Comscore Tracker

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumah

Coba bikin sendiri di rumah, yuk!

Memiliki banyak manfaat, sarapan atau makan pagi menjadi sesuatu hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Salah satu manfaat utamanya adalah sarapan memberikan energi kepada tubuh untuk memulai aktivitas seharian.

Berbicara soal sarapan, pernahkah kamu merasa bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Jika iya, mungkin sembilan menu sarapan khas Asia berikut ini bisa jadi referensi buat kamu.

1. Bún bò huế

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumahilustrasi bún bò huế (instagram.com/bachuaviahe)

Berbicara soal kuliner Vietnam, kebanyakan dari kita mungkin langsung membayangkan pho, ya. Namun, ada juga hidangan serupa yang tak kalah lezat dari pho. Hidangan tersebut adalah bún bò huế.

Hidangan khas Vietnam ini terbuat dari kombinasi potongan daging sapi dan babi, serta mi bun yang disiram dengan kuah kaldu yang kaya rasa. Lalu ditambahkan topping berupa air perasan jeruk nipis dan berbagai macam herba. Walaupun belum diketahui pasti asal-usulnya, hidangan ini diperkirakan berasal dari Kota Hue, Vietnam.

2. Bubur ayam

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumahilustrasi bubur ayam (instagram.com/makanmana)

Kalian semua pasti sudah sangat kenal dengan makanan sejuta umat satu ini. Bubur ayam merupakan makanan khas Indonesia yang seringkali menjadi andalan menu sarapan.

Bubur ayam umumnya terbuat dari nasi yang teksturnya sangat lembut yang disiram dengan kuah kari. Lalu diberikan berbagai jenis topping, seperti ayam suwir, kacang goreng, daun bawang, dan kerupuk.

Selain itu, bubur ayam juga biasanya disantap bersama makanan pelengkap berupa berbagai jenis sate-satean, seperti sate usus, telur puyuh, dan masih banyak lagi. Makanan ini sangat mudah dijumpai karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima, khususnya di pagi hari.

Baca Juga: Resep Tamago Sushi Khas Jepang, Gak Ada Ikan Mentahnya, Lho!

3. Tamago kake gohan

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumahilustrasi tamago kake gohan (instagram.com/ino_k25)

Tamago kake gohan adalah menu sarapan populer khas Jepang yang umumnya terbuat dari semangkuk nasi putih, sebutir telur mentah, dan kecap asin khas Jepang. Ketiga bahan tadi dicampurkan bersama-sama di dalam sebuah mangkuk menggunakan sumpit.

Yup, kamu tidak salah baca. Telur yang digunakan memang telur mentah. Oleh karena itu, menu sarapan ini bisa dibilang menu tersimpel dalam daftar ini. Sayangnya, karena kualitas telur yang dimiliki di Indonesia berbeda dengan di Jepang, lebih baik jangan sembarangan mencoba membuat makanan ini di rumah, ya.

4. Sfiha

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumahilustrasi sfiha (instagram.com/peterwenmaken)

Sfiha atau yang biasa disebut sfeeha adalah sebuah hidangan yang populer di negara-negara Timur Tengah, seperti Palestina, Irak, Jordania, Mesir, Lebanon, dan Suriah. Sfiha sendiri merupakan roti pipih yang dimasak dengan topping berupa campuran daging cincang.

Campuran ini terbuat dari daging domba cincang yang dibumbui dengan berbagai bumbu dan rempah, termasuk bawang bombai, tomat, minyak zaitun, dan kacang pinus. Selain sebagai menu sarapan, makanan satu ini juga biasanya disantap sebagai camilan. Berkat para imigran, sfiha menjadi terkenal di Brazil dengan sebutan esfiha atau esfirra.

5. Jianbing

5 Sarapan Populer Khas Asia, Bisa Jadi Referensi Menu Baru di Rumahilustrasi jianbing (instagram.com/ttyshanghai)

Menu terakhir dalam daftar ini adalah jianbing. Street food populer khas China yang terbuat dari adonan mirip crepe yang dimasak di atas loyang datar. Kemudian diberikan berbagai macam isian, seperti daun bawang, lobak, daun ketumbar, serta sosis atau ayam.

Adonannya sendiri terbuat dari campuran berbagai jenis tepung, seperti tepung gandum, tepung kacang hitam, dan tepung terigu. FYI, ketika dimasak adonan tersebut akan diberikan topping telur dan berbagai jenis saus, seperti saus cabai dan saus hoisin. Makanan satu ini memang biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Lezat gak harus ribet, kok. Jika kamu lebih menyukai sarapan yang simpel, maka tamago kake gohan dan jianbing pas sekali untukmu. Namun, jika kamu tidak keberatan untuk memberikan effort lebih, kamu bisa coba buat sendiri menu-menu lain di atas.

Baca Juga: Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbeda

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya