Comscore Tracker

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaran

Teksturnya memanjakan lidah kamu deh!

Makanan Indonesia terkenal dengan rasa rempah-rempah khas Nusantara dan penggunaan santan dalam hidangannya. Salah satunya adalah empal, daging sapi yang dimasak dengan bumbu. Ada berbagai tips proses membuat empal serundeng kemiri yang bisa kamu tiru.

Empal daging memiliki ciri khas hidangan yang kering dan memiliki rasa gurih. Yuk, simak lima tips proses membuat empal serundeng kemiri ala Devina Hermawan berikut ini.

1. Presto daging sapi bagian paha terlebih dahulu 

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaranilustrasi teknik presto (youtube.com/Devina Hermawan)

Step pertama adalah pilihlah daging sapi berkualitas bagian paha belakang. Berdasarkan segi tekstur, daging bagian tersebut cenderung padat dan sedikit lemak. Biasanya, bagian paha belakang sapi digunakan dalam pengolahan empal, dendeng, dan rendang.

Siapkan panci presto yang kamu punya. Lalu, masukkan daging, air, garam, kaldu bubuk, dan merica ke dalam presto selama 30 menit. Proses ini penting untuk menghasilkan daging yang empuk, mudah dipotong, dan tidak mengkerut. Kamu bisa menggunakan air panas untuk mempercepat proses presto. Setelah 30 menit, segera angkat dan dinginkan daging, kemudian potong dan pukul perlahan dengan ulekan batu atau rolling pin.

2. Haluskan kemiri dan lengkuas

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaranilustrasi menghaluskan rempah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapkan kemiri, kemudian haluskan dengan food processor. Lalu, sangrai di atas panci hingga wanginya keluar dan berwarna sedikit kecokelatan. Sisihkan ke dalam mangkok bersih.

Selain kemiri, kamu perlu untuk menghaluskan lengkuas dengan sedikit air hingga halus.  Setelah itu, sisihkan juga kemirinya.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Serundeng Daging Sapi, Stok Lauk yang Tahan Lama 

3. Gunakan berbagai macam rempah dalam bumbu halus

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaranilustrasi rempah (pexels.com/Mareefe)

Rempah lain yang perlu kamu gunakan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, dan pala. Blender semua rempah tersebut dengan minyak goreng. 

Tumis bumbu halus, kemudian masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Setelah wanginya sudah tercium, masukkan kemiri dan lengkuas yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Tambahkan air, santan, air asam jawa, gula merah, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan air kaldu sapi. Aduk rata dan pastikan kamu memasaknya di api kecil.

4. Jangan melewatkan proses ungkep daging!

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaranilustrasi proses ungkep daging (youtube.com/Devina Hermawan)

Supaya menghasilkan daging yang menyerap bumbu-bumbu dengan sempurna, maka kita perlu melakukan teknik ungkep. 

Caranya adalah dengan memasukkan daging dan masak di api sedang hingga air menyusut. Selanjutnya, sisihkan daging. Masak kembali sisa bumbu di api sedang kecil hingga menyusut dan mengeluarkan minyak, kemudian saring.

5. Goreng daging dan serundeng di api sedang kecil

5 Tips Bikin Empal Serundeng Kemiri, Cocok sebagai Menu Lebaranilustrasi menggoreng empal (youtube.com/Devina Hermawan)

Panaskan minyak goreng dalam panci. Selanjutnya, goreng daging yang telah kamu sisihkan sebelumnya.

Goreng sampai daging berwarna kecokelatan. Selanjutnya, goreng serundeng di api sedang kecil.

Empal serundeng siap kamu sajikan dengan nasi dan taburan bawang goreng sebagai pelengkap nikmat hidangan satu ini. Tidak perlu takut lagi untuk membuat daging empal yang lembut, selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! 

Catherine Zeta Jones Photo Writer Catherine Zeta Jones

she writes about foods, travel, and any hype things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya