Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!

Rasa dan aromanya autentik lho

Norwegia memiliki beberapa jenis keju dengan tampilan lebih menarik jika dibandingkan dengan negara-negara produsen keju di benua Eropa lainnya seperti Swiss, Belanda dan Italia. Selain itu, tekstur, rasa dan aroma dari keju khas Norwegia mempunyai ciri khas tersendiri dikarenakan dibuat dari bahan-bahan berkualitas serta cara pengolahan dengan menggunakan teknik khusus.

Dengan proses pematangan yang bervariasi hingga memakan waktu selama enam bulan, inilah lima keju khas Norwegia yang paling terkenal yang patut untuk dicoba.

1. Ridder

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!Ridder (alpha-cook.com)

Ridder memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui dikarenakan keju khas Norwegia ini diciptakan oleh seseorang berkebangsaan Swedia yang bernama Sven Fenelius.

Bahan utama pembuatan ridder terbuat dari jenis susu sapi tanpa melalui tahap pasteurisasi. Sedangkan proses pematangannya membutuhkan waktu selama hampir tiga bulan untuk kualitas yang sempurna.

Dari segi tekstur dan rasa, keju ini dikenal dengan tekstur dalam yang lembut serta rasa yang manis. Yang uniknya, dalam bahasa Norwegia, ridder memiliki arti ksatria.

2. Gamalost

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!Gamalost (vice.com)

Bagi kamu yang mempunyai masalah dengan berat badan, gamalost merupakan produk keju yang paling tepat untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan keju ini memiliki kandungan lemak yang sangat rendah karena terbuat dari jenis susu skim yang diambil dari sapi. Selain itu, galamost juga dikenal dengan teksturnya yang kenyal dan padat serta memiliki aroma yang cukup menyengat.

Galamost merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Sogn Og Fjordane yang membutuhkan waktu cukup lama untuk proses pematangannya yakni 6 bulan.

Baca Juga: 6 Kue Kering Khas Norwegia Paling Enak, Bikin Makan Terus!

3. Kraftkar

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!kraftkar (tasteatlas.com)

Kraftkar merupakan jenis keju premium yang memiliki kualitas paling terbaik di antara banyaknya produk-produk keju khas Norwegia lainnya. Hal ini dapat dibuktikan ketika kraftkar pernah meraih gelar keju terbaik di dunia pada tahun 2016 yang diselenggarakan di negara Spanyol.

Kraftkar memiliki rasa, tekstur, dan warna yang sangat sempurna yang memikat hati banyak juri. Kraftkar merupakan jenis keju biru yang terbuat dari susu sapi yang berasal dari pertenakan di Desa Torjulvagen.

4. Brunost

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!Brunost (scandinaviastandard.com)

Jika dibandingkan dengan jenis keju pada umumnya yang berwarna kuning, brunost memiliki tampilan yang sangat berbeda dikarenakan keju ini mempunyai warna cokelat.

Keju brunost terbuat dari campuran susu kambing dan sapi yang kemudian direbus dengan gula khusus hingga warnanya berubah menjadi seperti karamel. Setelah itu, keju didiamkan hingga dingin dan siap untuk dipacking. Brunost memiliki tekstur padat dengan rasa yang manis.

5. Pultost

5 Jenis Keju Khas Norwegia yang Paling Terkenal, Mutu Terjamin!Pultost (cheeseprofessor.com)

Pultost masuk dalam daftar jenis keju tertua di Norwegia yang telah diproduksi selama berabad-abad. Keju ini dikenal dengan rasanya yang asam dan berasal dari wilayah Oppland.

Pultost terbuat dari susu skim sapi segar yang dicampur dengan bakteri laktat untuk proses fermentasi. Dulunya jenis keju ini diproduksi untuk masyarakat kalangan bawah dikarenakan harganya yang sangat murah. Biasanya masyarakat Norwegia mengonsumsi pultost bersama roti atau kentang rebus.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Norwegia yang paling terkenal. Dengan kualitas rasa yang bervariasi tentunya akan dapat diolah menjadi hidangan yang menggugah selera.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya