Comscore Tracker

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!

Buat asupan gizi di pagi hari

Israel memiliki berbagai jenis hidangan sarapan pagi dengan tampilan dan rasa yang menggugah selera. Selain itu, masyarakat Israel dikenal sangat memperhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan yang mereka konsumsi di pagi hari. Hal inilah yang membuat negara Israel sangat populer dengan hidangan sarapan paginya yang lezat sekaligus menyehatkan.

Memiliki porsi yang tidak terlalu besar serta terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan protein, inilah lima hidangan sarapan pagi khas Israel yang paling terkenal.

1. Jachnun

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!Jachnun (jamiegeller.com)

Jachnun merupakan hidangan tradisional yang paling terkenal di kalangan masyarakat Yahudi di negara Israel. Dulunya, makanan ini dibawa oleh sekelompok imigran Yahudi asal Yaman lalu mempopulerkannya di Israel.

Jachnun terbuat dari kombinasi beberapa jenis tepung, mentega, air, dan gula. Setelah adonan selesai, gulung hingga menjadi beberapa lapis kemudian diolesi dengan mentega.

Tahap terakhir dari pembuatan jachnun adalah proses pemanggangan pada suhu yang tidak terlalu panas. Biasanya jachnun disajikan pada menu sarapan pagi bersama telur rebus.

2. Matzah brei

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!Matzah brei (myjewishlearning.com)

Dengan cita rasanya yang lezat dan gurih, matzah brei menjadi menu hidangan sarapan pagi favorit di Israel.

Makanan ini terbuat dari campuran matzo flatbread dan telur yang digoreng secara bersamaan. Namun, sebelum matzo flatbread dimasak, kamu perlu merendamnya beberapa menit di dalam air agar teksturnya menjadi lunak dan dapat tercampur dengan telur.

Untuk menambah kenikmatan saat menyantap matzah brei, kamu bisa menambahkan beberapa bahan seperti yogurt, saos apel, krim asam, hingga selai buah.

Baca Juga: 5 Taman Nasional yang Paling Terkenal di Israel, Bisa buat Trekking!

3. Mandelbrot

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!Mandelbrot (toriavey.com)

Dalam bahasa Israel, mandelbrot memiliki arti roti almond di mana makanan ini menjadi menu sarapan pagi paling sederhana.

Mandelbrot terbuat dari tiga bahan utama yaitu tepung, telur dan kacang almond. Setelah bahan-bahan dicampurkan hingga menjadi satu adonan kemudian dipanggang di dalam oven.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, mandelbrot sering juga dpadukan dengan coklat, buah kering, dan berbagai jenis kacang lainnya.

4. Israeli breakfast

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!Israeli breakfast (myjewishlearning.com)

Israeli breakfast merupakan menu sarapan pagi yang mengenyangkan yang terdiri dari beberapa hidangan seperti salad, omelet, yogurt, ikan dan berbagai minuman jus. Israeli breakfast dapat dikatakan sebagai hidangan sarapan pagi dengan jumlah besar yang dapat di santap oleh beberapa orang.

Saat menu israeli breakfast ini disajikan kamu bisa memilih atau menyantap hidangan sesuai dengan seleramu. Biasanya israeli breakfast dapat ditemukan pada hotel-hotel di negara Israel.

5. Shakshuka

5 Menu Sarapan Pagi khas Israel yang Paling Terkenal, Kaya Nutrisi!Shakshuka (youmiam.com)

Dari sekian banyak hidangan sarapan pagi khas Israel dengan tampilan dan rasa yang menggugah selera, shaksuka menjadi yang paling terkenal. Hal ini dikarenakan hidangan ini sangat menyehatkan karena bahannya terdiri dari berbagai macam jenis sayuran dan telur.

Cara pembuatannya, tomat dihancurkan terlebih dahulu lalu dimasak hingga menjadi saus kental. Setelah tomat mendidih kemudian campurkan potongan paprika, sedikit cabai, bawang putih dan telur.

Nah, itulah beberapa hidangan sarapan pagi khas Israel yang paling favorit. Kelima menu di atas dapat dijadikan rekomendasi bagi kamu yang ingin mencoba membuat sarapan pagi dengan cita rasa yang berbeda.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea Berbahan Telur untuk Menu Sarapan Spesial 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya