Comscore Tracker

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu Coba

Tawarkan kombinasi bahan lokal yang menarik!

Asia dikenal sebagai salah satu benua di dunia yang menawarkan keanekaragaman rempah dan bumbu pokok yang seringkali dapat kamu temukan dalam berbagai jenis hidangan, di mana kamu dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat berbagai hidangan dengan menggunakan bumbu khas dari negara tersebut. 

Dengan keanekaragaman rempah dan bumbu khas yang dapat kamu masukkan dalam sebuah hidangan, kamu dapat menikmati kombinasi rasa lokal yang menarik dan mampu melengkapi hidangan kamu secara keseluruhan. Yuk, lihat apa saja!

1. Sambal 

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu CobaIlustrasi sambal matah (instagram.com/a_elisacha)

Sambal menjadi salah satu bumbu yang wajib tersedia di berbagai jenis hidangan Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kamu dapat menemukan berbagai jenis sambal yang memiliki perbedaan bahan, cara pembuatan, dan sejarah di berbagai daerah yang kamu kunjungi. 

Sebagai salah satu sambal terpopuler di Asia, sambal ulek yang diproduksi oleh masyarakat Indonesia dibuat dengan cara tradisional menggunakan lengsung dan alu.

Dengan menggunakan bahan yang sederhana, sambal ulek dapat kamu jadikan sebagai pendamping makanan yang tepat dalam menikmati berbagai hidangan di Indonesia, lho.

2. Gochujang 

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu CobaIlustrasi gochujang (instagram.com/chinsugi)

Dikenal sebagai salah satu bahan penting yang seringkali digunakan dalam pembuatan kuliner di Korea Selatan, gochujang memiliki cita rasa yang pedas, tesktur yang kental, dan warna merah yang pekat. Kamu dapat membuat saus pasta gochujang dengan mencampurkan gochugaru, meju, garam, dan beras ketan, yah!

Nah, kombinasi bahan tersebut dapat kamu diamkan selama beberapa bulan sehingga dapat melakukan proses fermentasi secara sempurna. Kamu dapat menambahkan saus gochujang dalam berbagai hidangan seperti saus untuk bibimbap dan rebusan untuk membuat tteokbokki

Baca Juga: 7 Bumbu Penting untuk Masakan Korea, Biar Rasanya Enak!

3. Saus tiram 

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu CobaIlustrasi saus tiram (instagram.com/bunmaskaofficial)

Saus dengan tekstur kental dan penampilan berwarna cokelat kehitaman ini menjadi cita rasa dasar yang kamu temukan di berbagai kuliner Tiongkok Kanton. Dengan membawa rasa asin dan manis, saus tiram mampu menjadi pelengkap dan mempertajam rasa dari masakan yang kamu buat. 

Sebagai salah satu bumbu yang telah digunakan selama lebih dari 2.500 tahun, saus tiram dapat digunakan dalam berbagai jenis proses memasak seperti menumis ataupun dijadikan sebagai bumbu barbeku. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan saus tiram di atas sayuran kukus, lho. 

4. Miso 

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu CobaIlustrasi miso (instagram.com/fairment_eu)

Miso dikenal sebagai salah satu bumbu Jepang terpopuler dan telah banyak digunakan dalam berbagai hidangan. Miso merupakan pasta Jepang yang dibuat melalui proses fermentasi kedelai dengan mencampurkan berbagai bahan lainnya seperti barley, garam, air, dan jamur kōji. 

Dengan adanya perbedaan jangka waktu dalam proses fermentasi dan bahan-bahan yang digunakan, kamu dapat memperoleh cita rasa yang berbeda dari produk pasta miso tersebut.

Selain itu, miso mampu membawa rasa asin, gurih, dan manis sehingga pasta ini seringkali digunakan untuk mempertajam rasa pada sebuah hidangan. 

5. Nước Chấm 

Jadi Pelengkap Hidangan, 5 Bumbu Dapur di Asia Ini Wajib Kamu CobaIlustrasi Nước Chấm (instagram.com/pupswithchopsticks)

Dikenal sebagai bumbu yang mampu membawa ketajaman rasa pada setiap hidangannya, nước chấm seringkali digunakan di berbagai hidangan Vietnam seperti gỏi cuốn dan salad bihun yang seringkali dikenal dengan nama bún

Hal ini dikarenakan nước chấm memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan keasaman dari jeruk nipis dan cuka, rasa pedas dari cabai rawit, rasa manis yang berasal dari gula, serta rasa asin yang berasal dari kecap ikan. Selain itu, bumbu ini juga seringkali digunakan sebagai pembawa suasana segar dan aroma yang harum dari hidangan. 

Karena saat ini masih belum bebas melakukan perjalanan ke luar negeri, kamu dapat mencoba untuk membuat berbagai masakan yang tersedia di Asia melalui bumbu pokok di atas yang dapat kamu peroleh secara mudah melalui media sosial ataupun platform belanja online, lho. 

 

Baca Juga: 5 Ragam Masakan dengan Bumbu Marjoram yang Bikin Tambah Wangi

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya