Comscore Tracker

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!

Manis itu enak, tapi terlalu manis juga gak baik

Gula memiliki dua bentuk yaitu gula alami dan gula yang sengaja ditambahkan. Gula alami misalnya adalah bentuk gula yang berada di susu yaitu laktosa atau gula yang terdapat pada buah-buahan yaitu fruktosa. Sementara gula yang sengaja ditambahkan adalah gula meja yang digunakan untuk memasak atau gula konsentrat pada produk makanan dan minuman.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat beresiko terhadap kesehatan seperti timbulnya penyakit diabetes dan kegemukan. Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) menyarankan total konsumsi gula harian tidak lebih boleh lebih dari 5% dari total kalori yang masuk.

Keprihatinan dan resiko terhadap konsumsi gula yang berlebih juga menjadi perhatian bagi berbagai pihak. Bahkan di Inggris, Public Health England memiliki target mengurangi jumlah gula yang dipasarkan sebesar 200.000 ton pada tahun 2020.

Makanan yang beredar di pasaran memang banyak sekali yang mengandung gula. Kamu bingung bagaimana cara menguranginya? Ikuti 5 tips berikut ini ya.

1. Kurangi jumlah takaran gula pada minumanmu

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!Pexels/rawpixel.com

Hobi menikmati teh, coklat panas, atau secangkir kopi? Jika dalam secangkir teh kamu terbiasa menggunakan sesendok gula, kini kurangi setengahnya. Agar tidak mengurangi nikmatnya teh yang kamu minum, kamu bisa menambahkan daun mint ke dalamnya. Untuk secangkir cappuccino yang kamu kurangi gulanya, bisa juga ditambahkan bubuk kayu manis.

2. Kurangi penggunaan gula untuk memasak dan gunakan bumbu lain

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!Unsplash/Nadya Spetnitskaya

Gula sering digunakan dalam berbagai masakan seperti memasak menu makan atau membuat kue. Untuk mengakalinya, kamu bisa melakukan substitusi gula dengan bumbu lainnya seperti jahe, kayu manis, lemon, dan sebagainya yang tetap bisa membuat masakan atau kue tetap nikmat.

Baca Juga: Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!

3. Hati-hati dengan produk sugar free

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!healthcomu.com

Berkembangnya kesadaran orang-orang untuk mengurangi konsumsi gula, kini mendorong pihak industri untuk memasarkan produk makanan dan minuman yang sugar free. Tapi tunggu dulu, kamu perlu melihat dengan jeli komposisi nutrisinya. 

Banyak dari produk sugar free yang kemudian menggunakan pemanis buatan aspartame. Alih-alih sehat, aspartame ini justru beresiko terhadap kesehatan karena dapat membahayakan gigi bahkan membahayakan fungsi mental.

4. Buatlah jus sendiri dibandingkan membeli jus kemasan

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!Unsplash/Belle Hunt

Jus kemasan yang kamu beli umumnya mengandung gula yang tinggi. Kamu bisa mengeceknya di nutrition fact pada kemasannya. Lebih sehat untuk membuat jus sendiri dari buah yang kamu beli di pasar tanpa menambahkan gula.

5. Gantilah roti dan nasi putih yang biasa kamu makan

Gula Berlebihan Itu Gak Baik, Kurangi Dengan 5 Tips Ini!pexels/Daria Shevtsova

Glukosa adalah salah satu bentuk gula. Nasi mengandung glukosa yang tinggi. Roti dari tepung terigu yang dijual di pasaran juga biasanya mengandung glukosa yang tinggi. Oleh karena itu, gantilah menu tersebut dengan bahan makanan lain yang mengandung glukosa rendah seperti roti gandum, oat, atau pasta.

Mengurangi konsumsi gula dengan 5 tips tersebut mudah bukan? Mari aplikasikan sekarang dalam keseharian kamu.

Baca Juga: Kecanduan yang Manis? Ini Gejala Kamu Mengonsumsi Gula Berlebih

Dita Anitya I Photo Community Writer Dita Anitya I

Book lover, konmari & zerowaste addict!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You