Comscore Tracker

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!

Harus dicoba saat berkunjung ke Singapura

Hidangan sup khas Singapura dikenal akan cita rasanya yang autentik karena kuahnya terbuat dari berbagai macam bumbu dan rempah. Hidangan sup memang menjadi menu favorit bagi masyarakat Singapura khususnya pada saat cuaca dingin. Selain itu, sup tersebut diolah dengan mencampurkan berbagai jenis bahan mulai dari mie, daging, tahu dan sayur-sayuran.

Dengan tampilan penyajiannya yang menggugah selera serta mudah dijumpai di restoran hingga warung pinggir jalan, inilah lima jenis sup khas Singapura yang paling populer.

1. Crab bee hoon soup

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!crab bee hoon soup (instagram.com/uta0504)

Bagi kamu para penggemar daging kepiting, maka crab bee hoon soup merupakan hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Singapura. Makanan ini memang sangat dikenal akan kelezatannya yang membuatmu ketagihan.

Kuah crab bee hoon soup yang kental terbuat dari kaldu ayam yang dibumbui dengan lada putih, jahe, bawang putih, anggur cina, saus ikan, dan saus tiram. Sedangkan untuk kepiting, menggunakan jenis kepiting lumpur Sri Lanka yang kemudian dipotong menjadi beberapa bagian.

Crab bee hoon soup dinikmati dengan mie bihun dan berbagai macam sayuran.

2. Sup kambing

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!sup kambing (instagram.com/karyachicken)

Setiap negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Indonesia dan Malaysia memiliki olahan sup kambing mereka masing-masing.

Untuk sup kambing versi Singapura dapat memakai daging kambing atau domba yang sering juga dimasak dengan tulang dan jeroannya. Untuk proses pembuatannya, daging kambing direbus dalam air yang telah dimasukan rempah-rempah di antaranya ketumbar, kayu manis, jinten, lada hitam, cengkih, dan kapulaga.

Setelah matang, sup kambing disajikan di dalam mangkuk dan ditaburi dengan bawang goreng. Hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat muslim di Singapura.

Baca Juga: Resep Laksa Singapore yang Ekonomis dan Mudah Dibuat di Rumah  

3. Katong laksa

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!katong laksa (instagram.com/food__zion1)

Katong laksa dikenal dengan cita rasanya yang pedas, gurih dan kaya rempah. Hidangan ini terdiri dari beberapa elemen seperti mie, udang, kerang dan tahu. Sedangkan kuah kaldu katong laksa terbuat dari santan yang dicampurkan dengan udang kering serta rempah khusus.

Sesuai namanya, katong laksa berasal dari daerah Katong yang terletak di wilayah Singapura bagian tengah. Pertama kalinya, katong laksa diperkenalkan oleh Ng bersaudara di tahun 1963 di sebuah warung yang diberi nama Marine Parade.

4. Curry laksa

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!curry laksa (instagram.com/smashpop)

Satu lagi jenis laksa yang dapat kamu nikmati di Singapura yaitu curry laksa. Hidangan ini merupakan perpaduan antara masakan dari etnis Cina, India, dan Melayu. Curry laksa memiliki rasa kuah pedas dan manis namun dengan tekstur yang lebih encer serta aroma kuat seperti kuah kari pada umumnya.

Untuk isiannya terdiri dari mie, tahu puff, udang, dan fishcake. Sedangkan curry laksa versi tradisional ditambahkan daging kerang mentah. Agar kuahnya terasa lebih nikmat, kamu dapat meraciknya dengan sambal, kecap, dan saus.

5. Chinese herbal soup

5 Sup Khas Singapura yang Lezatnya Bikin Nagih, Hidangan Favorit!chinese herbal soup (instagram.com/jazm1nt)

Di samping rasanya yang lezat, chinese herbal soup juga sangat bermanfaat untuk tubuh dikarenakan hidangan ini terbuat dari bahan herbal tanpa pengawet.

Chinese herbal soup terdiri dari beberapa macam hidangan sup namun yang paling terkenal adalah ginseng chicken soup. Akan tetapi jika merasa kurang sehat, maka kamu dapat mengonsumsi heat relief lotus pork soup.

Chinese herbal soup menjadi menu favorit di kalangan masyarakat Singapura terutama saat cuaca dingin.

Nah, itulah beberapa jenis sup khas Singapura yang memiliki cita rasa yang menggugah selera. Hidangan di atas sangat mudah dijumpai di restoran hingga warung pinggir jalan di Singapura.

 

Baca Juga: 5 Toko Desserts dengan Waffle Terlezat di Singapura, Nagih!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya