Comscore Tracker

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favorit

Awas, ngiler!

Rumania mempunyai banyak makanan tradisional ataupun hidangan khas yang sangat layak dicoba ketika berkunjung ke negara tersebut. Mulai dari sup, aneka sandwich, dan beberapa kuliner berbahan dasar daging sering menjadi favorit.

Tak hanya itu saja, negara ini juga memiliki sejumlah kue khas yang punya cita rasa tradisional. Kue-kue ini bahkan sering dijadikan makanan penutup atau dessert pada acara-acara tertentu di Rumania. Apa saja kue-kue favorit khas Rumania? Berikut lima di antaranya.

1. Amandina

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favoritamandina (instagram.com/fratelini_bistro)

Amandina merupakan kue cokelat tradisional yang paling digemari dan sangat terkenal di negara Rumania. Kue ini sudah muncul sejak awal abad ke-20, di mana biasanya dihiasi dengan sedikit krim dan sepotong cokelat batang di atasnya.

Kue ini terdiri dari empat komponen, yaitu bolu, isian, dan krim. Meskipun memiliki banyak resep berbeda di setiap pembuatannya, tapi kunci utama kue ini adalah pada bolu cokelatnya yang lembut. Amandina sangat mudah dijumpai di berbagai restoran maupun toko kue di Rumania.

2. Prajitura cu foi de miere

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favoritprajitura cu foi de miere (instagram.com/prajiturela)

Prajitura cu foi de miere atau yang biasa disebut kue apel adalah salah satu dessert dengan resep sederhana yang sangat populer. Hidangan penutup satu ini merupakan gabungan antara kue dan pai yang sangat lembut, ditambah dengan isian apel, gula, dan kayu manis.

Prajitura cu foi de miere sering disajikan sebagai hidangan penutup dalam berbagai acara di Rumania. Kue ini juga lezat disantap ketika masih dingin, karena rasa apel dan kayu manisnya lebih meresap bak meleleh di mulut.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Rumania yang Paling Terkenal, Lezatnya Bikin Nagih!

3. Carpati

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favoritcarpati (instagram.com/transylvaniashop)

Dalam setiap acara besar seperti Natal, Paskah, atau acara pernikahan, carpati kerap menjadi hidangan yang dicari banyak orang di Rumania. Kue bolu berlapis-lapis ini memiliki bentuk segitiga yang menyerupai gunung. Itu sebabnya, carpati sering dijuluki Kue Pegunungan Karpatia.

Krim kental yang menggabungkan setiap lapis dari kue ini memiliki rasa yang lembut dan ringan di mulut. Ditambah lagi dengan cokelat karamel dan kacang sebagai topping-nya, membuat kue ini cocok untuk menemani waktu bersantaimu.

4. Cozonac

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favoritcozonac (instagram.com/irina.r.georgescu)

Tak hanya amandina, cozonac juga menjadi salah satu kue tradisional yang hingga kini masih eksis di Rumania. Bolu yang memiliki berbagai isian cokelat ini dibuat dengan telur yang cukup banyak, mentega, dan sedikit kulit lemon.

Cozonac juga memiliki beberapa varian topping yang digunakan, tergantung pada wilayah geografis dan tradisi yang ada. Selain cokelat, kadang pasta kacang kenari juga digunakan sebagai isian kue ini. Cozonac sangat nikmat dinikmati dengan secangkir susu atau kopi.

5. Poale-n brau

5 Kue Khas Rumania yang Cocok Dijadikan Hidangan Penutup Favoritpoale-n brau (instagram.com/vesa_ioana_florina)

Poale-n brau adalah makanan khas Moldavia, sebuah wilayah di Rumania yang sudah ada sejak abad ke-14. Kue satu ini memiliki isian keju yang membuatnya mempunyai rasa manis dan asin. Poale-n brau sangat mudah dijumpai di toko-toko kue di berbagai daerah di Rumania.

Poale-n Brau sendiri jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti 'bagian bawah rok yang di angkat ke pinggang'. Ini karena merujuk ke bentuk kuenya yang jika digambarkan seperti arti kata tersebut.

Itu dia lima kue khas Rumania yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke negara Eropa Tengah tersebut. Kue-kue tersebut tentunya memiliki kenikmatan tersendiri yang tidak ditemukan di negara lain.

Baca Juga: 5 Gerai Takoyaki Paling Populer di Osaka- Jepang, Wajib Dicoba!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya