Comscore Tracker

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling Autentik

Kaya gizi! 

Masyarakat Belanda dikenal memiliki banyak sekali hidangan seafood yang menggugah selera. Hal ini dikarenakan, Belanda mempunyai wilayah perairan yang luas sehingga memiliki hasil laut yang melimpah.

Di samping itu, warga Belanda juga sangat gemar menyantap hidangan seafood yang dikenal akan kandungan gizi tinggi. Berbagai menu seafood diolah menggunakan resep dan bumbu tradisional sehingga menciptakan cita rasa autentik.

Mudah ditemukan di kedai street food berbagai kota, inilah 5 hidangan seafood khas Belanda dengan cita rasa autentik.

1. Balchi de pisca

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling Autentikbalchi de pisca (instagram.com/ninjavanish)

Balchi de pisca merupakan jenis kue ikan tradisional yang berasal dari wilayah Aruba, Belanda. Bahan utama dalam pembuatan makanan ini adalah semua jenis ikan laut yang memiliki daging berwarna putih, seperti mahi-mahi, kerapu, dan kakap merah

Di Belanda, balchi de pisca sering disantap sebagai hidangan pembuka, lho. Pernah mencobanya?

2. Kibbeling

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling Autentikkibbeling (foodieadvice.com)

Jika kamu berniat melakukan street food di Belanda, maka kamu akan dengan mudah menemui kibbeling. Menu satu ini masuk ke dalam kategori camilan ringan.

Kibbeling terbuat dari adonan yang di dalamnya diisi dengan daging ikan. Setelah matang, kibbeling disantap bersama berbagai jenis saus, seperti garlic sauce, remoulade, dan ravigote.

Selain itu, masyarakat Belanda juga sering memadukan kibbeling bersama kentang goreng serta salad, agar lebih kenyang.

Baca Juga: 10 Restoran Seafood Terbaik di Tallinn-Estonia Versi TripAdvisor

3. Gerookte paling

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling Autentikgerookte paling (instagram.com/vishandel_meppel)

Gerookte paling dikenal sebagai hidangan yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi karena terdiri dari omega 3 dan protein. Gerookte paling merupakan jenis hidangan belut asap yang banyak disukai oleh masyarakat Belanda karena memiliki cita rasa lezat.

Untuk menikmatinya, kamu dapat mengunjungi stad penjual makanan ikan haring yang terdapat di kota Amsterdam. Namun, kelangkaan bahan bakunya, yaitu belut membuat gerookte paling dijual dengan harga cukup mahal.

4. Gebbaken mosselen

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling Autentikgebakken mosselen (ah.nl)

Bagi kamu para pecinta hidangan kerang, maka gebbaken mosselen wajib dicoba. Makanan ini terlihat sangat unik karena daging kerang segar dimasukan ke dalam bumbu dan  digoreng dengan menggunakan mentega di atas wajan panas.

Untuk menambah rasa, gebbaken mosselen ditambahkan dengan garam, merica, hingga saus tomat. Hidangan ini biasanya sering dinikmati bersama roti panggang serta salad kentang.

5. Lekkerbekje

5 Hidangan Seafood Khas Belanda dengan Cita Rasa Paling AutentikLekkerbekje (eatertainment.nl)

Lekkerbekje terdiri daging ikan yang telah dibalut adonan dan digoreng kemudian disajikan bersama potongan kentang serta saus tartare.

Untuk membuat adonannya, kamu harus menyediakan beberapa bahan-bahan, seperti tepung terigu, susu, air soda, dan irisan lemon.

Ikan yang digunakan dalam pembuatan lekkerbekje adalah jenis ikan cod yang telah dipisahkan daging dan tulangnya. Hidangan ini termasuk makanan ringan yang sering disajikan pada saat makan malam.

Nah, itulah 5 hidangan seafood khas Belanda dengan rasa paling autentik. Kebanyakan dari hidangan di atas memiliki porsi yang tidak terlalu besar, sehingga dapat dijadikan sebagai menu hidangan pembuka yang lezat.

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Kanada dengan Cita Rasa Autentik, Lezat!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya