Comscore Tracker

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisi

Deretan salad ini biasanya dihidangkan untuk appetizer

Salad menjadi hidangan favorit sebagian orang yang sedang menerapkan pola hidup sehat terutama yang ingin menjaga berat tubuh. Berbagai jenis salad dapat kamu buat sendiri di rumah dengan resep yang bervariasi.

Jika kamu ingin mencicipi varian salad yang menawarkan cita rasa yang lebih berbeda, maka kamu bisa mencoba beberapa salad khas Afrika berikut ini yang dikenal kaya akan nutrisi

1. Salata mashwiya

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisisalata mashwiya (instagram.com/_lastar_)

Salata mashwiya merupakan salad tradisional yang berasal dari Libya. Jika diterjemahkan, salata mashwiya memiliki arti salad panggang. Hal ini dikarenakan salad ini terdiri dari potongan daging dan roti panggang yang kemudian dicampurkan dengan beberapa macam sayur-sayuran di antaranya tomat, paprika, bawang bombay, bawang putih dan terong.

Setelah semua bahan tercampur, salad ditambahkan saus cabe yang sangat pedas. Salata mashwiya sangat direkomendasikan bagi kamu pencinta kuliner pedas.

2. Houria

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisihouria (instagram.com/hela.mattoussi25)

Jika dibandingkan dengan salad pada umumnya, tampilan houria lebih mirip bubur. Bahan utama pembuatan houria menggunakan wortel yang direbus hingga empuk. Setelah itu, campurkan wortel dengan minyak zaitun, cuka, biji jintan, dan garam lalu tumbuk sampai halus. Salad ini biasanya disajikan dengan ditambahkan potongan telur rebus serta peterseli sebagai hiasan.

Dengan proses pembuatannya yang mudah serta memakai bahan-bahan sederhana, houria dapat dijadikan sebagai menu hidangan sehat sehari-hari. Salad houria sendiri berasal dari negara Tunisia.

Baca Juga: 6 Masjid Terindah di Afrika, Memukau dan Bikin Betah Beribadah

3. Kachumbari

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisikachumbari (instagram.com/healthiersteps)

Berkunjung ke Kenya jangan lupa untuk mencicipi salah satu salad paling populer di negara tersebut yaitu kachumbari. Hidangan ini dikenal akan tampilannya yang menarik dengan warna beranekaragam yang berasal dari tomat, bawang bombay, mentimun dan paprika yang dipotong kecil-kecil lalu dibumbui.

Kachumbari sering disajikan oleh masyarakat Kenya sebagai hidangan pembuka. Kelezatan dari kachumbari juga sangat digemari hingga ke negara Tanzania.

4. Salade de palmiste

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisisalade de palmiste (instagram.com/goodcleanfoodclub)

Salade de palmiste terbuat dari jantung pohon palem yang dicampurkan dengan berbagai jenis buah dan sayur di antaranya alpukat, mangga, kelapa, tomat, paprika dan daun mint. Setelah semua bahan tercampur dalam satu wadah tambahkan saus asam manis dan perasan jeruk nipis.

Salade de palmiste dikenal akan cita rasanya yang lezat sekaligus menyegarkan. Namun, salah satu kendala untuk menyajikan hidangan ini adalah sulitnya untuk menemukan jantung pohon palem.

5. Zaalouk

5 Salad Khas Afrika yang Paling Populer, Segar Kaya Nutrisizaalouk (instagram.com/recetasparaserfeliz)

Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk dapat menghidangkan zaalouk di atas meja makanmu. Salad ini memiliki rasa yang sangat autentik karena ditambahkan rempah-rempah khusus.

Untuk bahan pembuatannya, kamu harus menyiapkan terung, tomat, dan paprika. Kemudian semua bahan tersebut dihaluskan. Namun sebelumnya, paprika harus dipanggang terlebih dahulu agar dapat menciptakan aroma yang khas.

Zaalouk merupakan hidangan menyehatkan khas Maroko yang cocok dikonsumsi bagi vegetarian.

Nah, itulah beberapa hidangan salad khas Afrika yang paling terkenal di kalangan pencinta salad. Dengan tampilan penyajian yang terlihat menarik dan menggugah selera, apakah kamu tertarik untuk mencicipinya?

 

Baca Juga: 7 Ide Menu Salad Sayur untuk Bekal Makan Siang, Sehat dan Enak

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya