Comscore Tracker

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicoba

Cocok, nih buat ngadem pas hari lagi panas. #KulineranYuk

Salah satu alasan yang membuat Indonesia menjadi tujuan wisata internasional adalah karena Indonesia kaya akan berbagai kuliner. Buktinya, makanan terenak di dunia berasal dari Indonesia.

Nah, negara Asia lainnya juga memiliki kekayaan kuliner, lho! Tak hanya makanan yang lezat, negara Asia lainnya juga menawarkan suguhan pencuci mulut dan minuman yang menggiurkan. Jika kamu berkunjung ke negara Asia lainnya, kamu memang harus mencoba masakan dan minuman khas negara tersebut. 

Nah, ini dia minuman dan dessert wajib coba khas negara di Asia. Yuk, intip!

Malaysia: Es Teh Tarik dan Air Mata Kucing.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicoba4.bp.blogspot.com

Di negara Jiran atau negara tetangga Indonesia ini sangat terkenal dengan es teh tarik. Minuman ini hampir ada di seluruh restoran di Malaysia. Es teh tarik umumnya memiliki rasa manis. Bahan baku utamanya adalah teh yang dicampur dengan susu. Tahukah kamu mengapa minuman ini dinamakan es teh tarik? Dinamakan begitu karena teknik pembuatan dan pencampuran antara teh dan susunya melalui udara antara dua cangkir. Teh dan susu akan dicampurkan terus menerus dengan cara 'ditarik' lewat gelas hingga memiliki tekstur berbusa.

Air mata kucing juga merupakan minuman yang wajib dicoba di Malaysia. Minuman ini terbuat dari buah lengkeng yang dicampur dengan gula batu dan es batu. Minuman ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Jika kamu berkunjung ke Malaysia, jangan lupa untuk mencicipi es teh tarik dan air mata kucing, ya!

 

Korea: Patbingsoo dan Soju.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobai.ytimg.com

Patbingsoo merupakan salah satu jenis dessert khas Korea. Orang Korea sangat menggemari dessert ini, terutama saat musim panas. Tahukah kamu apa sebenarnya patbingsoo ini? Patbingsoo adalah es serut kacang yang dahulu dijual di pinggir jalan. Namun, saat ini Patbingsoo dijual di kafe atau restoran cepat saji di korea dengan tempat yang nyaman, terutama untuk nongkrong bersama teman.

Patbingsoo saat ini dikreasikan dengan berbagai buah, es krim, yogurt, sereal, sirup, cheesecake, jelly, dan lainnya. Tenang saja, Patbingsoo tersedia dalam berbagai varian dan rasa yang sanggup memanjakan lidah kita. Selain patbingsoo, kamu juga harus mencoba soju. Soju di Korea tersedia dalam berbagai varian. Ada soju yang dicampur dengan perisa buah hingga soju yang memiliki kadar alkohol yang tinggi. Minuman ini terbuat dari beras dengan kandungan alkohol 20%-40%. Soju sering diminum bersama dengan camilan seperti ayam goreng atau topokki. 

Jepang: Sake dan Matcha.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobastatic.pexels.com

Sama seperti Korea, Jepang juga memiliki minuman beralkohol yang khas, yaitu sake. Sake terbuat dari fermentasi beras. Arti sake sendiri adalah minuman beralkohol. Sake sering digunakan saat ritual, upacara adat, bahkan bumbu pelengkap di Jepang. Di Jepang, sake tersedia dalam berbagai aroma, harga, dan kualitas. Jangan kuatir, sake bebas dari gula dan zat pengawet. 

Sementara Matcha merupakah teh hijau khas Jepang. Teh ini sering digunakan pada saat upacara minum teh. Tahukah kamu bahwa matcha dengan kualitas yang baik memiliki rasa manis dan bukan pahit? Matcha juga sering dijadikan pemanis dan pewarna berbagai makanan di Jepang, seperti produk camilan, mochi, es krim, yogurt, soba, es serut, dan lainnya. Matcha terbuat dari teh hijau yang dikenal dengan nama Tencha.

Jika kamu mengunjungi Jepang, jangan lupa untuk mencoba matcha, ya! Tidak hanya minuman, matcha juga dapat kamu nikmati dari produk olahan lainnya seperti biskuit, es krim, yogurt, dessert, dan aneka olahan lainnya.

 

Vietnam: Ca Phe.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobavietnamtravel.guide

Ca Phe adalah minuman kopi khas Vietnam. Ca Phe memiliki tekstur kopi berbusa yang dicampur dengan susu kental manis. Vietnam adalah salah satu negara penghasil kopi di Asia dan mengekspor kopi olahan mereka ke berbagai negara. Nah, jika kamu berkunjung ke Vienam, Ca Phe adalah minuman yang wajib kamu coba di sana, ya!

Thailand: Cha Yen.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobatheitravelchannel.tv

Cha Yen juga kamu kenal dengan thai ice tea. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan minuman ini. Tapi, jika kamu berkunjung ke Thailand, jangan lupa untuk mencicipi rasa original dari thai ice tea. Thai ice tea berwarna oranye karena komposisi di dalamnya adalah thai black tea, biji asam, dan susu kental manis. Selain itu, minuman ini juga dicampur dengan tambahan, seperti air orange blossom, bunga lawang, cengkih, dan kapulaga. Minuman ini pada umumnya terbuat dari campuran rempah-rempah.

Cina: Teh Bunga Krisan.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobacdn2.stylecraze.com

Teh bunga krisan atau yang dikenal dengan Chrysanthemum Tea merupakan teh herbal yang populer di Cina. Di Cina, teh ini dikenal dengan Juhua Cha. Sesuai dengan namanya, teh ini terbuat dari bunga krisan atau bunga kekwa. Teh bunga krisan ini digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad.

Pembuatan teh ini pun sangat sederhana, yaitu bunga krisan dicampur dengan gula batu dan diseduh air panas. Teh ini memiliki wangi yang sangat enak. Teh ini dipercaya meredakan sakit tenggorokan, panas dalam, demam, dan flu. Khasiat lainnya adalah melindungi liver dan menetralisir racun. Selain itu, teh ini juga dapat menyembuhkan jerawat. 

Filipina: Es Halo-halo.

Segerrr, Ini Minuman dan Dessert Khas Negara di Asia yang Wajib Dicobafairfaxinnrestaurant.com

Filipina juga memiliki es campur ala negara mereka sendiri lho! Lucunya, es campur ini dinamakan Halo-halo yang berarti es campur. Es ini disajikan dalam mangkuk tinggi dengan isi yang beraneka ragam. Komposisi es ini juga beragam, yaitu es krim ubi ungu, pisang, kolang-kaling, kelapa kopyor, nata de coco, kacang merah, agar-agar, umbi manis, serta dicampur dengan susu. Es serut ini biasa dicampur dengan beragam buah, yaitu mangga, nangka, pepaya, alpukat, kiwi, melon, atau ceri.

cecilia arta Photo Community Writer cecilia arta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You