Comscore Tracker

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Dunia

Semuanya memiliki cita rasa yang khas!

Keju menjadi bahan makanan favorit bagi sebagian orang yang sering dicampurkan ke beberapa jenis hidangan. Selama ratusan tahun lamanya, beberapa produsen keju dari berbagai negara di Eropa telah berlomba-lomba untuk menciptakan jenis keju berkualitas tinggi dengan cara pengolahan yang unik dan rumit. Nantinya keju-keju tersebut akan dijual dengan harga tinggi untuk dijadikan hidangan-hidangan mewah.

Memiliki stok yang sangat terbatas serta terbuat dari berbagai jenis susu hewan seperti rusa, keledai dan sapi. Inilah lima jenis keju paling mahal di dunia yang dibanderol dengan harga fantastis.

1. Pule

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Duniamyfermentedfoods.com

Diproduksi di negara Serbia, keju pule terbuat dari susu keledai jenis balkan yang hidup di daerah cagar alam Zasavica. Dilansir dari laman Ventured, keju ini telah diproduksi sejak tahun 1700-an yang menggunakan resep turun temurun.

Yang membuat keju pule dibanderol dengan harga sangat tinggi adalah dibutuhkan 15 ekor keledai hanya untuk menghasilkan satu galon susu yang nantinya akan dijadikan bahan utama keju.

Untuk satu pon keju pule dijual dengan harga 600 Dollar AS atau setara Rp8.4 juta. Namun, di pasaran harga keju ini bisa melambung tinggi hingga 1300 Dollar AS atau setara dengan Rp17 juta.

2. Moose cheese

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Duniaventured.com

Moose cheese merupakan produk keju dari Moose House yang berada di wilayah Bjurholm, Swedia.

Keju ini terbuat dari susu rusa yang hidup di pertenakan Moose House milik dari keluarga Johansson. Sulitnya memeras susu rusa membuat tingginya harga moose cheese dipasaran yang mencapai Rp 7 juta untuk berat satu pon. Hal ini dikarenakan rusa hanya mengeluarkan susu pada bulan Mei hingga September.

Selain itu, moose cheese dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi dan memiliki kadar lemak 12 persen. Moose House merupakan satu-satunya penghasil moose cheese yang ada di dunia.

Baca Juga: 5 Keju Berkualitas dengan Teknik Olahan Unik dan Harga Fantastis

3. White stilton gold

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Duniaen.wikipedia.org

Hanya sebanyak enam produsen keju di wilayah Britania Raya yang mendapatkan lisensi untuk memproduksi jenis keju white stilton gold yang terdapat di tiga daerah berbeda yaitu Derbyshire, Leicestershire, dan Nottinghamshire.

Keju ini terbuat dari susu sapi berkualitas yang telah dipasteurisasi secara sempurna serta menggunakan teknik yang cukup rumit hingga menciptakan aroma dan rasa yang sangat khas. Sama dengan harga jenis keju moose, di pasaran keju stilton white gold dibanderol di kisaran harga Rp7 jutaan.

4. Ekstra old bitto

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Duniadopitalianfood.com

Keju bitto merupakan jenis keju premium yang paling populer di negara Tiongkok walaupun dibanderol dengan harga mahal yaitu sekitar Rp 1.9 juta untuk berat satu pon.

Dilansir dari laman Marketing91, keju bitto berasal dari negara Italia yang terbuat dari campuran susu sapi asal Swedia dan susu kambing orbic. Persediaan keju ini sangatlah langka di pasaran dikarenakan semakin lama keju ini disimpan semakin tinggi pula kualitas dan harganya.

Selain Tiongkok, keju bitto juga sangat disukai di negara Hong Kong.

5. Wyke farm cheddar

Kualitas Premium, Inilah 5 Jenis Keju Paling Mahal di Duniajanafoods.com

Sebuah perusahaan keju yang bernama Wyke Farm telah meluncurkan produk keju cheddar yang dijual dengan harga fantantis. Wyke Farm terletak di daerah Samorset, Britania Raya, yang telah berdiri sejak tahun 1860. Tingginya harga dari Wyke farm cheddar dikarenakan keju ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat yang membuatnya pernah memenangkan penghargaan sebagai keju dengan kualitas terbaik. Untuk satu pon wyke farm cheddar dipatok seharga Rp 2.8 juta.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis keju dengan harga paling mahal di dunia. Menawarkan kualitas tinggi, keju-keju tersebut sangat cocok dijadikan makanan istimewa untuk acara-acara spesial.

 

Baca Juga: 10 Macam Keju yang Terkenal di Negara Jerman, Lembut dan Creamy!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya