dua, Nikmat Abis!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya