Comscore Tracker

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!

Menggiurkan!

China menjadi destinasi favorit bagi para pecinta kuliner dari seluruh dunia yang berlibur di benua Asia. Berbagai hidangan lezat dapat dengan mudah dijumpai di Negeri Tirai Bambu tersebut yang menawarkan cita rasa autentik.

Salah satu jenis hidangan yang harus kamu coba saat berlibur di China adalah olahan udangnya yang memiliki tampilan penyajian menggugah selera. Dimasak dengan cara ditumis hingga digoreng dengan menggunakan resep yang telah turun temurun. Inilah lima olahan udang khas China yang paling populer.

1. Sichuan pepper prawn

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!sichuan pepper prawn (instagram.com/jess_cooking_journal)

Dari nama hidangan ini dapat ditebak bahwa sichuan pepper prawn berasal dari daerah Sichuan. Untuk proses pembuatannya, udang digoreng terlebih dahulu di dalam minyak panas hingga warna dagingnya berubah menjadi kemerahan. Setelah itu, campurkan beberapa macam bumbu-bumbu dapur, di antaranya bawang putih, minyak wijen, lada sichuan, jahe, garam, dan gula.

Jika dimasak dengan tepat maka daging udang tidak terlalu berminyak karena memakai metode memasak gan pian atau menggoreng kering. Sichuan pepper prawn sangat nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

2. Butterfly prawn

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!butterfly prawn (instagram.com/yummy_umami)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat butterfly prawns adalah membelah udang di bagian punggungnya kemudian dibentangkan agar menyerupai butterfly atau kupu-kupu. Proses selanjutnya, masukan udang ke dalam adonan yang terbuat dari tepung, baking soda, minyak wijen dan air.

Udang yang telah tercampur adonan lalu digoreng di dalam minyak panas hingga tekstur luarnya menjadi renyah. Butterfly prawn biasa disantap saat santai dan dinikmati dengan saos cabe.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!

3. Fried shrimp with longjing tea

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!fried shrimp with longjing tea (instagram.com/jadorecesmemoires)

Fried shrimp with longjing tea dikenal akan cita rasanya yang autentik dikarenakan proses pengolahannya yang terlihat unik. Hidangan ini menggunakan udang berukuran besar yang direndam dalam campuran putih telur dan anggur beras.

Setelah itu, daging udang ditumis dengan ditambahkan teh longjing yang membuat hidangan ini memiliki aroma yang sangat khas. Sedangkan untuk bumbu, fried shrimp with longjing tea hanya ditambahkan garam dan merica secukupnya.

4. Drunken prawn

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!drunken prawn (instagram.com/rebekahcc77)

Dibutuhkan keberanian untuk menyantap drunken prawn yang merupakan hidangan unik khas China. Hal ini dikarenakan cara penyajiannya yang terlihat tidak lazim dikarenakan udang yang masih hidup direndam di dalam anggur cina yang memiliki kandungan alkohol tinggi lalu dimakan.

Namun, beberapa restoran di China ada juga yang merebus udang terlebih dahulu sebelum direndam di dalam anggur cina. Bagi kamu para penikmat kuliner ekstrim mungkin drunken prawn wajib untuk dicoba saat berkunjung ke China.

5. Kung pao shrimp

5 Olahan Udang Khas China dengan Cita Rasa Autentik, Awas Ngiler!kung pao shrimp (instagram.com/iheartumami.ny)

Satu lagi hidangan dari olahan udang yang berasal dari wilayah Sichuan adalah kung pao shrimp. Makanan ini cukup mudah dan cepat untuk disajikan.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan di antaranya udang, paprika, zukini, dan daun bawang. Sedangkan untuk bumbu menggunakan cabai merah, jahe, bawang putih, dan saus kung pao.

Dengan cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan membuatmu ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Selain itu, kung pao shrimp sangat cocok dinikmati dengan nasi.

Gimana sudah ngiler saat melihat lima olahan udang di atas? Dikenal akan cita rasanya yang autentik, dari lima hidangan di atas kamu sudah pernah mencoba yang mana saja, nih?

Baca Juga: 5 Olahan Udang Paling Populer di Eropa, Rasanya Bikin Nagih!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya