Comscore Tracker

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!

Cara bikinnya gampang kok!

Banyak makanan lezat yang dapat kamu cicipi saat berkunjung ke Paraguay. Namun, jenis masakan yang paling direkomendasikan untuk dicoba adalah hidangan supnya yang dikenal akan cita rasa kuahnya yang autentik. Selain itu, sup khas Paraguay memiliki kandungan protein tinggi karena terbuat dari berbagai jenis daging-dagingan seperti ayam, ikan, sapi dan lain-lain.

Dengan tampilan penyajian yang menggugah selera, sup cocok dijadikan sebagai menu makan malam. Inilah lima sup khas Paraguay yang paling populer!

1. Bori-bori

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!Bori bori (instagram.com/almacendecomidas1)

Bori-bori memiliki kuah berwarna keemasan serta rasa yang kaya akan rempah. Sup ini terdiri dari daging ayam atau sapi yang dipadukan dengan berbagai jenis sayur-sayuran di antaranya wortel, tomat, seledri dan bawang. Sedangkan untuk bumbunya memakai daun salam, cengkeh, perteseli, safron dan lain-lain.

Nama bori-bori sendiri mengacu pada bola bola kecil yang terdapat pada sup yang terbuat dari campuran tepung jagung dan keju. Hidangan ini menjadi menu favorit ketika musim dingin.

2. Pira caldo

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!Pira caldo (instagram.com/cooheena)

Pira caldo merupakan jenis sup ikan yang dikenal akan kandungan gizi dan proteinnya yang tinggi. Sedangkan Ikan yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah jenis ikan surubi yang hidup di air tawar. Pira caldo memiliki tekstur kuah yang creamy karena dicampurkan keju dan susu.

Kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran seperti paprika dan wortel agar lebih nikmat saat menyantapnya. Dalam bahasa Paraguay "pira" memiliki arti ikan dan "caldo" berarti kaldu. Hidangan ini dapat dengan mudah kamu jumpai di banyak restoran di Paraguay.

Baca Juga: Resep Sup Singkong Ceker Ayam Khas Balikpapan yang Yummy

3. Soyo

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!Soyo (hotrodsrecipes.com)

Soyo menjadi hidangan sup yang paling populer di kalangan masyarakat Paraguay. Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan beberapa bahan-bahan sederhana di antaranya daging giling, beras, paprika hijau, bawang dan tomat.

Semua bahan tersebut dimasak di dalam panci kemudian dibumbui dengan garam, peterseli, dan oregano. Sup ini dikenal akan tekstur kuahnya yang kental dan rasa autentik. Dulunya soyo merupakan makanan yang hanya disantap oleh kalangan menengah ke bawah.

4. Chupin de pescado

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!Chupin de pescado (instagram.com/cooheena)

Kuah chupin de pescado yang terlihat merah karena dicampurkan dengan tomat yang telah dihaluskan. Sup ikan ini menjadi menu seafood yang sangat digemari di Paraguay. Selain itu, chupin de pescado juga sering menjadi bekal para nelayan di Paraguay saat pergi mencari ikan.

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat chupin de pescado di antaranya ikan putih, kentang, tomat, paprika, anggur putih dan berbagai jenis bumbu dapur lainnya. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk memasak sup ini.

5. Bife koygua

5 Sup Khas Paraguay yang Lezatnya Bikin Sulit Move On, Yummy!Bife koygua (instagram.com/meat_n_meet)

Bife koygua merupakan sup daging sapi yang dikenal akan cita rasa kuahnya yang kaya akan rempah. Yang menjadi daya tarik dari hidangan ini adalah potongan daging sapinya yang besar. Bife koygua juga ditambahkan dengan telur dan berbagai jenis sayur-sayuran sebagai pelengkap.

Untuk kuah sup ini terbuat dari kaldu sayur yang dicampurkan dengan beberapa bumbu seperti garam, oregano, lada dan rempah khusus. Masyarakat Paraguay biasa menyantap bife koygua dengan tortila.

Nah, itulah beberapa hidangan sup khas Paraguay yang wajib dicoba bagi kamu para pecinta kuliner. Memang sih waktu terbaik untuk menikmati hidangan sup di atas saat cuaca dingin.

Baca Juga: 5 Street Food Khas Yunani yang Lezatnya Bikin Susah Move On, Yummy!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya