Comscore Tracker

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!

NTT juga memiliki ragam cita rasa kuliner yang khas 

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi yang terletak di Timur Indonesia yang terkenal dengan pesona alam yang sangat memanjakan mata. Selain pesona alam, NTT juga memiliki ragam cita rasa kuliner yang khas.

Bagi yang suka dengan wisata kuliner, NTT bisa dijadikan sebagai destinasi untuk merasakan cita rasa khas dari kuliner daerah ini. Berikut enam makanan khas NTT

1. Jawada

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Twitter.com/detikTravel

Kue jawada merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat di pulau Flores. Kue dengan tekstur renyah ini sering kali juga disebut sebagai kue rambut karena bentuknya yang terlihat mirip seperti rambut.

Bagi para wisatawan lokal maupun asing mencicipi kue tradisional ini adalah hal yang tak boleh dilewati. Tak jarang para wisatawan juga menjadikan jawada sebagai buah tangan.

Masyarakat NTT khususnya Flores biasanya menyantap kue rambut ditemani dengan kopi hangat yang tentunya akan semakin menambah cita rasa yang khas dari kue ini.

2. Jagung titi

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Instagram.com/bakoelssnack

Masih dari pulau Flores, makanan yang satu ini terbuat dari biji jangung yang dimasak setengah matang. Jagung yang sudah dimasak kemudian dititi atau ditumbuk di atas batu sehingga bentuknya menjadi gepeng. Tak jarang masyarakat menjadikan jagung titi sebagai pengganti nasi.

Cara mengonsumsinya beragam. Mulai dari disantap dengan ditemani secangkir kopi, ada pula yang dicampur dengan air putih seperti membuat sereal, bisa pula dengan disangrai terlebih dahulu dengan diberi sedikit garam atau penyedap rasa.

3. Sei

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Instagram.com/sei_oparote

Kuliner yang satu ini bisa dikatakan sebagai smoked beef versi lokal. Sei berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan metode pengasapan. Pertama, daging terlebih dahulu dipotong secara memanjang, kemudian direndam selama beberapa saat di dalam air yang sudah dicampurkan dengan garam. Setelah itu daging dimasak dengan metode pengasapan menggunakan arang dan kayu kusambi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah Nusa Tenggara Timur, Gak Cuma Pulau Komodo

4. Jagung bose

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Twitter.com/okezonenews

Jagung bose dibuat dari jagung putih yang oleh masyarakat setempat dijadikan sebagai pengganti nasi dan biasanya disantap dengan lauk pauk sebagaimana menyantap nasi bersama lauk pauk.

5. Lawar ikan

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Twitter.com/okezonenews

Kuliner lawar ikan memiliki nuansa yang sedikit mirip dengan sushi asal Jepang. Layaknya sushi, kuliner asal NTT ini dalam proses pengolahannya tidak dimasak alias dimakan mentah. Untuk membuat lawar ikan biasanya digunakan ikan teri segar yang kemudian direndam bersama jeruk nipis dan cuka. Dalam menambah cita rasa bisa juga ditambahkan cabai, kemangi, dan daun bawang.

6. Rumpu rampe

6 Kuliner Khas NTT, Ada yang Mirip Sushi dan Smoked Beef!Twitter.com/Resep_Emak

Rumpu rampe merupakan campuran beberapa Sayur yang ditumis menjadi satu. Biasanya masyarakat menggunakan bunga pepaya, daun pepaya, sayur kangkung dan daun kelor untuk dijadikan sebagai bahan dasar rumpu rampe.

Rumpu rampe sangat cocok dimakan dengan nasi atau jagung titi.

Itu tadi kuliner khas NTT. Buat kamu yang mau berkunjung ke NTT pastikan untuk mencicipi kuliner-kuliner di atas !

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat untuk Rekomendasi Wisata Kuliner

Cici Usratussaidah Photo Writer Cici Usratussaidah

Let's write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya