Comscore Tracker

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!

Bukan sate ayam, bukan sate daging biasa, yuk intip

Sate adalah makanan yang tak asing di lidah masyarakat Indonesia. Umumnya, sate berbentuk daging yang ditusuk, dibakar dan disajikan bersama bumbu kacang atau bumbu kecap.

Namun, beberapa wilayah di Indonesia juga memiliki varian sate unik yang rasanya gak kalah enak, lho. Penasaran?

1. Sate Keong

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!sate keong (instagram.com/_hidupdidesa)

Keong? Yup, keong adalah salah satu bahan dasar pembuatan sate ini. Umumnya makanan ini ditemukan di daerah Mojokerto, Jawa Timur. Namun, sate keong juga tak asing dijual di beberapa warung angkringan.

Teksturnya kenyal, gurih, hampir mirip dengan sate kerang. Sate keong ini juga mengandung gizi yang baik. Kalau kalian menemukan sate satu ini, jangan dilewatkan untuk dicoba.

2. Sate Buntel

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!sate buntel (instagram.com/jktfoodbang)

Sate Buntel adalah sate yang ditemukan di kota Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Solo. Sate ini terbuat dari cincangan daging kambing yang kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Ukuran per tusuknya cukup besar dan pastinya mengenyangkan.

Jika kalian mencari sate ini, beberapa warung tengkleng di Solo menyediakan menu sate buntel. Soal rasa, gak perlu ditanya, bikin nagih!

Baca Juga: 10 Jenis Sate Paling Enak di Dunia, Indonesia Salah Satunya

3. Sate Kere

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!sate kere (instagram.com/jastipbysg)

Masih dari kota Solo, ada satu sate yang tak kalah unik, namanya Sate Kere. Kalau sate lainnya dibuat dari daging hewani, bahan dasar sate satu ini terbuat dari ampas tempe atau ampas tahu yang disebut gambus. Potongan ampas tempe ditusuk-tusuk seperti sate, lalu dibakar dan diberi bumbu kacang dan kecap.

Tapi jangan salah, rasanya tak kalah enak dengan sate daging lho. Selain ampas tempe atau tahu, terdapat juga varian sate jeroan yang dijajarkan bersama sate kere ini. Yang pasti harganya murmer abis.

4. Sate Lilit

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!sate lilit (instagram.com/resep.bakingcooking)

Sate lilit adalah sate khas Bali yang biasanya disajikan pada menu nasi Bali. Sate ini umumnya berbahan dasar ikan/ayam yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Uniknya, tusuk yang digunakan pada sate lilit bukanlah dari kayu/bambu, melainkan menggunakan batang sereh.

Untuk menemukan sate lilit ini tak harus jauh ke Bali, karena sate lilit sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Tapi kalau mau coba rasa yang asli, bisa langsung cus ke Pulau Dewata ya.

5. Sate Bekicot

5 Varian Sate Unik di Indonesia, Ada Sate Kere!sate bekicot (instagram.com/jastipbysg)

Jenis sate terakhir yang paling unik dan jarang ditemukan adalah sate bekicot. Sate bekicot merupakan salah satu makanan khas yang bisa ditemukan di Kediri, Jawa Timur. Selain enak dibuat sate, bekicot juga dapat diolah menjadi oseng-oseng bekicot, keripik bekicot, dan krengsengan bekicot.

 

Dari lima varian sate di atas, mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Pencinta Sate Wajib Tahu, Ini 5 Sate Legendaris Khas Lombok

Aquilla Devina Photo Verified Writer Aquilla Devina

It's all about Aquilla's Journal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya