Comscore Tracker

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Bisa tingkatkan fokusmu saat mengawali hari

Bekerja ataupun belajar dalam jangka waktu yang panjang membutuhkan performa otak yang stabil sehingga kamu perlu memastikan otak kamu dapat mencapai fokus dengan cepat dan menyimpan memori dalam jumlah yang besar.

Nah, dalam mencapai tujuan tersebut, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi minuman di bawah sehingga dapat meningkatkan fungsi otak kamu dan dapat bekerja secara stabil dalam waktu yang panjang, dilansir Healthline dan Real Simple. Yuk, lihat siapa saja!

1. Air Lemon

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakpexels.com/Charlotte May

Dikenal sebagai minuman dengan berbagai manfaat terhadap sistem pencernaan dan kesehatan kulit, lemon memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga dapat memaksimalkan kadar oksigen dalam mencapai otak dan meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, air yang memiliki kandungan lemon di dalamnya memiliki kemampuan hidrasi dalam jumlah yang besar sehingga otak dan tubuh secara keseluruhan dapat bekerja secara optimal. Bahkan, dehidrasi dalam jumlah yang ringan dapat mempengaruhi fungsi kognitif, memori jangka pendek dan efek negatif lainnya, lho.

2. Green tea 

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakpexels.com/NipananLifestyle.com

Green tea telah digunakan dalam waktu yang lama sebagai minuman yang dapat meningkatkan fungsi kognitif, di mana green tea juga memiliki manfaat yang sama dengan kafein sehingga minuman ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak dan membangunkan kamu di pagi hari, lho.

Nah, dengan adanya kandungan L-Theanine di dalamnya, green tea juga dapat membantu kamu dalam mengurangi kecemasan berlebih dan meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Menjaganya Selalu Tajam

3. Coklat Panas

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakpexels.com/Brigitte Tohm

Cokelat panas menjadi salah satu pilihan minuman yang bisa kamu konsumsi di pagi hari untuk meningkatkan fungsi otak dan mempercepat fokus kamu pada pekerjaan. Hal ini dikarenakan kakao memiliki kandungan flavanol yang tinggi sehingga dapat membantu kamu dalam meningkatkan fungsi otak dengan memaksimalkan memori kamu dalam proses pembelajaran. 

Nah, dalam memaksimalkan fungsi dan manfaat dari kakao, pastikan kamu menggunakan dark chocolate yang memilliki kandungan 70 persen kakao dalam membuat minuman ini, yah!

4. Kopi 

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakpexels.com/The Lazy Artist Gallery

Kopi menjadi salah satu minuman populer yang sering kali dikonsumsi sebagai minuman di pagi hari. Dengan berbagai manfaat yang dihasilkan dari kafein, kopi juga mengandung berbagai antioksidan yang mampu berdampak pada fungsi otak kamu.

Bahkan, kopi juga dapat membantu melawan penyakit Alzheimer, di mana dengan mengonsumsi kafein dengan jumlah 500 miligram secara rutin dapat membantu kamu dalam mencegah dan merawat penyakit Alzheimer. Nah, pastikan kamu hanya mengonsumsi kafein dengan jumlah 400 miligram per hari, yah!

 5. Kombucha 

Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otakkilnerjar.co.uk

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hijau ataupun teh hitam yang ditambahkan dengan buah ataupun tumbuhan lain di dalamnya. Manfaat positif yang dihasilkan oleh minuman ini bergantung pada probiotik yang dapat berdampak positif pada kesehatan usus.

Dengan terjaganya kesehatan usus, minuman ini dapat meningkatkan fungsi otak melalui sumbu antara otak dengan usus sehingga kamu dapat memaksimalkan kecerdasan otak dan membuat kamu semakin fokus, lho.

Selain dapat meningkatkan fungsi otak, minuman di atas juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan fokus, performa dan memori kamu sehingga kamu dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi minuman di atas, ya!

Baca Juga: Bagus untuk Otak, Inilah 5 Jenis Makanan dengan Asam Folat Tertinggi

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya