Comscore Tracker

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!

Siapa yang kangen sama jajanan ini? #KulineranYuk

Di Banten sendiri, makanan ringan ini biasa dikonsumsi sebagai makanan penutup atau sekedar camilan, tidak banyak orang tahu mengenai kue asal Banten ini karena memang makanan Banten yang terkenal adalah ikan bandengnya. Buat kalian yang pernah makan ini pasti rindu akan cita rasa khas dari kue ini. Akan lebih baik lagi kalau warisan turun temurun ini dilestarikan dan tetap dicintai rasanya, agar makanan ini bisa menjadi salah satu 'icon' kebanggan untuk warga Banten sendiri. Jajanan Banten apa aja, nih yang bikin kangen?

1. Balok Menes

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!merahputih.com

Balok menes ini sejenis kue yang bahan dasarnya dari singkong atau ubi kayu. Kalau kalian pernah makan getuk, kalian akan tau juga balok menes, karna dengan bahan dasar dan cara pengolahannya yang sama. Akan tetapi balok menes dicampur dengan minyak kelapa dan serundeng yang ditaburkan di atasnya. Tamabahan juga bawang merah goreng sebagai penambah aroma gurih.

2. Jojorong Puding

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!merahputih.com

Jojorong berbentuk bulat dengan wadah daun pisang. Daun pisang dibuat bulat dengan pengikat tusukan lidi. Jojorong berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa, bagian dalam diberi gula aren atau gula merah. Jojorong memiliki rasa khas santan. Ketika menikmati jojorong, bagian atas berupa santan kental belum terlalu nikmat sebelum sampai menikmati lelehan gula aren yang ada di bawah. Campuran gula aren dan santan kental ini benar-benar seperti menikmati puding super alami.

3. Pasung Merah

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!Wikimedia

Kue ini berasal dari pandegelang yang terbuat dari tepung beras, hanya saja kue ini terdiri dari dua adonan. Pertama ada campuran tepung beras dan gula aren/merah, kemudian adonan kedua adalah tepung sagu dan santan untuk membuatnya jadi kenyal. Biasanya di dalam adonannya selain tepung beras, gula aren/merah, tepung sagu dan santan yang diuleni, ditambahkan juga potongan kelapa atau nangka sehinga kue-nya lebih bertekstur dan wangi. Yang unik dari kue ini adalah bentuknya yang menyerupai corong.

4. Cucur Banten

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!Twitter

Kue ini berasal dari daerah Sarewah yang terletak di Kabupaten Lebak. Orang Sarewah sendiri biasanya menyebut kue ini dengan sebutan kue cucur, namun lain cerita di Serang, Banten di sebut kue cucur. Kue ini berbahan dasar tepung beras dengan campuran gula merah yang biasanya di sajikan untuk acara keluarga semisal pesta pernikahan, hidangan suguh tamu saat perayaan hari besar.

5. Ketan Bintul

Walau Sudah Ada yang Kekinian, Kue Legendaris Banten Ini Masih Banyak Dicari loh!merahputih.com/

Ketan Bintul merupakan makanan favorit Kesultanan Banten pada abad ke-16 sebagai hidangan berbuka puasanya. Yang sekarang menjadi jajanan khas dari serang yang banyak di buru oleh pecinta kuliner, cara pembuatan ketan bintul seperti membuat uli atau gemblong yaitu dengan cara beras ketan kita kukus lalu ditumbuk hingga halus dan kenyal. Setelah itu makanan disajikan dengan mencampurkannya dengan serundeng.

Dev Photo Community Writer Dev

Temukan Jati Diri dan Bangun Semangat Baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You