Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!

Penggemar terung wajib coba

Terung atau yang bernama latin Solanum melongena adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Protein, karbohidrat, serat, serta berbagai vitamin dan mineral pun terkandung di dalamnya.

Tak hanya di Indonesia saja, sayuran berwarna ungu dan berbentuk lonjong ini seringkali dijadikan sebagai bahan baku masakan di berbagai negara. Kira-kira di negara lain terung ini biasa diolah menjadi masakah seperti apa, ya? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Kashke bademjan

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!ilustrasi kashke bademjan (instagram.com/madeofsugarandsaffron)

Kashke bademjan adalah cocolan khas bangsa Persia yang saat ini sudah sangat populer di Iran. Nama makanan ini diambil dari dua kata, yaitu kashke dan bademjan. Kashke mengacu pada kata kashk yang berarti 'air dadih'. Sementara itu kata bademjan diadaptasi dari bahasa Persia yang berarti 'terung'.

Kashke bademjan cukup mudah untuk dibuat. Selain terung dan kashk, komposisi lain yang juga dibutuhkan adalah bawang bombai, bawang putih, kunyit, daun mint kering, dan juga kacang-kacangan. Cocolan ini sangat cocok dipadukan dengan lavash.

2. Karnıyarık

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!ilustrasi karnıyarık (instagram.com/fisunydkrds)

Selain Iran, Turki juga punya hidangan berbahan terung yang kalah lezat, lho. Hidangan tersebut adalah karniyarik, olahan terung yang diberikan berbagai isian, seperti daging giling, tomat, dan bawang bombai.

Dilansir tasteatlas, isian tersebut umumnya hanya dibumbui dengan garam dan lada saja, tapi bisa saja diberikan rempah lain untuk memperkaya cita rasa. Setelah digoreng, terung akan diberikan isian yang sebelumnya telah ditumis, sebelum akhirnya dipanggang dalam oven. Hidangan ini sangat cocok disajikan bersama sepiring nasi dan yoghurt.

Baca Juga: 5 Kreasi Terung Jadi Camilan Memikat, Ada Brownies Terung! 

3. Escalivada

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!ilustrasi escalivada (instagram.com/jfran3001)

Escalivada adalah masakan sederhana khas Spanyol. Hidangan ini terbuat dari kombinasi berbagai jenis potongan sayuran, seperti terung, tomat, bawang bombai, dan paprika yang telah dikupas. Bumbunya sendiri terdiri dari garam dan minyak zaitun. Barulah proses pemantangannya dipanggang dalam oven.

Hidangan yang berasal dari daerah Catalonia ini sangat cocok dipadukan dengan roti kering maupun makanan lainnya yang berbahan dasar daging atau ikan. Nama escalivada sendiri merupakan turunan dari kata escalivar yang berarti 'dipanggang di atas bara api'.

4. Pasta alla norma

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!ilustrasi pasta alla norma (instagram.com/jackneri82)

Melihat dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menebak negara asal makanan ini. Ya, Italia. Pasta alla norma dibuat dari campuran pasta, saus marinara, minyak zaitun, daun basil segar, dan potongan terung goreng. Bahan-bahan tersebut akan dibumbui dengan berbagai rempah dan herba, lalu diberikan taburan keju ricotta salata.

Melansir tasteatlas, jenis terung yang umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah jenis melanzana seta yang berasl dari daerah Sicily. Di Italia, pasta alla norma biasa disajikan di penghujung musim panas atau awal musim gugur, di mana terung-terung siap dipanen.

5. Terung balado

5 Hidangan Berbahan Terung dari Berbagai Negara, Menggugah Selera!ilustrasi terung balado (instagram.com/fielingesther)

Siapa yang tidak tahu masakan satu ini? Terung balado atau yang juga disebut terong balado adalah masakan khas Nusantara yang biasa dijumpai di warung tegal atau warung nasi padang. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah terung ungu yang sudah dipotong-potong, tomat, cabai merah, bawang putih dan merah, garam, penyedap rasa, serta air.

Bahan-bahan tersebut membuat terung balado memiliki cita rasa yang beragam, dari manis, pedas, hingga gurih. Semangkuk nasi hangat adalah pelengkap paling pas untuk disajikan bersama hidangan satu ini.

Menggugah selera sekali lima hidangan di atas, kan? Nah, jika kamu punya stok terung di dapur, jangan ragu untuk mengolahnya menjadi hidangan-hidangan di atas ya.

Baca Juga: 5 Olahan Terung Goreng yang Pas untuk Lauk Makan dan Camilan Krispi

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya