Comscore Tracker

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!

Kamu tertarik untuk mencobanya?

Brasil menjadi salah satu negara di benua Amerika Selatan yang memiliki berbagai macam kuliner menggiurkan. Hidangan Brasil banyak dipengaruhi oleh masakan Eropa dan Afrika sehingga menawarkan cita rasa yang khas. Di antara banyaknya jenis makanan yang dapat kamu cicipi saat berkunjung ke Brasil, hidangan sup paling direkomendasikan.

Memiliki tampilan penyajian yang menggugah selera serta terbuat dari berbagai jenis daging dagingan, inilah lima jenis sup khas Brasil yang cocok disantap saat cuaca dingin.

1. Sopa leao veloso

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!sopa leao veloso (instagram.com/mexilhaorestaurante)

Sopa leao veloso masuk dalam menu seafood yang sangat populer di Brasil. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemui di seluruh restoran yang terdapat di wilayah pesisir pantai di Brasil.

Sopa leao veloso merupakan jenis masakan sup yang bahan utamanya memakai daging ikan kerapu dan kerang. Selain itu, sup ini dikenal akan cita rasa kuahnya yang pedas.

Sedangkan nama hidangan ini diambil dari sang peciptanya yaitu Leao Veloso yang berprofesi sebagai seorang diplomat. Ia mengubah resep sup terkenal asal Prancis yaitu bouillabaisse menjadi sopa leao veloso dengan menambahkan beberapa bahan.

2. Tacaca

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!tacaca (instagram.com/belemdopara2)

Tacaca memiliki cita rasa yang paling autentik jika dibandingkan dengan sup khas Brasil lainnya. Hal ini dikarenakan kuah tacaca terbuat dari berbagai jenis bumbu dan rempah tradisional khas Brasil seperti alfavaca dan tucupi.

Untuk sumber proteinnya, tacaca memakai udang berukuran besar. Dengan rasanya yang asam, akan membuat badanmu terasa segar setelah menyantapnya.

Hidangan ini berasal dari wilayah Belem dan sangat nikmat disantap pada malam hari. Secara tradisional, tacaca disajikan di dalam labu atau lebih dikenal dengan sebutan cuias.

Baca Juga: 5 Resep Sup Roti Khas Eropa, Referensi Sarapan yang Istimewa

3. Caldo de piranha

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!caldo de piranha (instagram.com/tocadatilapia13)

Mendengar nama hidangan ini dapat ditebak bahwa caldo de piranha menggunakan jenis ikan piranha yang memang banyak hidup di wilayah perairan air tawar di Brasil. Selain itu, kamu harus menyiapkan bawang bombay, tomat, ketumbar, peterseli, annato, cabai dan daun bawang untuk memasaknya.

Langkah pertama, daging piranha direbus terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan disaring untuk membuat kuah kaldu. Setelah itu, tumis bawang, cabai dan tomat dengan minyak lalu campurkan kuah kaldu beserta bahan-bahan lainnya. Kamu juga dapat menambahkan berbagai jenis sayur-sayuran.

4. Cabeca de galo

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!cabeca de galo (instagram.com/riqueza_nordestina)

Dalam bahasa Brasil, cabeca de galo memiliki arti kepala ayam jantan. Namun, sup ini tidak memakai bahan daging-dagingan, melainkan sayur-sayuran seperti tomat, bawang merah, dan paprika.

Oleh karena itu, cabeca de galo dapat dijadikan sebagai menu hidangan lezat bagi kamu yang vegetarian. Yang menjadikan sup ini spesial terletak pada tekstur kuahnya yang kental karena terbuat dari campuran air dan tepung ubi kayu.

Untuk rasa, cabeca de galo hanya dibumbui dengan garam, merica, dan annatto.

5. Moqueca

5 Hidangan Sup Khas Brasil dengan Tampilan Menggiurkan, Tinggi Gizi!moqueca (instagram.com/mikeronm)

Moqueca merupakan salah satu varian sup ikan khas Brasil yang dikenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Sedangkan untuk jenis ikan yang digunakan untuk membuat sup ini adalah ikan bass atau mahi-mahi yang dimasak dengan santan dan berbagai jenis bumbu dapur lainnya.

Sebagian besar masyarakat Brasil juga menambahkan potongan pisang raja ke dalam sup sebagai pelengkap. Moqueca biasanya disajikan dengan saus piri-piri agar kuahnya terasa lebih pedas.

Nah, itulah lima hidangan sup khas Brasil yang dikenal akan kelezatannya. Bagi kamu para penikmat sup, kelima hidangan di atas dapat dimasak sendiri di rumah untuk dijadikan menu sehari-hari.

 

Baca Juga: 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Brasil, Wajib Masuk Wishlist Liburan!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya